John Legend di Bali Suarakan Isu Kelaparan

Ia tampil setelah Jokowi menerima penghargaan

Badung, IDN Times - Penyanyi peraih Emmy, Grammy, Oscar, dan Tony Awards (EGOT), John Legend, tampil secara khusus dalam penutupan acara Global Food Security Forum di Hotel Sofitel, Nusa Dua, Kabupaten Badung, Minggu (13/11/2022) malam. John Legend membawakan sejumlah lagu setelah Presiden Republik Indonesia, Joko "Jokowi" Widodo, menerima Atlantic Council Global Citizen Award yang diserahkan oleh President dan CEO Atlantic Council, Frederick Kempe.

"Kelaparan adalah isu yang sangat penting. Kita menyaksikannya setiap saat di mana pun kita berada, bahkan di negara makmur sekalipun. Kadang ada di antara kita yang memiliki banyak sekali makanan, bahkan kelebihan dan pilihannya sangat beragam, tapi ada juga yang bahkan sampai kelaparan dan kekurangan nutrisi, khususnya bagi mereka yang tak punya akses," ucap John Legend, yang juga merupakan Co-Founder and Partner of Get Lifted Film Co.

Sementara itu, Founder Gaurav and Sharon Srivastava Family Foundation, Gaurav Srivastava, mengatakan musik adalah simbol indah negara-negara terhubung satu sama lain.

"Konser ini menginspirasi perubahan. Musik menginspirasikan dan merupakan identitas kultural. Musik ini melambangkan kebersamaan," ungkapnya.

Penampilan John Legend seketika memukau para undangan yang hadir, termasuk Presiden Jokowi, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi,
Luhut Binsar Pandjaitan; Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto;  dan Menteri BUMN, Erick Thohir. Gubernur Bali, I Wayan Koster, juga tampak turut menyaksikan penampilan John Legend.

Baca Juga: Menlu Rusia Masuk RS di Bali, Disebut Cek Kesehatan

1. Hadir pula 7th Fleet Band, Band US Navy Military, dan Sandhy Sondoro

John Legend di Bali Suarakan Isu KelaparanUndangan menyaksikan John Legend di Atlantic Council Global Food Security Forum di Bali, Minggu (13/11/2022). (IDN Times/Ni Ketut Sudiani)

Selain John Legend, juga tampil 7th Fleet Band, Band US Navy Military dan musisi sekaligus penulis lagu Indonesia, Sandhy Sondoro. President dan CEO Atlantic Council, Frederick Kempe, mengatakan sangat senang bisa menghadirkan musisi fenomenal dalam acara yang menyoroti kebutuhan mendesak terkait penanganan ketahanan pangan global, yang ditandai oleh Perang Putin di Ukraina.

“Seberapa sering Anda bertemu dengan seorang penyanyi Amerika dengan penghargaan Internasional, musisi hebat Indonesia, dan musisi terbaik dari US Navy yang datang ke Bali dari Yokosuka, Jepang, dan pangkalan laut USS Blue Ridge?” kata Frederick Kempe.

“Far East Edition” dari 7th Fleet Band, didirikan pada tahun 1974, merupakan pertunjukan musik populer yang dikenal karena karyanya yang luar biasa. Berubah dari brass band menjadi band rock, kemudian jazz combo. Grup musik ini memainkan hit American Top 40, jazz tradisional gaya New Orleans, rock klasik, musik lokal favorit, dan lainnya. Far East Edition selama ini telah tampil di acara-acara besar di seluruh kawasan Indo-Asia Pasifik.

2. Penganugerahan Atlantic Council Global Citizen Award untuk Presiden Jokowi

John Legend di Bali Suarakan Isu KelaparanJokowi memberikan sambutan di Atlantic Council Global Food Security Forum di Bali, Minggu (13/11/2022). (IDN Times/Ni Ketut Sudiani)

Dalam penutupan Atlantic Council Global Food Security Forum ini, Jokowi juga menerima penghargaan Atlantic Council Global Citizen Award yang diserahkan oleh Frederick Kempe.

"Jokowi Presiden pertama yang latar belakangnya bukan dari militer. Kita semua menyaksikan bagaimana kepemimpinan Jokowi dalam G20, mengatasi climate change. Jokowi tidak hanya pemimpin Indonesia, tapi juga anggota masyarakat global. Kehormatan bagi saya untuk mempersembahkan, man of people, global leader, and global citizen," jelas Frederick Kempe.

Dalam sambutannya, Jokowi mengatakan tidak pernah terpikir akan mendapat kehormatan tersebut. Menurutnya, hal yang dilakukan selama ini hanya bekerja sebaik mungkin dengan penuh tanggung jawab demi nilai-nilai kemanusiaan.

"Sebagai negara majemuk, Indonesia mengajarkan nilai toleransi, persatuan dan kerja sama. Sebagai pemimpin yang turun ke kampung, ke desa-desa dan pasar traditional, saya tahu karena rakyat kecil mengajarkan kesederhanaan. Kesulitan terbesar selalu dirasakan oleh mereka yang ada di bawah, negara berpenghasilan rendah. Penghargaan ini akan semakin memotivasi menjalankan tanggung jawab besar sebagai bagian dari solusi dunia," ungkap Jokowi.

3. Atlantic Council Global Food Security Forum bagian dari sideline KTT G20

John Legend di Bali Suarakan Isu KelaparanJohn Legend meramaikan Atlantic Council Global Food Security Forum di Bali, Minggu (13/11/2022). (IDN Times/Ni Ketut Sudiani)

Sebagaimana diketahui, Atlantic Council Global Food Security Forum yang digelar di Bali selama dua hari Sabtu (12/11/2022) dan Minggu (13/11/2022), merupakan acara sideline resmi dari KTT G20. Forum tersebut mempertemukan pemimpin internasional, pemimpin daerah, dan pemimpin ketahanan pangan lokal.

Dalam acara itu hadir pejabat pemerintahan, pelaku bisnis, media, para ahli akademik, dan pemimpin masyarakat sipil. Dengan adanya forum ini diharapkan para partisipan dapat ikut serta dalam menginformasikan kebijakan publik, membentuk praktik bisnis, dan diskursus media di tengah momentum G20.

Atlantic Council Global Food Security Forum diselenggarakan dengan dukungan dari Yayasan Gaurav & Sharon Srivastava Family dan bekerja sama dengan Kementerian Pertahanan Indonesia serta Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya