Dibuang, Bayi Laki-Laki Ditemukan Hidup di Semak-semak

Diperkirakan bayi tersebut lahir sekitar 2 hari yang lalu

Denpasar, IDN Times - Seorang bayi laki-laki yang diperkirakan baru berusia beberapa hari ditemukan warga menangis di semak-semak Jalan Hayam Wuruk Gang II Desa Sumerta Kelod, Kecamatan Denpasar Timur pada Rabu (19/4/2023) sekitar pukul 06.30 Wita.

Bayi tersebut kemudian dievakuasi menuju Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Prof. dr. I.G.N.G Ngoerah Denpasar (RSUP Sanglah). Hasil pemeriksaan yang dilakukan Tim Medis, bayi dinyatakan dalam kondisi sehat dan tidak memerlukan pelayanan rawat inap.

Baca Juga: Perjalanan Bali United Mengikuti Liga 1, Belum Konsisten?

1. Bayi ditemukan saat ada warga mendengar suara tangisan

Dibuang, Bayi Laki-Laki Ditemukan Hidup di Semak-semakmotherandbaby.co.id

Kasi Humas Kepolisian Resor Kota (Polresta) Denpasar, AKP I Ketut Sukadi mengatakan bahwa bayi tersebut berjenis kelamin laki-laki ditemukan seorang perempuan Ida Ayu Kuniawati (53) di semak-semak dalam kondisi masih hidup sekitar pukul 06.30 Wita.

Saksi saat itu dalam perjalanan pulang dari pasar, dan terkejut mendengar tangisan bayi di lokasi. Karena ketakutan saksi memilih pulang, dan memberitahu suaminya. Keduanya lalu kembali ke lokasi untuk mengecek sumber suara tersebut.

“Lokasi tidak jauh dari rumah saksi. Sekitar 50 meter,” ungkapnya.

2. Bayi ditemukan bersama tas berisi perlengkapan

Dibuang, Bayi Laki-Laki Ditemukan Hidup di Semak-semakilustrasi bayi (pexels.com/Ryutaro Tsukata)

Sementara itu Ida Bagus Widiarsana (51) yang ditemani istrinya kemudian mencari sumber tangisan bayi tersebut. Dan menemukan bayi laki-laki di semak-semak. Di samping bayi terdapat tas berwarna merah yang berisikan tisu, susu dot, pamper, selimut.

“Dalam keadaan menangis dan beralaskan selimut bayi. Saat ditemukan bayi terbungkus selimut berwarna putih ungu bercorak,” jelasnya.

Kemudian bayi tersebut dibawa ke Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Prof Ngoerah Denpasar menggunakan ambulans Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Denpasar.

3. Diperkirakan lahir 2 hari sebelum dibuang di semak-semak

Dibuang, Bayi Laki-Laki Ditemukan Hidup di Semak-semakBayi laki-laki yang ditemukan di semak-semak dinyatakan dalam kondisi sehat. (Dok.IDN Times/Polresta Denpasar)

Sukadi menyebutkan berdasarkan pemeriksaan kondisi pusar bayi masih masih melekat atau utuh. Saat ini petugas kepolisian masih melakukan penyelidikan.

“Diperkirakan bayi tersebut lahir sekitar 2 hari yang lalu,” ungkapnya.

Sementara itu pihak Kepala Sub Bagian Humas RSUP Prof Ngoerah, I Ketut Dewa Kresna mengatakan bahwa bayi tersebut diterima sekitar pukul 09.12 Wita. Hasil pemeriksaan diketahui bahwa bayi tersebut memiliki berat 3,3 kilogram dengan panjang 46 centimeter. Tali pusarnya telah putus dan mengering.

“Time medis menyatakan bayi dalam keadaan sehat, dan tidak memerlukan pelayanan rawat inap,” ungkapnya.

Baca Juga: 9 Raja Denpasar dari Puri Agung Denpasar

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya