Ini Dia Potret Lintasan Baru Ujian Praktik SIM C di Denpasar

Terlihat sederhana, namun tetap ada tantangannya

Denpasar, IDN Times – Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Kepolisian Resor Kota (Polresta) Denpasar menerapkan lintasan baru untuk ujian praktik Surat Izin Mengemudi (SIM) bagi pengendara sepeda motor atau SIM C. Kasi Humas Polresta Denpasar, AKP I Ketut Sukadi, mengatakan lintasannya berubah dalam bentuk sirkuit.

1. Lintasan ujian SIM C diperlebar dari semula

Ini Dia Potret Lintasan Baru Ujian Praktik SIM C di DenpasarSItuasi pemohon SIM di Satlantas Polresta Denpasar (IDN Times/Ayu Afria)

Polresta Denpasar mengubah lintasan ujian praktik SIM C sebagai tindak lanjut kebijakan Kapolri terkait ujian SIM. Semula trek atau lintasan ujian SIM untuk roda dua memakai zig-zag dan angka 8. Kini telah diganti menjadi sirkuit sejak 7 Agustus 2023.

“Bentuk sirkuit ini untuk ukuran lebar lintasan diperlebar dari ukuran lama. Yakni dari ukuran 1,5 kali lebar kendaraan menjadi 2,5 kali lebar kendaraan,” terangnya, Selasa (8/8/2023).

2. Pencari SIM juga diuji di trek lurus

Ini Dia Potret Lintasan Baru Ujian Praktik SIM C di DenpasarSirkuit praktik ujian SIM C di Polresta Denpasar (Dok.IDN Times/Polresta Denpasar)

Materi dalam praktik ujian SIM C baru ini satu di antaranya berupa lintasan berbentuk huruf S. Materi ini dirangkai sedemikian rupa untuk merepresentasikan lintasan selayaknya di jalan raya.

Selain itu ada uji berkendara di trek lurus, diikuti oleh lintasan putaran balik, dilanjutkan dengan gerakan letter S, kemudian bereaksi untuk buang kiri dan ke kanan.

3. Peserta uji SIM C dilatih keseimbangan dan kendali

Ini Dia Potret Lintasan Baru Ujian Praktik SIM C di DenpasarMasyarakat di Bali berkendaara di jalan raya (IDN Times/Ayu Afria)

Sukadi mengatakan meski bentuknya sederhana, namun sirkuit ujian praktik SIM C yang baru ini tetap dirancang untuk menguji kemampuan dasar mengemudi sepeda motor. Meliputu kemampuan keseimbangan, pengereman, dan kendali.

“Apabila ada pemohon yang gagal, tetap diupayakan mengulang lagi, dan petugas akan memberikan pengarahan kepada pemohon SIM,” ucapnya.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya