Comscore Tracker

5 Alasan Mengapa Kamu Harus Memaafkan Dirimu di Masa Lalu

Hidup terus berjalan dengan atau tanpa permasalahan

Tidak perlu menyalahkan diri sendiri ketika yang kamu inginkan tidak menjadi kenyataan. Hidup memang selalu seperti itu, ada kalanya kamu mengalami hal-hal yang tidak kamu inginkan. Semua itu bukanlah salahmu, dan kamu tidak perlu menyalahkan diri sendiri.

Mungkin kamu masih merasa kesal karena ketidakberdayaanmu di masa lalu. Karena itu maafkanlah dirimu. Kamu tidak harus melakukan semuanya dengan hebat. Akan tetapi kamu harus melakukan hal hebat dengan memaafkan dirimu di masa lalu agar bisa melangkah menuju masa depan yang cemerlang.

Jika memaafkan diri sendiri terasa sulit bagimu, ada baiknya kamu mencermati 5 alasan mengapa kamu harus memaafkan dirimu di masa lalu berikut.

Baca Juga: 5 Cara Hentikan Ucapan Negatif pada Diri Sendiri, Aku Hebat!

1. Tidak semua hal buruk yang terjadi di masa lalu karena salahmu

5 Alasan Mengapa Kamu Harus Memaafkan Dirimu di Masa LaluPexels.com/Charlotte May

Banyak kejadian yang terjadi di masa lalu dan tidak semuanya karena salahmu. Mungkin kamu ada salahnya juga, tetapi perlu diingat bahwa tidak semuanya adalah salahmu. Semua yang terjadi sudah berlalu, dan kamu tidak perlu menyalahkan dirimu terlalu dalam.

Ada baiknya kamu melihat dari sudut pandang lain agar mendapatkan perspektif yang berbeda. Ingatlah bahwa hal buruk yang terjadi di masa lalu harus diperbaiki sesegera mungkin. Menyalahkan dirimu bukanlah cara terbaik untuk memperbaikinya.

Bersemangatlah untuk hidup yang lebih baik. Maafkanlah dirimu dan ingatlah untuk terus memperbaiki diri.

Baca Juga: 7 Alasan Tak Perlu Melarang Teman yang Berhenti Ikut Arisan

2. Banyak hal lain di luar kendalimu

5 Alasan Mengapa Kamu Harus Memaafkan Dirimu di Masa LaluPexels.com/Andrea Piacquadio

Kamu bukanlah manusia super yang bisa mengendalikan semua keadaan. Ingatlah bahwa semua yang terjadi di luar kendalimu bukanlah salahmu. Jadi, kamu tidak perlu menyalahkan diri ketika kamu tidak bisa mengendalikan situasi saat ini.

Sadarilah bahwa apa pun yang terjadi, kamu tetap punya pilihan untuk mengambil keputusan. Saat menghadapi situasi di luar kendali, kamu tidak perlu menyalahkan diri atas ketidakmampuanmu. Kamu tetap bisa menghadapinya dengan mengambil sebuah keputusan yang tepat.

Terimalah keadaan di mana kamu memang tidak harus mengendalikan semuanya. Ingatlah bahwa apa pun yang terjadi, kamu tetap bisa mengambil keputusan yang tepat.

3. Kamu tidak sekuat yang kamu harapkan

5 Alasan Mengapa Kamu Harus Memaafkan Dirimu di Masa LaluPexels.com/Victor Freitas

Meski sudah berusaha sekuat tenaga, kamu tetap saja punya kelemahan yang mampu membuatmu jatuh tersungkur. Tidak usah menyalahkan diri ketika kamu tidak sekuat yang kamu harapkan. Kelemahanmu bukanlah salahmu. Kamu hanya perlu menyikapinya dengan benar.

Setiap orang punya batas kekuatannya masing-masing. Kamu tidak perlu menyalahkan diri ketika sudah berada di batas kemampuanmu. Terimalah kenyataan bahwa kamu tidak sekuat yang kamu pikirkan, dan kamu tetap punya kesempatan untuk hidup bahagia.

4. Hidup adalah pembelajaran

5 Alasan Mengapa Kamu Harus Memaafkan Dirimu di Masa LaluPexels.com/Tirachard Kumtanom

Setelah semua yang terjadi seharusnya kamu sudah mengerti bahwa hidup ini penuh dengan pembelajaran. Semua yang terjadi tidak terjadi begitu saja. Meski jatuh berkali-kali kamu tetap punya pilihan untuk terus melangkah maju. Belajar dari semua yang terjadi, ternyata kamu lebih hebat dari yang kamu pikirkan. Meski punya banyak kekurangan, kamu tetap punya pilihan untuk menjadi yang terbaik.

Maafkanlah dirimu dengan segala keterbatasan yang kamu miliki,. Ingatlah bahwa semua yang terjadi tidak semuanya salahmu. Teruslah bersemangat dan tidak putus asa untuk hidup yang lebih baik.

5. Hidupmu harus terus berjalan

5 Alasan Mengapa Kamu Harus Memaafkan Dirimu di Masa LaluPexels.com/Visually Us

Apa pun yang terjadi, hidupmu terus berjalan. Semua hal buruk yang terjadi tidak perlu kamu sesali terlalu dalam, tidak perlu menyalahkan diri. Terimalah kenyataan bahwa kamu tidak sekuat yang kamu harapkan, terimalah dirimu dengan segala keterbatasanmu.

Hidup terus berjalan dengan atau tanpa permasalahan. Kamu tidak akan bisa menjalani hidupmu dengan baik jika terus menyalahkan diri sendiri.

Maafkanlah dirimu dengan segala keterbatasannya. Maafkanlah dirimu dengan segala kesalahanmu. Karena semua yang terjadi tidak seutuhnya berada dalam kendalimu.

Dengan memaafkan diri, kamu akan jauh lebih tenang dalam menjalani hidup, dan mudah untuk melangkah ke depan.

Yusri Arryza Photo Community Writer Yusri Arryza

Finish what you started

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya