Comscore Tracker

Waspada! BMKG Keluarkan Peringatan Ombak Setinggi 6 Meter di Bali

Hati-hati ya semeton, utamakan keselamatan

Denpasar, IDN Times – Ombak di kawasan Waterblow, Pantai Nusa Dua, Kabupaten Badung, tepatnya di Pura Bias Tugel, pada Rabu (27/7/2022) cukup tinggi. Ketinggian ombak yang sempat terekam kamera warga terlihat sampai menuju daratan.

Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Wilayah III Denpasar, telah mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi yang berlaku mulai hari ini, Kamis (28/7/2022) dan Jumat (29/7/2022).

Baca Juga: Bandara Ngurah Rai Bali Pasang Karpet Disinfektan, untuk Apa?

1. Tiga wilayah perairan berpotensi mengalami gelombang laut sedang

Waspada! BMKG Keluarkan Peringatan Ombak Setinggi 6 Meter di BaliIlustrasi gelombang tinggi (ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi)

BMKG mengumumkan ada tiga wilayah perairan berpotensi mengalami gelombang laut sedang dari 1,25 meter sampai 2,5 meter. Area tersebut di antaranya Laut Bali, Laut Sumbawa, dan Selat Lombok Bagian Utara.

2. Lima wilayah perairan sekitar Bali berpotensi ombak tinggi

Waspada! BMKG Keluarkan Peringatan Ombak Setinggi 6 Meter di BaliUnspalsh/Breno Machado

Ombak dengan ketinggian 2 meter hingga 4 meter terjadi di 5 wilayah perairan. Berpeluang terjadi di Selat Bali bagian selatan, Selat Badung, Selat Lombok bagian selatan, Selat Alas bagian selatan, dan perairan selatan Bali-Nusa Tenggara Barat (NTB). 

Sementara itu gelombang laut dengan ketinggian 4 hingga 6 meter atau sangat tinggi berpeluang terjadi di Samudra Hindia Selatan Bali-NTB.

3. Masyarakat dan kapal-kapal yang beraktivitas di wilayah perairan diminta waspada

Waspada! BMKG Keluarkan Peringatan Ombak Setinggi 6 Meter di BaliIlustrasi gelombang tinggi (ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah)

Dengan adanya peringatan ini, masyarakat dan kapal-kapal yang beraktivitas di wilayah perairan diimbau waspada. Beberapa risiko tinggi terhadap pelayaran di antaranya:

  • Perahu nelayan agar berhati-hati pada kecepatan angin lebih dari 15 knot dan gelombang 1,25 meter
  • Kapal tongkang pada kecepatan angin 16 knot dan gelombang 1,5 meter
  • Kapal feri pada kecepatan angin 21 knot dan gelombang 2.5 meter
  • Kapal ukuran besar seperti kapal kargo atau kapal pesiar pada kecepatan angin lebih dari 27 knot dan gelombang 4 meter

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya