Disdikpora Denpasar Buat Langkah Cegah Kenakalan Siswa

Arahan seluruh Kepala Sekolah SD dan SMP

Denpasar,IDNTimes- Sebagai langkah strategis untuk menciptakan lingkungan pendidikan yang lebih aman dan kondusif bagi para siswa khususnya di Kota Denpasar. Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) Kota Denpasar mengadakan pertemuan dengan seluruh kepala sekolah baik SD dan SMP se-Kota Denpasar di Aula SMPN 2 Denpasar, pada Senin (24/7/2023). Pertemuan tersebut dilaksanakan untuk memberikan arahan guna mengatasi dan mencegah maraknya kenakalan siswa di luar jam sekolah.

Baca Juga: 5 Makanan Khas Jembrana Bali, Ada Bendu Hingga Kondo

Baca Juga: Bali Stop Impor Benih Bunga, Gemitir Bali Sudamala Gantinya

1. Kenakalan siswa di luar sekolah menjadi perhatian khusus

Disdikpora Denpasar Buat Langkah Cegah Kenakalan SiswaBajing Kids di wilayah hukum Polresta Denpasar (screenshot video)

Kepala Disdikpora Kota Denpasar, Anak Agung Gede Wiratama menekankan pentingnya peran sekolah dalam mengawasi dan memberikan arahan kepada siswa di luar jam belajar. Kekhawatiran terhadap kenakalan siswa yang terjadi di luar lingkungan sekolah semakin meningkat, dan menjadi perhatian serius bagi Pemerintah. Sehingga diperlukan pengawasan baik oleh kepala sekolah, guru dan orangtua.

"Kita tidak boleh mengabaikan permasalahan ini. Kenakalan siswa di luar jam sekolah dapat berdampak negatif pada prestasi akademik mereka. Juga menciptakan kerugian sosial dan moral bagi para siswa dan masyarakat secara keseluruhan," ujarnya.

2. Sejumlah langkah pihak sekolah untuk mencegah kenakalan siswa

Disdikpora Denpasar Buat Langkah Cegah Kenakalan SiswaBajing Kids di wilayah hukum Polresta Denpasar (screenshot video)

Beberapa langkah konkret yang dapat dilakukan oleh kepala sekolah untuk mencegah kenakalan siswa di luar jam sekolah diantaranya:

  1. Agar kepala sekolah serta guru - guru agar secara berkala melaksanakan razia handphone terhadap siswa.
  2. Kepala sekolah diharapkan dapat mengadakan pertemuan berskala dengan orangtua siswa.
  3. Untuk libur Galungan, dan Kuningan agar dibuatkan pasraman agar siswa tetap memiliki kegiatan di sekolah
  4. Pada saat apel hari Senin agar berkordinasi dengan Babinsa dan Babinkamtibnas setempat untuk memberikan pengarahan kepada siswa siswi

3. Disdikpora Denpasar turun langsung setiap hari Senin

Disdikpora Denpasar Buat Langkah Cegah Kenakalan SiswaIlustrasi sekolah di Denpasar Barat (IDN Times/istimewa)

Selain itu pihaknya menegaskan bahwa akan terus memantau perkembangan implementasi langkah-langkah tersebut di setiap sekolah. Dengan turun langsung ke sekolah pada saat apel hari Senin untuk memberikan pengarahan dan mengingatkan siswa agar tidak melakukan kegiatan yang negatif. Para kepala sekolah juga diajak untuk bersinergi, dan saling bertukar pengalaman dalam menghadapi tantangan yang sama

"Dengan ini diharapkan kesadaran dan komitmen para kepala sekolah dalam mencegah kenakalan siswa di luar jam sekolah. Sehingga menciptakan lingkungan belajar yang lebih aman, kondusif, dan berdampak positif bagi kemajuan pendidikan di Kota Denpasar," ujarnya.

Topik:

  • Silfa Humairah Utami

Berita Terkini Lainnya