Ada Operasi Zebra di Denpasar Hingga November, Ini Daftar Lokasinya

Ingat, bawa kelengkapan dan jangan melakukan pelanggaran

Denpasar, IDN Times - Operasi Zebra Agung 2018 serentak akan dilaksanakan di seluruh Indonesia selama 14 hari, mulai 30 Oktober hingga 14 November mendatang. Untuk wilayah Denpasar, Polresta Denpasar akan melakukan operasi dengan target tiga ruas jalan utama selama 24 jam.

1. Daftar ruas jalan yang disasar

Ada Operasi Zebra di Denpasar Hingga November, Ini Daftar LokasinyaInstagra.com/polrestadenpasar

Baca Juga: Metta Kurnia Asal Buleleng Jadi Korban Jatuhnya Lion Air JT 610

Kasat Lalu Lintas Polres Denpasar, Kompol Rahmawaty Ismail, mengatakan pihaknya akan menargetkan tiga ruas jalan utama. Pertama, di ruas Jalan Gunung Agung karena pelanggaran pengguna kendaraan di bawah umur di sini sangat banyak.

"Karena banyak anak sekolah di sini, jadi itu yang akan menjadi target," katanya, Selasa (30/10) siang.

Ruas jalan kedua adalah Jalan By Pass Ngurah Rai, tepatnya dari perempatan Sanggaran hingga ruas Grand Bali Beach. Ruas ini disasar karena kerap ditemui pengendara yang mengalami kecelakaan dalam kondisi mabuk atau di bawah pengaruh alkohol.

"Terkait dengan lakalantas yang biasa terjadi di malam hari. Karena pengendara sebagian ada yang dalam pengaruh alkohol," imbuhnya.

2. 10 persen untuk melakukan tindakan represif dan preventif

Ada Operasi Zebra di Denpasar Hingga November, Ini Daftar Lokasinyapolri.go.id

Sementara itu, ruas jalan yang ketiga adalah di Jalan Dewi Sri, Kuta. Di sana terkait dengan parkiran kendaraan roda empat yang banyak ditemukan parkir di ruas jalan. Pasalnya, tempat-tempat hiburan dan makanan di sana jarang yang punya lahan parkir.

"Akan kami tertibkan mulai hari ini hingga ke depannya," katanya.

Meski fokus di tiga tempat itu, tapi ruas jalan yang lain juga mendapatkan perhatian sama. Untuk penindakannya akan dilakukan sidang di tempat 80 persen. Sisanya adalah 10 persen untuk melakukan tindakan represif dan preventif.

"Khusus penindakan hukumnya 80 persen, yang lain masing-masing 10 persen," terangnya.

3. Daftar sasaran operasinya

Ada Operasi Zebra di Denpasar Hingga November, Ini Daftar LokasinyaANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah

Kompol Rahmawaty Ismail menambahkan, untuk operasi kali ini akan fokus pada tujuh prioritas sasaran. Di antaranya penggunaan helm, pengendara di bawah pengaruh alkohol, di bawah umur, melanggar marka, penggunaan handphone, berbonceng lebih dari satu, dan batas kecepatan.

Untuk penggunaan handphone sendiri, saat operasi kali ini akan mulai ditindak. Pasalnya, sebelumnya sudah gencar melakukan sosialisasi.

"Jadi kami mengimbau, kepada masyarakat khususnya, karena kaitannya dengan kecelakaan di wilayah Denpasar. Nah, kecelakaan ini kan awalnya dari pelanggaran," imbuhnya.

Ia menambahkan, dalam operasi ini akan melibatkan 120 personel. Namun tidak menutup kemungkinan akan melibatkan personel lain, seperti dari Polsek-Polsek di wilayah Denpasar.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya