Comscore Tracker

Aman! Bandara Ngurah Rai Masih Beroperasi Normal Meski Hujan Abu

Siapa yang sekarang lagi ada di Bandara Ngurah Rai Bali?

Denpasar, IDN Times - Erupsi Gunung Agung di Kabupaten Karangasem menyebabkan hujan abunya sampai ke Denpasar dan Badung, Minggu (21/4). Kendati demikian, operasional Bandar Udara (Bandara) I Gusti Ngurah Rai dilaporkan sementara masih normal.

1. Bandara berjalan normal seperti biasa

Aman! Bandara Ngurah Rai Masih Beroperasi Normal Meski Hujan Abu(Ilustrasi Bandara Ngurah Rai) www.instagram.com/@baliairport

Communication and Legal Section Head, Arie Ahsanurrohim, mengatakan Bandara Ngurah Rai sementara ini masih berjalan normal. Bahkan pesawatnya masih bisa landing pagi tadi. Kini pihaknya sendiri sedang melakukan rapat terkait hujan abu dari Gunung Agung.

"Sementara normal beroperasi. Barusan juga masih ada yang landing," kata dia, Minggu (21/4) pagi.

2. Abu sudah tak lagi terdeteksi

Aman! Bandara Ngurah Rai Masih Beroperasi Normal Meski Hujan AbuIDN Times/Irma Yudistirani

Sekitar pukul 05.30 Wita, Stasiun Meteorologi (Stamet) Ngurah Rai merilis laporan aktivitas Gunung Agung. Laporannya terdiri dari info vona terakhir masih kategori oranye. Sigmet yang menunjukkan polygon sebaran abu vulkanik di sekitar wilayah tenggara Pulau Bali. Berdasarkan citra satelit Himawari, abu bergerak ke arah Tenggara-Selatan.

"Pukul 06.44 wita terpantau hasil paper test di Bandara Ngurah Rai positif abu vulkanik. Pukul 07.00 wita, hasil pindaian LIDAR terpantau ada sebaran abu vulkanik tipis dan tidak merata dengan radius 0-1500 meter dari Bandara Ngurah Rai Denpasar," tulis BMKG Wilayah III Denpasar.

Arie menjelaskan dari hasil rapat, diputuskan Bandara Ngurah Rai beroperasi normal. Pasalnya, dari observasi meteorologi penerbangan (METAR) pada pukul 10.30 Wita sudah tidak menunjukkan adanya sebaran abu vulkanik di sekitar wilayah bandara.

"Kewaspadaan di antara stakeholder patut diperlukan. Stakeholder akan melakukan pertemuan kembali jika ada perubahan-perubahan yang cukup signifikan dan melakukan pembahasan yang sangat komprehensif," katanya dalam keterangan tertulis.

3. Arah anginnya sudah berubah

Aman! Bandara Ngurah Rai Masih Beroperasi Normal Meski Hujan AbuIDN Times/Irma Yudistirani

Sementara itu Kepala Sub Bidang Mitigasi Pengamatan Gunung Api Wilayah Timur PVMBG, Devy Kamil Syahbana, menjelaskan Gunung Agung mengalami erupsi biasa. Terkait hujan abu yang sampai ke Denpasar itu terjadi karena dipengaruhi oleh faktor angin. Kini angin sudah berhembus ke arah Selatan yang mana sebelumnya ke arah Barat.

"Erupsi abu biasa dan tingginya juga sama dan yang berbeda kali ini hanya arah anginnya ke Selatan jadi sampai ke Denpasar juga," kata dia saat dihubungi, Minggu (21/4).

Dalam beberapa waktu ke depan, Gunung Agung masih berpotensi erupsi. Namun untuk erupsi yang lebih besar belum ada tanda-tanda ke arah sana.

"Masih tetap ada potensi untuk erupsi karena levelnya siaga. Abu vulkanik sangat wajar untuk jauh karena faktor angin. Erupsi besar masih belum, kalau ada perubahan akan kami infokan lagi," kata dia.

Topic:

  • Irma Yudistirani

JADWAL SALAT & IMSAK

26
MEI
2019
21 Ramadan 1440 H
Imsak

04.26

Subuh

04.36

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

Just For You