Comscore Tracker

WNA Lithuania Ditemukan Meninggal Setelah Bermain Kano di Sawangan

Petugas evakuasi menggunakan APD lengkap

Badung, IDN Times - Anatolij Vulf (43), warga negara asing (WNA) asal Lithuania ditemukan dalam kondisi meninggal dunia pada Jumat (1/5) pukul 23.38 WITA. Korban diketahui hilang saat bermain kano di Pantai Sawangan, Nusa Dua, Badung. Jenazah korban dilihat sekitar 1,2 kilometer arah timur laut dari korban bermain kano.

1. Saksi menemukan kano yang digunakan korban berada di bibir pantai

WNA Lithuania Ditemukan Meninggal Setelah Bermain Kano di SawanganIlustrasi bermain kano (Dok. Pribadi)

Menurut keterangan Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar (Basarnas Bali), Gede Darmada pada Sabtu (2/5), seorang saksi mengatakan bahwa ada seorang WNA yang diduga hilang saat bermain kano pukul 18.00 WITA. Laporan tersebut ia terima pada Jumat (1/5) pukul 19.10 WITA.

“Curiga ketika kano yang digunakan korban terlihat ada di dekat bibir pantai. Namun korban tak jelas keberadaannya,” ujarnya.

2. Pencarian korban dimulai dari penyisiran darat

WNA Lithuania Ditemukan Meninggal Setelah Bermain Kano di SawanganEvakuasi warga negara Lithuania yang hilang saat bermain kano di Pantai Sawangan (Dok.IDN Times/Basarnas Bali)

Darmada mengungkapkan bahwa usai menerima laporan dari Kinta, Manager Villa Asmara Nusa Dua, sekitar pukul 20.00 Wita Tim SAR (Search and Rescue) mulai melakukan pencarian terhadap korban. Pencarian dimulai dari penyisiran di darat sepanjang bibir pantai.

"Selain menyisir daratan, upaya pencarian juga dibantu dengan satu buah jukung," terangnya.

3. Petugas evakuasi menggunakan APD lengkap

WNA Lithuania Ditemukan Meninggal Setelah Bermain Kano di SawanganEvakuasi warga negara Lithuania yang hilang saat bermain kano di Pantai Sawangan (Dok.IDN Times/Basarnas Bali)

Akhirnya pada pukul 23.38 WITA korban berhasil ditemukan dalam keadaan sudah tak bernyawa. Jenazahnya kemudian dibawa menuju Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Sanglah dengan menggunakan ambulans Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Badung.

Darmada menjelaskan terkait prosedur evakuasinya para personil yang melaksanakan evakuasi wajib dilengkapi dengan alat dan baju pelindung diri lengkap.

"Penggunaan APD lengkap, itu merupakan prosedur yang ada di Basarnas mengingat saat ini sedang merebaknya virus COVID 19, faktor keselamatan tim rescue tetap dijadikan perhatian," jelasnya.

Topic:

  • Ayu Afria Ulita Ermalia
  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya