Comscore Tracker

Pulau Bali Buka Destinasi Wisata Untuk Wisdom 31 Juli Mendatang

Cuzzz berangkat ke Bali gak nih?

Badung, IDN Times – Salah satu katalis pemulihan industri pariwisata Bali adalah melalui program pendampingan persiapan Bali Rebound sejak 7-16 Juli 2020. Ada empat kawasan destinasi besar yang dipilih sebagai representasi kesiapan destinasi Pulau Dewata, dalam menyambut wisatawan era new normal (Normal baru). Semua destinasi berada di wilayah Kabupaten Badung. Yaitu Nusa Dua, Pantai Kuta, Pantai Pandawa, hingga Uluwatu.

“Industri pariwisata Bali sudah siap digulirkan kembali. Program Bali Rebound menjadi bukti kesiapan destinasi menggerakan kembali industrinya di masa new normal. Destinasi di Bali sekarang ini sudah sangat siap dikunjungi wisatawan kembali. Semua tentu mengacu pada protokol kesehatan,” ungkap Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekraf, Hari Santosa Sungkari kemarin 8/9/2020).

1. Nusa Dua menyajikan beberapa spot obyek wisata hingga seni budaya

Pulau Bali Buka Destinasi Wisata Untuk Wisdom 31 Juli MendatangWater Blow di Nusa Dua, Kabupaten Badung. (IDN Times/Ayu Afria Ulita)

Menurut Hari, para wisatawan bisa menikmati program Bali Rebound di beberapa spot Nusa Dua. Misalnya Water Blow, ruang kreatif multifaset AB•BC Building, hingga Bali Collection Shopping Center.

Di kawasan Water Blow sendiri, pengunjung dapat menikmati nuansa romantic deburan ombak besar yang membumbung ke udara. Sedangkan di AB•BC Building terdapat berbagai perhelatan seni dan budaya kreatif. Seperti pameran seni rupa kontemporer ART • BALI, Balinese Masters, dan bermacam kemajuan karya seni rupa hasil seniman-seniman di tanah air. Serta program dan acara sebagai panggung yang menunjukkan berbagai kemutakhiran kreatif di tanah air dari desaiin, arsitek, film, musik dan lainnya.

Kalau Bali Collection Shopping Center menawarkan sensasi wisata belanja terbaik. Mulai dari kerajinan tangan masyarakat lokal hingga brand besar dunia.

Baca Juga: BeachWalk dan Pantai Kuta Dibuka, Tempat Hiburan Malam Masih Ditutup

2. Pantai Kuta selalu menjadi wisata ikonik di Bali

Pulau Bali Buka Destinasi Wisata Untuk Wisdom 31 Juli Mendatangindonesiakaya.com

Pantai Kuta sudah terkenal memiliki keindahan sunset dan pasir putihnya, serta ombak yang khas. Maka tak salah jika sampai sekarang objek wisata ini menjadi lokasi surfing yang menarik, baik untuk pemula maupun profesional.

Sedangkan Pantai Pandawa juga terkenal di kalangan wisata. Begitu pula Uluwatu yang menawarkan Tari Kecak plus keindahan tebing pantainya.

Bali Rebound jadi paket destinasi wisata terbaik. Wisatawan akan mendapatkan beragam sisi eksotis Bali. Dan, semuanya kini bisa dinikmati kembali pascavakum lantaran kebijakan penanganan COVID-19 dengan mengedepankan kebersihan, kesehatan dan keamanan. Sekarang ini persiapan Bali Rebound sudah diupayakan optimal,” terang Hari.

Baca Juga: 3 Tempat Wisata di Klungkung Bali Telah Dibuka! Nusa Penida Menyusul

3. Bali Rebound menjadi trigger bagi pariwisata Bali

Pulau Bali Buka Destinasi Wisata Untuk Wisdom 31 Juli MendatangDirektur Pengembangan Destinasi Regional II Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekraf, Wawan Gunawan (IDN Times/Ayu Afria)

Sementara itu Direktur Pengembangan Destinasi Regional II Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekraf, Wawan Gunawan, menyampaikan Bali Rebound menjadi trigger bagi pariwisata Bali secara menyeluruh. Program Bali Rebound ini sejatinya merupakan tindak lanjut kunjungan Kemenparekraf pada Juni kemarin.

“Kesiapan destinasi dengan beragam atraksinya sudah maksimal. Semuanya juga didasarkan kepada protokol kesehatan. Bagaimanapun, kesehatan dan keamanan dalam keberlanjutan tatanan baru menjadi hal utama yang harus dipenuhi,” jelas Wawan saat ditemui di Pantai Kuta, Kamis (9/7/2020).

Beragam jaminan yang diberikan Bali di antaranya garansi kebersihan, kesehatan, hingga keamanan dan kenyamanan. Apalagi, dengan adanya sertifikasi protokol kesehatan destinasi. Mereka juga terus meningkatkan kualitas destinasi melalui program Sapta Pesona yang terdiri dari bersih, indah, sejuk, ramah, tamah, nyaman, dan kenangan.

4. Destinasi untuk wisatawan nusantara akan dibuka pada 31 Juli 2020

Pulau Bali Buka Destinasi Wisata Untuk Wisdom 31 Juli MendatangIlustrasi penumpang pesawat terbang di bandara. (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf)

Sementara itu Gubernur Bali, I Wayan Koster, menyampaikan bahwa kunjungan wisatawan nusantara (Wisnus) atau wisatawan domestik (Wisdom) akan dibuka pada 31 Juli 2020 mendatang. Sedangkan untuk wisatawan mancanegara (wWsman) direncanakan pada tanggal 11 September 2020.

“31 Juli. Doakan biar kondusif ya,” ucapnya sembari terburu-buru.

5. Pembukaan Pantai kuta mendapat respon baik dari pelaku pariwisata

Pulau Bali Buka Destinasi Wisata Untuk Wisdom 31 Juli MendatangSalah satu pelaku pariwisata di Pantai Kuta sudah mulai beraktivitas (IDN Times/Ayu Afria)

Rian Bachtiar Arisputra (17) merupakan remaja asal Kabupaten Karangasem yang mengajarkan orang bermain surfing di Pantai Kuta. Meski masih duduk di bangku Sekolah Menengah Atas (SMA), ia sudah membantu perekonomian keluarganya dengan bekerja di Pantai Kuta.

“Ya senang kalau cepat-cepat dibuka karena kan bisa kerja di sini. Bisa kembali kerja. Terus pendapatan orang pantai itu kan dari pariwisata yang luar maupun lokal itu kan dari surfing atau minuman. Kalau nggak dapat dari itu, ya kami semua susah,” katanya, Kamis (9/7/2020).

Ia mengakui pandemik membawa dampak bahi pemasukan ekonomi keluarganya. Sebab objek wisata di Bali ditutup untuk sementara waktu. Ia berpesan kepada millennials dan gen Z yang keluarganya mengalami kesulitan ekonomi. Menurutnya, alangkah lebih baik jika mereka membantu orangtua semampunya. Sehingga bisa mengurangi beban orangtua.

Topic:

  • Ayu Afria Ulita Ermalia
  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya