Comscore Tracker

Temui Jalan Buntu, Polisi Duga Penyu yang Dicuri Dilepas ke Pantai

Penyu yang dicuri di konservasi daerah Sanur belum ditemukan

Denpasar, IDN Times – Sudah berganti tahun, penyelidikan kasus pencurian penyu dengan terduga pelaku warga negara asing (WNA), di Konservasi Penyu Sindu Dwarawati hari Senin tanggal 21 Oktober 2019 pukul 03.00 Wita lalu, menemui jalan buntu.

Hal tersebut disampaikan oleh Kanit Reskrim Polsek Denpasar Selatan, Iptu hadi Mastika Karsito Putro, kepada IDN Times. Berikut penjelasan perkembangan penyelidikannya:

1. Kepolisian menduga terduga pelaku melepas belasan penyu tersebut karena rasa pedulinya

Temui Jalan Buntu, Polisi Duga Penyu yang Dicuri Dilepas ke PantaiIDN Times/Ayu Afria

Kepolisian Denpasar Selatan mengungkapkan, terduga pelaku diduga kuat melepas belasan penyu tersebut ke pantai. Kesimpulan ini didukung dengan bukti rekaman CCTV (Closed Circuit Television). Dalam rekaman CCTV yang dipelajarinya tersebut, kurang lebih rentang satu jam pelaku terlihat keluar masuk area konservasi. Tercatat sebanyak lima kali.

“Dilepas, karena berulang kali dia (Terduga pencuri) ke pantai. Balik lagi. Ke pantai lagi. Kan nggak mungkin. Niatnya baik tapi salah,” jelasnya, Kamis (9/1).

2. Tidak ada jejak kaki pelaku. Koordinasi dengan pihak hotel setempat juga menyatakan tidak ada tamu yang menginap mirip terduga

Temui Jalan Buntu, Polisi Duga Penyu yang Dicuri Dilepas ke PantaiKanit Reskrim Polsek Denpasar Selatan, Iptu hadi Mastika Karsito Putro. (IDN Times/Ayu Afria)

Pihak kepolisian belum bisa meningkatkan kasus ini dalam tahap penyidikan, lantaran terduga pelakunya belum tertangkap. Selain itu juga, terduga menuju ke lokasi konservasi dengan jalan kaki. Sehingga menyulitkan kepolisian untuk mengetahui dan memastikan terduga pelaku menggunakan kendaraan atau tidak.

“Sudah kami cek sepanjang jalan itu sudah. Nggak ada. Makanya kalau dia memang niat ngambil minimal bawa pickup, kan gitu. Dia nggak ada. Motor nggak ada,” terangnya.

Pihaknya juga sudah mengecek jalur kendaraan di seputaran lokasi menuju pantai dan arah konservasi. Namun tidak ada kendaraan berlalu lalang di jam terjadinya pencurian tersebut. Mereka juga berkoordinasi dengan pihak hotel setempat, dan menyatakan tidak ada tamu yang menginap mirip terduga pelaku.

3. Sebanyak sembilan ekor penyu dewasa dan 15 ekor tukik hilang dari konservasi penyu Sindu Dwarawati di Jalan Pantai Sindu Sanur

Temui Jalan Buntu, Polisi Duga Penyu yang Dicuri Dilepas ke PantaiIDN Times/Ayu Afria

Terduga pelaku membawa kabur sebanyak sembilan ekor penyu dewasa dan 15 ekor tukik. Antara lain satu ekor penyu lekang ukuran kurang lebih 45 cm, satu ekor penyu sisik dengan ukuran lebih kurang 35 cm, satu ekor penyu hijau ukuran 35 cm, tiga ekor penyu lekang ukuran 25 cm dan tiga ekor penyu sisik ukuran 10 cm. Sedangkan untuk tukiknya berjumlah 15 ekor umur sekitar 3 bulanan.

Total penyu yang tersisa sekarang berjumlah enam ukuran besar, kurang lebih berusia empat sampah lima tahun. Lalu ada satu ekor berusia satu tahun, dan empat ekor berusia delapan bulan. Sementara sisanya sudah dicuri. Tukiknya rata-rata kurang lebih ada 100 sampai 150 ekor.

Baca Juga: 4 Modus Pencurian Sepeda Motor dan Mobil, Incar yang Lagi Sendirian

Topic:

  • Ayu Afria Ulita Ermalia
  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya