Comscore Tracker

Ingin LDR Kamu Berhasil? Terapkan 5 Prinsip ini! 

Kepercayaan dan kejujuran tetap jadi kunci utama

Long Distance Relationship (LDR) banyak dialami oleh pasangan muda. Kondisi ini tak jarang membuat hubungan gagal di tengah jalan. Memang ada banyak penyebab gagalnya LDR. Namun banyak juga pasangan yang berhasil melewatinya, bahkan sampai ke jenjang pernikahan.

Mengingat terbatasnya waktu untuk bertemu, biasanya pasangan LDR akan lebih menghargai momen ketika bertemu. Mereka akan memanfaatkannya sebaik mungkin. 

Ada 5 prinsip yang bisa kamu pegang supaya LDR berhasil dan lancar. Apa saja? Simak selengkapnya di bawah ini ya. 

Baca Juga: 10 Chat dari Mantan Pacar, dari Ngenes sampai Bikin Ketawa Ngakak

1. Kepercayaan 

Ingin LDR Kamu Berhasil? Terapkan 5 Prinsip ini! ilustrasi wanita bekerja (istockphoto.com/vgajic)

LDR atau tidak, kamu dan pasangan wajib memegang prinsip ini. Kepercayaan berlandaskan pada kejujuran. Jadi kamu bisa mulai membiasakan jujur dengan pasangan supaya kepercayaan benar-benar terbangun dalam hubungan. Ketika kamu menerapkan prinsip kepercayaan, kamu lebih tenang sehingga tak berpikir macam-macam tentang pasanganmu.

Jika kamu diberi kepercayaan, maka jaga baik-baik dan jangan sampai melukainya ya. Kepercayaan ibarat kaca yang pecah. Ia bisa kembali tersambung, namun tak pernah sama seperti sebelumnya.

2. Kemandirian 

Ingin LDR Kamu Berhasil? Terapkan 5 Prinsip ini! ilustrasi wanita mandiri (istockphoto.com/DeanDrobot)

Hadirnya sosok pasangan dalam kehidupan sehari-hari cukup bermakna secara signifikan bagi sebagian orang. Terlebih jika bahasa cinta orang tersebut adalah sentuhan dan pelukan. Ketika kamu menjalani LDR, kamu harus berusaha mandiri sebisa mungkin sehingga kamu tak sepenuhnya bergantung pada pasangan.

Jika kamu merasa bosan, kamu bisa mengomunikasikannya dengan pasangan. Namun jangan sampai kamu mengatasi kebosanan sampai mengecewakan pasanganmu.

3. Keterbukaan 

Ingin LDR Kamu Berhasil? Terapkan 5 Prinsip ini! ilustrasi pasangan bergurau (istockphoto.com/whitebalance.oatt)

Prinsip yang satu ini mendasari sebuah kepercayaan. Kamu dan pasangan bisa menentukan batas privasi satu sama lain. Kamu boleh lho untuk tak selalu terbuka tentang sesuatu dengan pasangan. Namun pastikan pasanganmu juga begitu ya.

Hal itu bertujuan untuk menghindari konflik panjang di belakang hari. Privasi untuk mengecek ponsel dan bagaimana cara kamu menggunakan uang, kedua hal ini boleh kamu beri batasan ke pasangan. Terpenting kamu suportif satu sama lain.

4. Lapang dada

Ingin LDR Kamu Berhasil? Terapkan 5 Prinsip ini! ilustrasi pasangan menatap awan (istockphoto.com/Pornpak Khunatorn)

Dalam setiap hubungan, baik LDR maupun tidak, menikah atau belum, kegagalan akan mungkin menghampiri. Kamu tak bisa selalu berharap pasanganmu sempurna. Begitupun kamu tak selalu harus menjadi pribadi yang sempurna. Lapang dada merupakan prinsip yang harus kamu pegang supaya ketika gagal LDR, kamu tak merasa terlalu sakit hati dan galau berkepanjangan.

Keberhasilam LDR juga dipengaruhi oleh lapang dada dari dua belah pihak, termasuk lapang dalam menerima kekurangan dan kelebihan pasangan. Namun, ingat ya kamu dapat berusaha untuk memperbaiki kekurangan dan nikmati saja prosesnya.

5. Kedewasaan  

Ingin LDR Kamu Berhasil? Terapkan 5 Prinsip ini! ilustrasi pasangan bersantai (istockphoto.com/Pornpak Khunatorn)

Prinsip kedewasaan dapat kamu pegang jika kamu dan pasangan saling memahami tujuan dari suatu hubungan. Ketika kamu dan pasangan saling mengerti apa tujuan hubungan kalian,  kedewasaan dapat membantu kamu dan pasangan dengan menerima bahwa kekurangan adalah hal yang normal.

Usahakan jangan mengambil keputusan saat suasana hati sedang lelah atau marah ya, karena dalam kondisi seperti ini, otak sedang tidak dapat berpikir jernih. Jika kamu dan pasangan sedang burn out, kamu bisa minta waktu untuk healing atau cooling down sejenak. Setelahnya, kamu bisa berkomunikasi lagi dengan pasangan.

Nah itu beberapa prinsip yang bisa kamu pegang ketika menjalin hubungan LDR ya. Semoga berhasil. 

imroatus solihah Photo Community Writer imroatus solihah

Mencari pengalaman di content writer, memiliki keahlian dalam berkoordinasi dengan tim dan proyek. Memiliki minat dalam menulis dan mengungkapkan ide secara luas. Terbiasa menulis dengan kemampuan self-editing dan memperhatikan struktur kalimat dan ejaan yang benar. Menawarkan komunikasi yang baik dan keterampilan berbicara di depan umum. Mencari peran entry-level dipenulis konten dan siap untuk mempelajari hal-hal baru secara detail. Mampu berpikir kreatif dan berinovasi mengikuti prosedur dalam organisasi untuk peningkatan kualitas yang berkelanjutan di dalam perusahaan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya