TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Bali Maksimalkan Sistem Subak, Kepengurusannya Jelas

Saluran irigasi di Tabanan berfungsi maksimal

Pertanian di Kabupaten Tabanan (IDN Times/Ayu Afria)

Tabanan, IDN Times - Sawah atau dalam bahasa Bali memiliki sistem pengelolaan irigasi yang berbeda dengan daerah lainnya. Nama sistemnya adalah subak.

Ketua Dewan Pengurus Daerah Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Provinsi Bali 2022-2026, I Made Edi Wirawan, mengungkap kepengurusan sistem subak di Bali juga yang jelas. Pengurus subak tak hanya menangani masalah irigasi, mereka juga memantau langsung kondisi pertanian di wilayahnya.

Baca Juga: Bali Stop Impor Benih Bunga, Gemitir Bali Sudamala Gantinya

1. Saluran irigasi di Tabanan berfungsi maksimal

Ilustrasi persawahan (IDN Times/Herka Yanis)

Made Edi Wirawan mengungkapkan sistem subak (sawah), khususnya di Tabanan, sudah cukup baik dengan rata-rata 85 persen saluran irigasi berfungsi maksimal, meski ada masalah tidak adanya senderan di saluran irigasi tersebut.

"Petani (di Tabanan) sangat menghormati sistem pengaturan air. Sekian are dapat berapa air gitu. Itu sangat tertib sekali. Astungkara tidak ada masalah tentang air," ungkapnya.

2. Pengurus subak juga memantau kondisi pertanian yang gagal panen

Pertanian di Bali (IDN Times/Ayu Afria)

Pada sistem subak di Tabanan terdapat beberapa jabatan kepengurusan yang jelas, diantaranya kelihan subak (ketua wilayah), dan pekaseh (ketua subak). Selain bertanggung jawab atas irigasi, mereka juga memantau kondisi pertanian para petani yang gagal panen.

Untuk diketahui di Tabanan sendiri satu kelihan subak rata-rata memiliki luasan 10 hingga 80 hektare (ha). Di masing-masing subak di Tabanan juga terdapat satu orang penyuluh dari OPD Pertanian, yang menjadi jembatan dan melaporkan kondisi subak ke pemerintah.

"Khusus berbicara di Tabanan. Tabanan itu kan memiliki subak, kelihan subak, pekaseh," jelasnya.

Baca Juga: HKTI Bali: Pertanian Padi di Tabanan Tidak Terpengaruh Musim

Berita Terkini Lainnya