Profil Wakil Bupati Tabanan I Made Edi Wirawan, Punya Tiga Bisnis

Semoga bisa memimpin Tabanan menjadi lebih baik ya

Tabanan, IDN Times - Tahun 2021 ini, Kabupaten Tabanan memiliki pemimpin baru. Menggantikan Bupati Tabanan, Ni Putu Eka Wiryastuti, yang sempat memimpin hampir 10 tahun lamanya. 

Pasangan Bupati I Komang Gede Sanjaya dan Wakil Bupati Tabanan, I Made Edi Wirawan SE kini melanjutkan tanggung jawab besar membawa kabupaten yang dikenal sebagai lumbung padi itu menjadi lebih maju. Peran seorang bupati memang sangat penting, namun peran wakil bupati juga tidak kalah pentingnya.

Sanjaya tentu tidak akan bisa mewujudkan program-programnya tanpa berjalan beriringan dengan Edi. Begitu pula sebaliknya. Barangkali selama ini masyarakat lebih banyak mengenal Sanjaya karena dulu mendampingi Eka Wiryastuti. Lalu bagaimana dengan Edi? Berikut ini profil dan perjalanan karier Wakil Bupati Tabanan, I Made Edi Wirawan.

Baca Juga: Profil Mantan Bupati Tabanan Eka Wiryastuti, Tersandung Kasus Korupsi?

1. Pendidikan awal ditempuh Edi di Tabanan

Profil Wakil Bupati Tabanan I Made Edi Wirawan, Punya Tiga BisnisWakil Bupati Tabanan, I Made Edi Wirawan (kanan). (Dok.IDNTimes/Humas Pemkab Tabanan)

I Made Edi Wirawan lahir di Tabanan, 28 Desember 1971. Pada tahun 1979 hingga 1985, Edi menempuh pendidikan di Sekolah Dasar (SD) Negeri 4 Beraban. Kemudian lanjut ke Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Kediri dan tamat tahun 1988.

Jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) juga ditempuhnya di Tabanan, lulus pada tahun 1991 di SMA Negeri 2 Tabanan. Gelar Sarjana Ekonomi diperolehnya ketika menempuh studi di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Tribuana, Jawa Barat, pada tahun 2007 hingga 2011. 

Selama melanjutkan pendidikan di STIE Tribuana, Edi mengikuti sejumlah kursus atau diklat yang diselenggarakan oleh Lembaga Studi Keuangan Pemerintahan Daerah, di antaranya Legal Standing Susunan dan Kedudukan Anggotan MPR, DPR, dan DPRD (2009), Peningkatan Kapasitas Pimpinan dan Anggota DPRD (2009). Selain itu, Edi juga pernah ikut dalam acara Pembentukan Produk Hukum Daerah Sesuai Permendagri No.80 Tahun 2015 yang diadakan oleh Lembaga Kajian dan Pengembangan Otonomi Daerah. 

2. Edi melalui perjalanan politik yang cukup panjang

Profil Wakil Bupati Tabanan I Made Edi Wirawan, Punya Tiga BisnisWakil Bupati Tabanan, I Made Edi Wirawan. (Dok.IDNTimes/Humas Pemkab Tabanan)

Saat ini selain menjabat sebagai Wakil Bupati Tabanan, Edi juga memimpin sejumlah organisasi maupun lembaga pemerintahan. Ia menjadi Ketua Komisi Penanggulangan
AIDS Kabupaten Tabanan, Ketua Badan Narkotika Kabupaten Tabanan, Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Tabanan, dan Wakil Ketua DPC Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) sejak tahun 2019. 

Edi juga pernah selama lima tahun, dari tahun 2014 sampai 2019, menjadi Ketua LSM Gerakan Idealis Bung Karno (GIB). Perjalanan politik Edi terbilang cukup panjang. Di PDI-P, ia mengawalinya sejak tahun 1992 sebagai Ketua Kordes. Lalu tahun 1997 sampai 1999 menjadi pengurus Korcam Kecamatan Kediri. Kemudian lima tahun berikutnya, ia beralih sebagai pemimpin Anak Ranting Banjar Batugaing. Selanjutnya, dari tahun 2004 hingga 2009 dipercaya sebagai Wakil Ketua Ranting Desa Beraban. 

3. Edi tercatat memiliki sejumlah usaha

Profil Wakil Bupati Tabanan I Made Edi Wirawan, Punya Tiga BisnisWakil Bupati Tabanan, I Made Edi Wirawan. (Dok.IDNTimes/Humas Pemkab Tabanan)

Sebelum kini menjadi Wakil Bupati Tabanan, Edi adalah seorang pengusaha. Dari data yang diterima IDN Times, Edi tercatat sebagai pemilik tiga buah usaha, di antaranya CV. Kereta Kencana, Bali Nature Land, dan Warung Subak Pekendungan. 

Edi juga pernah menjabat sebagai anggota DPRD Kabupaten Tabanan selama tiga periode berturut-turut, yakni dari tahun 2009-2014, 2014-2019, dan terakhir, 2019-2020. Mulai tahun 2021, ia berdampingan memimpin Tabanan bersama Bupati Tabanan, Dr I Komang Gede Sanjaya SE MM.

Topik:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya