Comscore Tracker

Waspada! Akun Facebook Wali Kota Denpasar Diretas, Minta Uang Baksos

Jangan percaya sama orang yang tiba-tiba minta uang ya

Denpasar, IDN Times - Para pengguna aktif media sosial (Medsos) patut berhati-hati. Karena medsos bisa memberikan dampak positif sekaligus negatif, tergantung dari para pengguna medsos itu sendiri. Tak jarang oknum pelaku kejahatan memanfaatkan medsos untuk melakukan tindakan kriminal. Seperti yang dialami oleh Wali Kota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra.

Kemarin (20/5), akun Facebook Wali Kota yang akrab disapa Rai Mantra ini diretas (Hack) oleh orang yang tak bertanggung jawab. Pelaku memanfaatkan akun Wali Kota Denpasar dua periode tersebut untuk meminta uang.

1. Rai Mantra mengimbau jika ada permintaan uang diabaikan

Waspada! Akun Facebook Wali Kota Denpasar Diretas, Minta Uang BaksosFacebook.com/Rai Mantra

Rai Mantra mengaku akun Facebook-nya diretas oleh orang tak bertanggung jawab untuk meminta uang. Pengakuan itu ia sampaikan lewat akun Facebook dan Instagram resminya, rai_mantra. Ia mengimbau jika ada permintaan dana atau apapun dari akunnya supaya diabaikan saja.

"Saya sampaikan bahwa akun saya dihack. Jika ada permintaan dana atau apapun mohon diabaikan. Suksma," begitu pesan Rai Mantra di kedua akunnya.

Baca Juga: Foto Bareng Jokowi, Bupati Klungkung Disebut Kader yang Miskin Moral

2. Hacker minta bantuan dana dengan modus kegiatan baksos

Waspada! Akun Facebook Wali Kota Denpasar Diretas, Minta Uang BaksosScreenshot. (Facebook.com/Rai Mantra)

Imbauan Rai Mantra di kedua akunnya itu disertai dengan screenshot, yang menampilkan percakapan hacker dengan sejumlah teman Rai Mantra di Facebook lewat inbox (Kotak pesan).

Pelaku memanfaatkan Facebook Rai Mantra untuk meminta uang, dengan modus mengadakan kegiatan bakti sosial (Baksos) dan memberikan bantuan atau santunan uang kepada anak panti. Pelaku lalu meminta supaya mentransfer ke rekening Bank Negara Indonesia (BNI) atas nama Nauli Kharisma.

3. Belum ada laporan korban yang mentransfer uang ke rekening pelaku

Waspada! Akun Facebook Wali Kota Denpasar Diretas, Minta Uang Baksos

Kabag Humas dan Protokol Denpasar, Dewa Rai, membenarkan jika akun Facebook Rai Mantra diretas oleh orang yang tak bertanggung jawab.

Kendati demikian, pihaknya belum mendapatkan laporan adanya korban yang mentransfer uang ke rekening pelaku atau tidak.

"Belum ada laporan, sementara belum ada tindakan untuk melaporkan ke pihak ke polisi. Tapi pak Wali Kota (Rai Mantra) mengimbau kepada masyarakat untuk lebih berhati-hati, dan jika ada permohonan apapun yang mengatasnamakan pak Rai Mantra agar tidak dilayani," katanya kepada IDN Times, Selasa (21/5).

Baca Juga: Dari Wali Kota Hingga Caleg, 5 Politikus Bali yang Eksis di Instagram

Topic:

  • Irma Yudistirani

Just For You