Comscore Tracker

Nasib Penanganan Bayi Kembar Siam Buleleng Ditentukan Esok

Tim dokter RSUP Sanglah akan melakukan rapat dulu

Denpasar, IDN Times - Bayi kembar siam yang lahir di Buleleng masih menjalani perawatan di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Sanglah, Denpasar, Senin (8/7). Semenjak dirawat selama lima hari, kondisi sang bayi masih stabil. Tepatnya esok (9/7), tim dokter baru memutuskan akan ditindak seperti apa bayi perempuan ini.

1. Hari ini masih melakukan pemeriksaan-pemeriksaan penunjang untuk memastikan kondisi bayi tersebut

Nasib Penanganan Bayi Kembar Siam Buleleng Ditentukan EsokIDN Times/Imam Rosidin

Kepala Sub Bagian (Kasubag) Humas RSUP Sanglah, I Dewa Ketut Krisna, mengatakan hingga hari ini masih dilakukan sejumlah pemeriksaan-pemeriksaan penunjang. Sehingga setelah hasil pemeriksaan keluar, tim dokter akan memutuskan tindakan apa yang akan dilakukan besok.

"Bahwa penanganan bayi kembar siam yang dirujuk dari Singaraja untuk kondisi bayi dalam stabil. Jadi baru hari masih dilakukan pemeriksaan-pemeriksaan penunjang untuk memastikan kondisi bayi tersebut. Sehingga dapat dilakukan tindakan untuk penanganan selanjutnya," kata dia di RSUP Sanglah, Senin (8/7).

Baca Juga: Kisah Kadek Redita Ingin Memisahkan Bayinya yang Lahir Kembar Siam

2. Penanganan bayi kembar siam ini akan melibatkan tiga tim dokter

Nasib Penanganan Bayi Kembar Siam Buleleng Ditentukan EsokDok.IDN Times/Istimewa

Ada tiga tim dokter yang ikut diterjunkan dalam pemeriksaan ini, Selasa besok. Di antaranya tim dokter anak, dokter bedah anak, dan dokter kandungan untuk kelainan bawaan.

"Untuk rencana terdekat, besok dari hasil pemeriksaan penunjang ini itu akan dilakukan rapat tim yang akan melibatkan seluruh tim untuk pasien bayi kembar ini," ujarnya.

3. Kondisi jantung sang bayi sudah diperiksa. Hasilnya baru akan diungkapkan Selasa esok

Nasib Penanganan Bayi Kembar Siam Buleleng Ditentukan EsokDok.IDN Times/Istimewa

Ia mengungkapkan, sebelumnya telah dilakukan pemeriksaan terhadap kondisi jantung sang bayi. Namun hasilnya baru dibeberkan hari Selasa (9/7) setelah tim dokter yang menangani melakukan rapat.

"Besok juga ada rapat tim dan juga akan mengajak rapat keluarganya. Untuk menyampaikan apa dan bagaimana kondisi kongkrit setelah bayi menjalani pemeriksaan penunjang tersebut," ungkapnya.

4. Bayi sudah dirujuk ke RSUP Sanglah sejak Kamis lalu

Nasib Penanganan Bayi Kembar Siam Buleleng Ditentukan EsokAyah sang bayi. (IDN Times/Imam Rosidin)

Sebagaimana diketahui, bayi kembar siam perempuan tersebut lahir pada Rabu (3/7) lalu di Buleleng melalui operasi cesar di Rumah Sakit (RS) Shanti Graha. Bayi tersebut lahir dengan berat 4,2 kg dan panjangnya 49 cm.

Sehari setelah dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Buleleng, bayi dari pasangan Ketut Redita (24) dan Putu Ayu Sumandi (18) ini dirujuk ke RS Sanglah pada Kamis (4/7).

Baca Juga: 4 Fakta Kenapa Bayi Bisa Lahir Kembar Siam

Topic:

  • Irma Yudistirani

Just For You