[Breaking] Denpasar Diguncang Gempa 5,7 SR

Warga panik

Denpasar, IDN Times - "Gempa, gempa, cepat keluar. Kencang banget," teriak Reni, penghuni kos di Sesetan, Denpasar, Kamis (6/12). Ia lantas mengeluarkan sepeda motor cepat-cepat ke luar rumahnya.

Suasana di sekitar Sesetan mendadak ramai karena gempa bumi. Gempa 5,3 Skala Richter (SR) ini lokasi pusatnya terjadi di Mataram, Nusa Tenggara Barat, kedalaman 23 km dan berlangsung beberapa detik pukul 09.02 Wita tapi tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

1. BMKG meralat kekuatan gempa dari awalnya 5,7 SR menjadi 5,3 SR

[Breaking] Denpasar Diguncang Gempa 5,7 SRstuff.co.nz

Gempa bumi berkekuatan 5,3 Skala Richter (SR) yang mengguncang wilayah Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Bali pada Kamis (6/12) pukul 08.02 WIB, mengakibatkan warga di Pulau Dewata panik dan berhamburan ke luar gedung.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) awalnya menyatakan gempa tersebut berkekuatan 5,7 SR. Gempa yang berpusat di Mataram tersebut berkuatan 5,3 SR. Gempa ini juga dirasakan hampir sebagian wilayah di Bali. Bahkan para pelajar sekolah di Mataram dipulangkan.

"Posko BNPB telah mengkonfirmasi dampak gempa. Guncangan gempa dirasakan kuat selama lima detik di Kota Mataram. Masyarakat panik dan ke luar dari rumah atau bangunan, anak-anak SD sebagian dipulangkan," ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangan tertulisnya, Kamis (6/12).

Baca Juga: Rumah di Gianyar Ambrol ke Sungai, 3 Balita Jadi Korban

2. Guncangan gempa dirasakan di Lombok selama 4-5 detik

[Breaking] Denpasar Diguncang Gempa 5,7 SRBMKG

Sutopo menjelaskan gempa yang tidak berpotensi tsunami ini dirasakan kuat di Kota Mataram, Lombok dan Bali. "Di Kabupaten Lombok, gempa terasa kuat sekitar 4-5 detik. Masyarakat panik dan ke luar dari kantor atau bangunan."

"Di Denpasar gempa dirasakan sedang. Sebagian masyarakat ke luar dari rumah dan bangunan," lanjutnya.

3. Petugas BPBD masih mengumpulkan informasi mengenai dampak gempa

[Breaking] Denpasar Diguncang Gempa 5,7 SRcalgaryherald.com

Menurut Sutopo dampak gempa bumi ini dilaporkan menimbulkan guncangan di daerah Lombok Utara dalam skala intensitas VI MMI, Lombok Barat dan Mataram V MMI, Lombok Tengah dan Lombok Timur IV MMI, Denpasar III-IV MMI, Jimbaran, Tabanan, Nusa Dua dan Sumbawa III MMI, Karangasem, Singaraja dan Kuta II-III MMI.

"Belum ada laporan korban jiwa dan kerusakan bangunan. Tim Reaksi Cepat BPBD saat ini masih mengumpulkan informasi mengenai dampak gempa," imbuh Sutopo.

Baca Juga: Bale Bengong Terbang Terbawa Puting Beliung, Hajar Rumah di Klungkung

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya