Siswa SD Cipta Dharma Denpasar Raih Medali Perunggu di Ajang IMSO

Olimpiade ini diikuti oleh peserta dari 16 negara

Denpasar, IDN Times – Siswa Sekolah Dasar Cipta Dharma Denpasar, I Gusti Ngurah Gede Angga Panji Kenanta (12), berhasil meraih Juara Perunggu pada International Mathematics and Science Olympiad (IMSO) ke-17. Atas prestasinya tersebut, ia mendapatkan apresiasi dari Gubernur Bali, I Wayan Koster. 

1. Tidak menyangka bakal diundang Gubernur Bali

Siswa SD Cipta Dharma Denpasar Raih Medali Perunggu di Ajang IMSOSiswa Sekolah Dasar Cipta Dharma Denpasar peraih medali perunggu (Dok.IDN Times/Pemprov Bali)

I Gusti Ngurah Gede Angga Panji Kenanta mengungkapkan tidak menyangka prestasinya tersebut justru mengantarnya bertemu dengan Gubernur Bali. Didampingi Kepala Sekolah SD Cipta Dharma Denpasar, Ni Luh Rinun, serta sang ibu, Putu Yuni Riswanty, ia datang ke Jaya Sabha, Denpasar.

Angga Panji mengatakan bersyukur atas capaian yang telah ia raih karena mengharumkan nama Indonesia dan Bali.

"Tidak menyangka bisa diundang Pak Gubernur Bali. Saya senang dan bersyukur. Ke depan, saya akan terus belajar dan tetap mengikuti kompetisi atau lomba untuk menambah pengalaman dan wawasan saya," ucapnya.

2. IMSO diikuti oleh peserta dari 16 negara secara daring

Siswa SD Cipta Dharma Denpasar Raih Medali Perunggu di Ajang IMSOIlustrasi Hari Matematika Sedunia (IDN Times/Sukma Shakti)

Angga mengikuti IMSO pada tahun ini secara daring karena masih dalam masa pandemik COVID-19. Meskipun dalam situasi pandemik COVID-19 yang mengharuskan pembelajaran dilakukan secara daring, rupanya tidak menyurutkan semangat para pelajar untuk meraih prestasi.

Dalam olimpiade yang diikuti 16 negara tersebut, Indonesia berhasil meraih 2 medali emas, 8 perak, dan 23 perunggu.

"Meski saat ini pandemik dan sekolah secara daring, tapi jangan sampai semangat untuk meraih prestasi menjadi kendur," ucap Koster pada Senin (12/4/2021) di Jaya Sabha, Denpasar.

3. Diharapkan banyak siswa-siswi Bali yang mengukir prestasi

Siswa SD Cipta Dharma Denpasar Raih Medali Perunggu di Ajang IMSOFoto hanya ilustrasi. IDN Times/Rehuel ​Willy Aditama

Didampingi Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Kadis Dikpora) Provinsi Bali, KN Boy Jayawibawa, Wayan Koster menyampaikan apresiasi atas torehan medali perunggu yang diraih Angga Panji. Menurutnya, prestasi yang berhasil diraih oleh Angga merupakan salah satu aspek positif dari bonus demografi. Ia pun berharap semakin banyak siswa-siswi asal Bali yang berhasil menorehkan prestasi, baik di tingkat nasional maupun internasional.

"Selamat atas prestasi yang sudah berhasil diraih. Ini merupakan salah satu aspek positif dari bonus demografi, banyak usia produktif yang berhasil meraih prestasi. Tentu saya berharap semakin banyak pelajar asal Bali yang sukses menorehkan prestasi, baik tingkat nasional maupun internasional," ungkapnya.

Topik:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya