Comscore Tracker

Kapal Feri Berisi 100 Orang Lebih Kandas di Pelabuhan Padangbai

Semoga evakuasinya berjalan lancar ya

Karangasem, IDN Times - Kapal Motor Penumpang (KMP) Swarna Cakra kandas di perairan Pelabuhan Padangbai, Kecamatan Manggis, Karangasem, Minggu (26) pagi. Hingga berita ini ditulis, petugas masih melakukan evakuasi penumpang satu per satu.

1. Kapal feri tujuan Lembar-Padangbai ini mengangkut 100 orang

Kapal Feri Berisi 100 Orang Lebih Kandas di Pelabuhan PadangbaiDok.IDN Times/Istimewa

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karangasem, IB Ketut Arimbawa, membenarkan kandasnya kapal tersebut. Kapal tujuan Lembar-Padangbai ini mengangkut 100 orang.

"Laporan awal, kapal feri jurusan Lembar-Padangbai kandas dan saat ini jumlah penumpang 100 orang," kata dia, Minggu (26/5) siang.

2. Para penumpang dievakuasi menggunakan sekoci

Kapal Feri Berisi 100 Orang Lebih Kandas di Pelabuhan PadangbaiDok.IDN Times/Istimewa

Arimbawa menambahkan hingga kini dari 100 penumpang, baru 12 orang berhasil dievakuasi. Mereka dievakuasi menggunakan sampan atau sekoci.

"Balawista atau TRC (Tim Reaksi Cepat) BPBD di bawah komando Basarnas (Badan SAR Nasional) bergerak ke pelabuhan Padangbai," katanya.

3. Pos Sar karangasem bersama Balawista menurunkan Kapal RIB di Pantai Bugbug

Kapal Feri Berisi 100 Orang Lebih Kandas di Pelabuhan PadangbaiDok.IDN Times/Istimewa

Rencana operasi SAR kapal yang kandas yaitu Pos Sar karangasem bersama Badan Penyelamat Wisata Tirta (Balawista) menurunkan Kapal Rigit Inflatable Boat (RIB) di Pantai Bugbug. Kemudian TRC bergerak ke Pelabuhan Padangbai guna melakukan assesment kebutuhan dan data korban.

"Masih menunggu koordinasi ke pimpinannya, berapa ambulans yang akan digerakkan bersama dengan puskesmas terdekat," ujarnya.

4. KMP Swarna Cakra berangkat dari Pelabuhan Lembar Lombok menuju Pelabuhan Padangbai

Kapal Feri Berisi 100 Orang Lebih Kandas di Pelabuhan PadangbaiDok.IDN Times/Istimewa

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Kelas A Denpasar, kejadiannya terjadi sekitar pukul 07.35 Wita. Kapal tersebut mengangkut 100 orang dan kandas di perairan Pelabuhan Padangbai, Karangasem.

Kronologisnya, pada Minggu (26/5) pukul 00.15 Wita, KMP Swarna Cakra berangkat dari Pelabuhan Lembar Lombok menuju Pelabuhan Padangbai, Karangasem. Pukul 07.35, KMP Swarna Cakra kandas kurang lebih 400 meter arah timur dari dermaga Pelabuhan Padangbai.

Baca Juga: Ratusan Penumpang Kapal Kandas di Padangbai Berhasil Dievakuasi

Topic:

  • Imam Rosidin
  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya