Comscore Tracker

Paviliun Baru, Golose Minta Personel Polda Bali Dikolonoskopi

Mau nyoba berobat di sana?

Denpasar, IDN Times - Paviliun Prashanti Raditya Grihasta akhirnya selesai direnovasi sejak Mei hingga 16 Desember 2019 lalu. Prashanti Raditya Grihasta yang memiliki arti sebagai rumah, yang memancarkan kedamaian dan ketenangan ini dilengkapi fasilitas kesehatan modern.

Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Bali, Irjenpol Petrus Reinhard Golose, menjelaskan pembangunan sarana ini untuk memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat, terutama di Rumah Sakit Bhayangkara Denpasar.

“Paviliun ini dibangun ulang, lengkap dengan fasilitas kesehatan modern,” ucap Golose, saat meninjau ruangan dan mengecek fasilitas, Jumat (27/12) lalu.

1. Ide berawal dari lampu yang tidak memenuhi standar rumah sakit ketika ada anggota Polri yang tengah rawat inap

Paviliun Baru, Golose Minta Personel Polda Bali DikolonoskopiDok.IDN Times/Istimewa

Golose menyampaikan, ide pembangunan paviliun ini muncul ketika mengunjungi seniornya, Kepala Biro Logistik Polda Bali, AKBP Ndang Supriyatna, yang sedang menjalani rawat inap di Rumah Sakit Trijata. Saat itu Golose disuguhi fasilitas lampu yang dinilai tidak memenuhi syarat layaknya rumah sakit. Terlebih rumah sakit ini belum terakreditasi.

“Saya mencanangkan untuk renovasi bangunan lama dengan bantuan Bupati Badung. Beberapa kali saya terus mendatangi sampai rumah sakit ini mempunyai fasilitas Hiperbarik dari Pusdokkes Mabes Polri,” terang Golose.

2. Gedung paviliun terdiri dari empat lantai dan ada 87 ruangan

Paviliun Baru, Golose Minta Personel Polda Bali DikolonoskopiDok.IDN Times/Istimewa

Gedung paviliun Prashanti Raditya Grihasta ini merupakan bantuan dari Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta. Terdiri dari empat lantai, di mana bagian lantai dasar digunakan  sebagai area parkir kendaraan pengunjung dan pasien.

Bagian lantai satu merupakan ruang rawat inap, yang terdiri dari ruang kebidanan dan bayi, serta kamar perawatan (kelas 1, 2, dan 3). Sedangkan lantai dua merupakan kamar perawatan pasien (VIP, VVIP, kamar kelas 1 dan 2), yang secara keseluruhan terdapat 53 tempat tidur. Sebelumnya, jumlah ruang inap sebanyak 55 ruangan menjadi 87 ruangan.

3. Selain terima hibah dari Giri Prasta, juga mendapat bantuan alat kesehatan

Paviliun Baru, Golose Minta Personel Polda Bali DikolonoskopiDok.IDN Times/Istimewa

Kepala Rumah Sakit (Karumkit) Bhayangkara Denpasar Pembina, dr Ni Made Murtini, mengungkapkan paviliun ini selain mendapatkan bantuan hibah dari Bupati Badung, juga mendapat bantuan alat kesehatan dari Kapusdokkes Polri.

Sepanjang tahun 2019 tercatat, sebanyak 40 anggota Polri meninggal. Menurut Golose, ini termasuk kasus kematian tingkat tinggi di Polda Bali. Sehingga pihaknya meminta agar setiap anggota dikolonoskopi. yaitu prosedur yang dilakukan untuk memeriksa kondisi usus besar dan rektum, guna mendeteksi adanya ketidaknormalan pada usus besar serta rektum seperti jaringan usus yang bengkak, iritasi, luka, polip hingga kanker.

“Saya minta supaya setiap anggota bisa dikolonoskopi,” tegasnya.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya