Daftar Pantai di Bali Berpotensi ROB mulai 5 Juli 2023

Ada 24 pantai yang sangat berisiko. Semuanya objek wisata

Denpasar, IDN Times - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Wilayah III Denpasar mengeluarkan peringatan potensi banjir pesisir (ROB) yang diprediksi akan berlangsung pada 5 hingga 8 juli 2023. Tercatat sebanyak 24 bagian pesisir Bali akan mengalami ROB dalam waktu yang berbeda. Berikut ini daftarnya.

1. Pengaruh fase bulan, meningkatkan ketinggian air laut

Daftar Pantai di Bali Berpotensi ROB mulai 5 Juli 2023Ilustrasi pencemaran laut. (ANTARA FOTO/Mohamad Hamzah)

Banjir pesisir ini berkaitan dengan adanya fenomena fase Bulan Purnama pada 3 Juli 2023 bersama Perigee atau jarak terdekat bulan ke Bumi pada 4 Juli 2023. Kondisi tersebut berpotensi meningkatkan ketinggian pasang air laut maksimum. Berdasarkan pantauan data water level, dan prediksi pasang surut, banjir pesisir (ROB) berpotensi terjadi di 24 pantai seluruh Bali.

Kondisi ini secara umum berdampak pada aktivitas masyarakat di sekitar pelabuhan dan pesisir. Yaitu aktivitas bongkar muat di pelabuhan, aktivitas di pemukiman pesisir, serta aktivitas tambak garam, dan perikanan darat.

2. Daftar 24 pantai di Bali yang berpotensi dilanda ROB

Daftar Pantai di Bali Berpotensi ROB mulai 5 Juli 2023Kegiatan paralayang di Pantai Pandawa. (IDN Times/Ayu Afria)

Potensi ROB ini berbeda waktu, baik hari dan jamnya di setiap wilayah. Beberapa wilayah pesisir Bali yang berpotensi ROB, di antaranya:

  1. Pantai Soka
  2. Pantai Pasut
  3. Pantai Kelanting
  4. Pantai Yeh Gangga
  5. Pantai Kedungu
  6. Pantai Tanah Lot
  7. Pantai Batu Bolong
  8. Pantai Seminyak
  9. Pantai Kuta
  10. Pantai Jerman
  11. Pantai Nusa Penida
  12. Pantai Balangan
  13. Pantai Padang-padang
  14. Pantai Nuggalan
  15. Pantai Pandawa
  16. Pantai Nusa Dua
  17. Pantai Serangan
  18. Pantai Sanur
  19. Pantai Sindu
  20. Pantai Saba
  21. Pantai Masceti
  22. Pantai Lebih
  23. Pantai Kusamba
  24. Pantai Batu Kori.

Atas kondisi tersebut, masyarakat diimbau untuk selalu waspada dan siaga untuk mengantisipasi dampak dari pasang maksimum air laut, serta memperhatikan update informasi cuaca maritim dari BMKG Wilayah III Denpasar di laman balai3.denpasar.bmkg.go.id atau http://maritim.bmkg.go.id.

3. BPBD Provinsi Bali mengingatkan potensi hujan lebat melanda Bali di awal musim kemarau

Daftar Pantai di Bali Berpotensi ROB mulai 5 Juli 2023Ilustrasi hujan (IDN Times/Sukma Shakti)

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bali, I Made Rentin, menambahkan secara klimatologis wilayah Bali sudah memasuki musim kemarau. Namun beberapa hari belakangan ini terjadi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian besar wilayah Bali.

Secara umum cuaca pada 3-4 Juli 2023 diprediksi berawan, dan berpotensi hujan ringan hingga sedang di wilayah Bali bagian barat, tengah, selatan dan
timur. Sedangkan pada 5-7 Juli 2023 berpotensi hujan ringan sampai edang di wilayah Bali bagian barat, tengah, selatan dan timur.

"Peringatan dini waspada potensi hujan sedang hingga lebat di wilayah Bali bagian barat, tengah, selatan dan timur. Serta tinggi gelombang laut yang dapat mencapai 2 meter atau lebih di Selat Bali, Selat Badung, Selat Lombok bagian Selatan, dan Samudera Hindia Selatan Bali," jelasnya.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya