Mengenal Tahapan Ramp Check Sebelum Pesawat Mengudara

Sekarang lagi arus balik nih

Badung, IDN Times - Untuk memenuhi aspek keselamatan penumpang dan kru terutama pada arus balik lebaran, kondisi pesawat yang siap terbang harus dipastikan aman. Untuk memastikan keamanan tersebut memerlukan sejumlah pemeriksaan, satu di antaranya ramp check. Pemeriksaan ini sesungguhnya dilakukan secara berkala, akan tetapi lebih ditingkatkan pada saat arus mudik maupun balik.

Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro, menyatakan maskapai dengan kode penerbangan JT ini selalu meningkatkan pelaksanaan ramp check. Proses tersebut diutarakan sebagai bagian dari pemeriksaan pesawat secara menyeluruh sebelum atau setelah penerbangan.

Baca Juga: Seperti Inilah Prosedur Pengecekan Pesawat Sebelum Terbang

1. Ramp check untuk memenuhi peraturan regulator

Mengenal Tahapan Ramp Check Sebelum Pesawat MengudaraRamp Check yang dilakukan salah satu maskapai, Lion Air. (Dok.IDN Times/istimewa)

Danang mengungkapkan, ramp check harus dilakukan karena bagian ini menentukan keselamatan selama penerbangan. Dalam prosedur ramp check, seluruh sistem dan peralatan pada pesawat akan diperiksa untuk menjamin dalam kondisi baik serta aman digunakan.

Selain itu, ramp check diperlukan untuk memenuhi peraturan regulator, dan standar keselamatan penerbangan yang ketat.

“Selama arus balik, dan arus mudik musim ramai lebaran, jumlah penumpang yang bepergian meningkat tajam. Oleh karena itu kami harus menjamin bahwa pesawat mampu mengakomodir jumlah penumpang yang lebih besar dari biasanya,” ungkapnya.

2. Ramp check dilakukan sebelum penerbangan

Mengenal Tahapan Ramp Check Sebelum Pesawat MengudaraRamp Check yang dilakukan salah satu maskapai, Lion Air. (Dok.IDN Times/istimewa)

Kapan waktu yang tepat untuk melakukan ramp check?  Menurut Danang, rangkaian pemeriksaan tersebut di antaranya pada saat pesawat diberangkatkan ke rute penerbangan berikutnya atau sebelum penerbangan (pre-flight check). Hasil yang harus dicapai dalam pemeriksaan ini, pesawat dinyatakan aman dan layak dioperasikan (airworthy for flight).

Kedua adalah setelah penerbangan (post-flight check), yang dilakukan setelah pesawat mendarat, dan penumpang telah turun dari pesawat. Serta pemeriksaan berkala (scheduled check), yang dilakukan menurut peraturan pemerintah atau kebijakan maskapai.

“Prosedur ini dilakukan untuk memenuhi pesawat selalu dalam kondisi yang baik dan mengutamakan standar keselamatan yang diperlukan,” terangnya.

3. Ada beberapa tahapan ramp check untuk memenuhi standar keamanan penerbangan

Mengenal Tahapan Ramp Check Sebelum Pesawat MengudaraRamp Check yang dilakukan salah satu maskapai, Lion Air. (Dok.IDN Times/istimewa)

Sementara itu prosedur pemeriksaan pesawat yang dilakukan sebelum atau setelah penerbangan terdiri dari enam tahapan di antaranya:

  1. Eksterior Check, yang meliputi pengecekan pada setiap bagian eksterior pesawat. Yakni badan pesawat, sayap, mesin, roda, kaca kokpit, lampu dan lainnya
  2. Interior Check, meliputi pengecekan pada semua kabin, kokpit, galley (dapur), lavatory (toilet), ruang penyimpanan barang, dan kargo
  3. Pengisian bahan bakar dilakukan berdasarkan jumlah yang dibutuhkan untuk penerbangan. Dalam tahapan ini juga dilakukan pemeriksaan pompa bahan bakar dan tangki bahan bakar
  4. Pemuatan kargo dengan mengutamakan semua kargo sudah dimuat secara benar dan sesuai persyaratan keselamatan penerbangan. Juga pemeriksaan pada sistem pemuatan kargo, seperti kunci pintu kargo
  5. Pemeriksaan dokumen, seperti buku log penerbangan, dokumen teknis, dan dokumen lainnya diperiksa dalam menjamin semuanya lengkap dan sesuai dengan persyaratan peraturan penerbangan.
  6. Pemeriksaan pilot dan kru meliputi awak pesawat dan teknisi untuk memastikan bahwa semuanya dalam kondisi sehat dan siap untuk menjalankan tugas.

Setelah semua tahapan pemeriksaan tersebut telah dilakukan, pihak maskapai lalu membuat laporan tentang hasil ramp check. Jika ditemukan masalah, maka akan segera dilakukan tindakan perbaikan.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya