Comscore Tracker

5 Cara Membaca Karakter Gebetan di Media Sosial, Red Flag!

Ada tanda red flag yang tak boleh kamu abaikan!

Jika diartikan per kata, red flag adalah bendera merah yang biasanya digunakan sebagai tanda bahaya. Namun, maksud sebenarnya dari kata red flag dalam ungkapan sehari-hari adalah tanda yang menjadi peringatan bahwa sebuah interaksi sosial harus segera diakhiri.

Kamu sebenarnya bisa menilai seseorang dari isi media sosialnya. Orang yang berperilaku baik tentunya akan lebih bijak dalam mengunggah sesuatu di media sosial. Sebaliknya, mengunggah hal buruk di media sosial merupakan suatu perbuatan kurang bijak. Untuk itu melalui artikel ini, ada beberapa social media red flag gebetan yang harus kamu perhatikan dan sadari. Jangan mengabaikannya, ya.

Baca Juga: Hindari 5 Hal Ini ke Teman yang Menjalin Hubungan Beda Agama

1. Semua fotonya sedang bersama dengan lawan jenis yang berbeda

5 Cara Membaca Karakter Gebetan di Media Sosial, Red Flag!Ilustrasi melhat unggahan seseorang (Pexels.com/Picjumbo.com)

Mungkin, ada beberapa orang yang memang memiliki sikap sangat ramah dan akan mengunggah foto kebersamaannya di media sosial. Namun, jika semua unggahan fotonya sedang bersama lawan jenis yang berbeda, ini bisa menjadi tanda red flag yang harus kamu sadari.

Pasalnya, hal ini bisa menjadi akar permasalahan jika kamu benar-benar menjalin hubungan dekat dengannya. Sikapnya yang sangat terbuka dengan semua orang khususnya dengan lawan jenis, mungkin akan membuatmu merasa curiga bahkan insecure. Selain itu, ini juga bisa menjadi sinyal bahwa dia belum siap untuk menetap dengan satu orang saja.

Baca Juga: Gak Perlu Kode-kodean, 5 Tips Buat Kamu yang Lagi PDKT

2. Dia membuat postingan bernada pasif agresif

5 Cara Membaca Karakter Gebetan di Media Sosial, Red Flag!Ilustrasi melihat unggahan seseorang (Pexels.com/Cottonbro)

Perilaku pasif agresif adalah cara seseorang untuk mengekspresikan emosi negatif secara tidak langsung, misalnya dengan nada sindiran dan sarkastik. Tindakan ini tidak dapat menyelesaikan masalah, justru menimbulkan kesalahpahaman.

Bentuk komunikasi pasif agresif mengindikasikan bahwa seseorang tak punya kemauan untuk bersikap asertif. Asertif adalah kemampuan berkomunikasi dengan penyampaian yang jujur, terus terang, dan jelas. Ketika sedang marah, seorang yang asertif akan bicara terus terang tentang perasaannya dan apa yang membuatnya marah.

Namun seorang yang pasif agresif tidak akan memberitahu secara langsung, justru dia akan bertindak tidak menyenangkan sebagai bentuk luapan atas kemarahannya. Misalnya tidak mau memulai percakapan, meminta pasangan untuk menebak sendiri apa kesalahannya, dan perbuatan menjengkelkan lainnya.

3. Dia mengikuti akun atau selebriti yang memiliki postingan buruk

5 Cara Membaca Karakter Gebetan di Media Sosial, Red Flag!Ilustrasi melihat akun media sosial seseorang (Pexels.com/Andrea Piacquadio)

Kita semua pasti memiliki beberapa publik figur yang tidak disukai. Entah karena memiliki attitude yang buruk atau karena konten yang mereka bagikan tidak berdasar dan cenderung mengarah pada hal-hal mitos atau hoax. Sebagai seorang yang kritis dan tidak mau termakan hoax, pastinya kita memutuskan untuk tidak mengikuti akun media sosial dengan konten yang tidak berdasar.

Jika gebetanmu kedapatan mengikuti akun media sosial itu, maka ini termasuk red flag yang tidak boleh kamu abaikan. Itu menandakan bahwa kamu dan dia memiliki prinsip yang berbeda.

Sebelum benar-benar memiliki hubungan dekat dengannya, pastikan kamu mengetahui cara dia berpikir dan memandang suatu masalah. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir konflik yang mungkin terjadi ke depannya.

4. Selalu mencari perhatian di media sosialnya

5 Cara Membaca Karakter Gebetan di Media Sosial, Red Flag!Ilustrasi melihat unggahan seseorang (Pexels.com/Plann)

Membuat unggahan di media sosial memang hal yang wajar. Namun, mengunggahnya terlalu sering dan menceritakan semua hal yang terjadi di hidupnya sehingga terkesan sedang mencari perhatian adalah sebuah tanda red flag jika gebetanmu melakukannya.

Pasalnya, hal ini akan sangat mengganggu terlebih bagi seorang yang tak mau mengumbar masalahnya di media sosial untuk mendapatkan validasi dari orang lain. Jika nantinya kamu dan dia berhubungan dekat dan mendapatkan sebuah masalah, bisa jadi dia akan mengunggah hal tersebut di akunnya.

5. Dia gak menerima permintaan pertemananmu

5 Cara Membaca Karakter Gebetan di Media Sosial, Red Flag!Ilustrasi sedang memantau media sosial (Pexels.com/Mikoto.raw Photographer)

Jika orang yang kamu sukai tidak menerima permintaan pertemananmu sehingga tidak bisa melihat unggahannya, ini juga termasuk tanda red flag. Meski tertutup, seseorang akan menerima permintaan pertemanan dengan orang yang menurutnya menarik. Dengan tidak menerima permintaan pertemananmu, mungkin dia tak memiliki ketertarikan untuk mengenalmu lebih jauh.

Kamu dapat mengurungkan niat untuk mendekatinya, jika tak ingin menghabiskan energi dan waktu lebih besar. Namun jika kamu masih memiliki ketertarikan, bukan sebuah hal mustahil untuk mendapatkannya, meski membutuhkan waktu yang lebih lama.

Demikian beberapa tanda red flag pada gebetan yang tak boleh kamu abaikan. Dari kelima tanda yang sudah disebutkan, apakah kamu mengalaminya?

Lulu Fatikhatul Maryamah Photo Community Writer Lulu Fatikhatul Maryamah

you can reach me on my IG @lulumaryamah23

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya