Comscore Tracker

Bali Selatan Akan Terjadi Fenomena Banjir Rob, Hati-hati Ya

Gak hanya Bali saja. Jawa dan NTB juga

Denpasar, IDN Times - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melalui Kepala Pusat Meteorologi Maritim, Eko Prasetyo, menyebutkan akan adanya fenomena banjir rob (Banjir pesisir) di beberapa wilayah di Indonesia, yang diprediksi berlangsung sejak Rabu (27/5) hingga Kamis (28/5). Dari beberapa daerah yang disebutkan, Bali bagian selatan masuk dalam daftar ini.

1. Ada empat wilayah pesisir yang diprediksi akan terjadi rob

Bali Selatan Akan Terjadi Fenomena Banjir Rob, Hati-hati YaIlustrasi Banjir rob. IDN Times/Dhana Kencana

Dalam rilis tertulisnya, Eko menyebutkan empat wilayah pesisir yang masuk ke dalam daftar terjadi rob. Di antaranya pesisir barat Lampung, pesisir selatan Pulau Jawa, pesisir selatan Pulau Bali, dan pesisir selatan Nusa Tenggara Barat (NTB). Sehingga bagi masyarakat pesisir pantai diimbau agar lebih waspada.

Kondisi ini diungkapkan akibat adanya aktivitas pasang air laut, kondisi gelombang tinggi, dan curah hujan tinggi. Sehingga memengaruhi dinamika pesisir di wilayah Indonesia berupa banjir pesisir.

2. Aktivitas masyarakat di sekitar pesisir akan banyak terganggu

Bali Selatan Akan Terjadi Fenomena Banjir Rob, Hati-hati YaIDN Times/Wayan Antara

Rob ini akan berdampak pada terganggunya transportasi di sekitar pelabuhan dan pesisir, aktivitas petani garam dan perikanan darat, serta kegiatan bongkar muat di pelabuhan.

3. Tidak ada catatan spesifik lokasi pesisir selatan Bali yang akan mengalami rob

Bali Selatan Akan Terjadi Fenomena Banjir Rob, Hati-hati YaDok.IDN Times/Made Suastika

Sementara itu Kepala Stasiun Geofisika Kelas II Denpasar, Ikhsan, saat dihubungi IDN Times menyampaikan tidak ada catatan khusus wilayah mana di pesisir selatan Bali yang diprediksi akan terjadinya rob. Pihaknya menegaskan, tidak ada wilayah di pesisir selatan Bali yang menjadi langganan rob setiap tahunnya. Karena fenomena ini tergantung dari beberapa faktor.

“Kalau rob itu terjadi di daerah pesisir pantai. Nah adanya kondisi gelombang tinggi ini bisa menggenangi daerah-daerah di pesisir pantai dan menganggu aktivitas. Terkait itu (Lokasi pesisir selatan Bali yang akan mengalami rob) tidak sespesifik itu ya,” terangnya.

Sedangkan BMKG Wilayah III Denpasar menyampaikan kondisi wilayah perairan bagian selatan Bali saat ini, ketinggian gelombang lautnya mencapai lima meter.

Baca Juga: Dianggap Mampu Tekan COVID-19 Tanpa PSBB, Bali Dirancang Jadi Contoh

Topic:

  • Ayu Afria Ulita Ermalia
  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya