Daftar Pantai di Bali yang Rawan, Sering Makan Korban Jiwa

Hati-hati saat berlibur ya

Denpasar, IDN Times- Pesona Pulau Dewata memang tidak diragukan lagi. Selain budaya, keindahan alam juga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan baik mancanegara maupun domestik. Namun ada kalanya, kunjungan liburan yang menyenangkan justru berubah menjadi mencekam karena peristiwa yang tidak diduga sebelumnya. Misalkan, kecelakaan laut hingga menyebabkan korban jiwa.

Sejumlah permintaan Operasi Search and Rescue (SAR) diungkap Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar (Basarnas Bali), Gede Darmada ada di beberapa tempat. Kejadian ini tidak lain karena kelalaiannya pengunjung sendiri saat menikmati lokasi wisata tersebut hingga berujung musibah.

Terlepas dari hal tersebut, kewaspadaan selalu diperlukan di manapun berada. Berdasarkan data bulan Mei 2023 berikut ini adalah lokasi dilaporkannya sering terjadi kecelakaan laut yang menimpa wisatawan di Bali.

Baca Juga: Nusa Penida Langganan Kecelakaan Turis, Terbaru Akibat Penyu

Baca Juga: 7 Potret Pantai Balangan Bali, Spot Favorit Foto Prewedding

1. Tiga kali evakuasi wisatawan Pantai di Nusa Penida selama Mei 2023

Daftar Pantai di Bali yang Rawan, Sering Makan Korban JiwaInstagram.com/Blaze_parsons

Dari catatan bulanan Basarnas Bali, pad bulan Mei 2023 lalu terdapat 6 operasi SAR yang dilakukan oleh Basarnas terkait dengan kecelakaan kapal, dan kondisi membahayakan manusia.

Kaitannya dengan kondisi membahayakan manusia, petugas SAR menerima permintaan evakuasi dua wisatawan yang mengalami dislokasi lengan di Pantai Kelingking, Kecamatan Nusa Penida dalam rentang waktu yang berbeda. Diketahui bahwa Pantai Kelingking merupakan spot yang menarik bagi wisatawan asing yang ke Bali. Dalam setiap harinya lokasi ini menjadi salah satu lokasi teramai di kawasan Nusa Penida.

Daftar Pantai di Bali yang Rawan, Sering Makan Korban JiwaWN Prancis terseret arus dan terjebak di tebing Pantai Atuh pada Jumat (26/5/2023). (Dok.IDN Times/Basarnas Bali)

Kemudian peristiwa juga menimpa seorang WNA yang berkunjung ke Pantau Atuh, di Kawasan Nusa Penida. Korban dilaporkan terjebak air laut pasang.

2. Awal Juni 2023, 2 WNA terseret arus di Pantai Kelingking

Daftar Pantai di Bali yang Rawan, Sering Makan Korban JiwaPantai Kelingking (freepik.com/tawatchai07)

Sementara itu, pada 8 Juni 2023, dilaporkan kembali 2 orang wisatawan asal India terseret arus Pantai Kelingking. Yakni laki-laki berinisial VML (28), dan perempuan berinisial SVL (27).

Dalam Operasi SAR tersebut, jenazah VML lebih dulu ditemukan. Sedangkan jenazah SVL ditemukan pada keesokan harinya 9 Juni 2023.

3. Pantai Petitenget juga sering memakan korban

Daftar Pantai di Bali yang Rawan, Sering Makan Korban JiwaPantai Petitenget (instagram.com/rameliavitra)

Dalam catatan bulanan Basarnas Bali, selama Mei 2023 dilaporkan satu orang korban tenggelam di Pantai Petitenget. Korban dinyatakan meninggal dunia. Kejadian ini bukan pertama kalinya, karena kejadian serupa pernah terjadi di area ini di tahun-tahun sebelumnya.

4. Pengunjung Pantai Nunggalan dilaporkan terseret ombak

Daftar Pantai di Bali yang Rawan, Sering Makan Korban JiwaPantai Nunggalan (instagram.com/masell.le)

Sementara itu pada Minggu (11/6/2023) 3 orang WNA dilaporkan terseret arus Pantai Nunggalan. Satu orang diantaranya ditemukan dalam kondisi meninggal dunia yakni laki-laki WN Spanyol berinisial ATA (36). Sedangkan dua orang temannya perempuan WN Spanyol FVL (32), dan WN German AAF (33) dalam kondisi selamat.

5. Laporan kecelakaan jukung di Perairan Karangasem

Daftar Pantai di Bali yang Rawan, Sering Makan Korban JiwaInstagram.com/farrachman

Sementara itu kejadian kecelakaan jukung dilaporkan terjadi di Perairan Kubu, Karangasem pada Mei 2023 lalu. Dan satu orang dinyatakan tenggelam.

Kejadian serupa terjadi pada 11 Juni 2023, sebuah jukung tenggelam setelah dihantam ombak. Sebanyak 6 orang nelayan dilaporkan selamat, sementara satu orang tenggelam di Perairan Bugbug.

Banyaknya korban jiwa di pantai Bali membuat pemerintah kian memberi peringatan kepada pengunjung untuk mentaati aturan berenang di saat cuaca ekstrim atau area rawan berenang yang berbahaya. Tetap waspada saat liburan itu penting.

Topik:

  • Silfa Humairah Utami

Berita Terkini Lainnya