Kumpulan Potret Lawas Pura di Bali, Jepretan Turis Asing 

Kondisi saat zaman dulu masih sangat alami ya

Denpasar, IDN Times - Bali yang dikenal dengan sebutan Pulau Seribu Pura atau Pulau Dewata, memiliki banyak pura yang telah berdiri sejak lebih dari ratusan tahun lalu. Pura di Bali dikenal memiliki arsitektur yang sangat unik dan indah, karenanya sangat disukai oleh wisatawan mancanegara maupun domestik.

Apabila melihat dokumentasi potret sejumlah pura di Bali yang diambil pada zaman dahulu, sangat tampak keindahan dan keagungan pura tersebut. Kondisinya pun masih sangat alami. Foto-foto tersebut dikoleksi secara digital oleh Perpustakaan Universitas Leiden di Belanda. Berikut 10 potret lawas pura di Pulau Dewata. 

Baca Juga: Kumpulan Potret Lawas: Kami Merindukan Pantai Kuta!

1. Foto Pura Besakih, pura terbesar di Bali yang berada di Kabupaten Karangasem. Diambil pada tahun 1937. Foto ini dijeptret oleh seorang petugas kesehatan dari Belanda, JW Bijleveld dan istrinya saat pergi ke Bali

Kumpulan Potret Lawas Pura di Bali, Jepretan Turis Asing Pura Besakih, Karangasem. (digitalcollections.universiteitleiden.nl)

2. Pura Kehen terletak di Banjar Pakuwon, Desa Cempaga, Kabupaten Bangli. Foto pura ini diambil antara tahun 1941 dan 1953

Kumpulan Potret Lawas Pura di Bali, Jepretan Turis Asing Pura Kehen, Bangli. (digitalcollections.universiteitleiden.nl)

3. Pura yang berada di tengah laut ini disebut dengan nama Pura Tanah Lot, yang terletak di Desa Beraban, Kediri, Kabupaten Tabanan. Foto pura ini diambil pada tahun 1935

Kumpulan Potret Lawas Pura di Bali, Jepretan Turis Asing Pura Tanah Lot, Tabanan. (digitalcollections.universiteitleiden.nl)

4. Foto Puri Satria di Denpasar ini merupakan foto dari sebuah kartu pos bergambar yang diterbitkan oleh Algemeene Postvereeni pada tahun 1915

Kumpulan Potret Lawas Pura di Bali, Jepretan Turis Asing Pura Satria, Denpasar. (digitalcollections.universiteitleiden.nl)

5. Foto Pura Luhur Batukaru yang terletak di Desa Wongaya Gede, Penebel, Kabupaten Tabanan. Diambil pada tahun 1920

Kumpulan Potret Lawas Pura di Bali, Jepretan Turis Asing Pura Luhur Batukaru, Tabanan. (digitalcollections.universiteitleiden.nl)

6. Pura Dasar Bhuana Gelgel terletak di Jalan Waturenggong, Kabupaten Klungkung. Foto pura ini diambil pada tahun 1920

Kumpulan Potret Lawas Pura di Bali, Jepretan Turis Asing Pura Dasar Bhuana Gelgel, Klungkung. (digitalcollections.universiteitleiden.nl)

7. Pura Sakenan berada di Pulau Serangan Denpasar. Dulunya pulau ini terpisah dengan Pulau Bali. Namun karena ada proyek reklamasi Pulau Serangan, maka dibangunlah jembatan yang menghubungkan Pulau Bali dan Pulau Serangan. Foto ini diambil pada tahun 1932

Kumpulan Potret Lawas Pura di Bali, Jepretan Turis Asing Pura Sakenan, Denpasar. (digitalcollections.universiteitleiden.nl)

8. Foto yang dijepret pada tahun 1925 ini merupakan foto Pura Segara Pekendungan yang terletak di Desa Beraban, Kediri, Kabupaten Tabanan. Pura ini berada tidak jauh dari Pura Tanah Lot

Kumpulan Potret Lawas Pura di Bali, Jepretan Turis Asing Pura Segara Pekendungan, Tabanan. (digitalcollections.universiteitleiden.nl)

9. Pura Kereban Langit termasuk unik. Pura ini berapa di sebuah Gua di Desa Sading, Mengwi, Kabupaten Badung. Pura Kereban Langit menjadi tempat melukat (Pembersihan diri) yang cukup populer. Foto Pura Kereban Langit ini diambil antara tahun 1941 dan 1953

Kumpulan Potret Lawas Pura di Bali, Jepretan Turis Asing Pura Kereban Langit, Badung. (digitalcollections.universiteitleiden.nl)

10. Pura Taman Ayun berlokasi di Jalan Ayodya, Mengwi, Kabupaten Badung. Pura ini merupakan Pura Paibon atau pura keluarga dari Raja Mengwi. Foto Candi Bentar atau pintu masuk Pura Taman Ayun ini tidak diketahui secara pasti tanggal pembuatannya. Namun diperkirakan sekitar abad ke-21 sebagaimana data di Perpustakaan Universitas Leiden, Belanda

Kumpulan Potret Lawas Pura di Bali, Jepretan Turis Asing Pura Taman Ayun, Badung. (digitalcollections.universiteitleiden.nl)

Foto-foto pura zaman dulu ini memperlihatkan bagaimana keadaan dan situasi pura tersebut yang tentunya sangat berbeda dengan saat ini. Dokumentasi digital pura ini akan sangat bermanfaat sehingga generasi berikutnya bisa mengetahui bagaimana pura di Bali pada zaman dulu. 

Ari Budiadnyana Photo Community Writer Ari Budiadnyana

Menulis dengan senang hati

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya