Comscore Tracker

5 Alasan Media Sosial Jadi Tempat Promosi Bisnis

Kuy, buruan promosi produkmu di medsos. Gak usah ragu!

Hampir semua orang kini memiliki smartphone, khususnya anak muda. Kebanyakan mereka juga memiliki media sosial (medsos) sebagai alat komunikasi dan hiburan. Beberapa di antaranya bahkan memanfaatkan medsos untuk mendapatkan penghasilan.

Berikut di bawah ini adalah lima alasan media sosial jadi tempat promosi bisnis, yuk simak ulasannya!

Baca Juga: 5 Dampak Negatif Terlalu Lama Bermain Media Sosial

1. Mengunggah produk maupun jasa dapat menjangkau pelanggan yang lebih luas

5 Alasan Media Sosial Jadi Tempat Promosi BisnisIlustrasi melihat komputer (Unsplash.com/Brookecagle)

Orang yang mempromosikan barang di medsos bukan hal yang asing lagi. Tak hanya barang, ada beberapa orang yang juga mempromosikan jasa seperti jasa foto katalog, jasa edit video, jasa membuat cover buku, dan masih banyak lagi. 

Selain menarik minat pelanggan, promosi di medsos juga membuat mereka dapat menjangkau pelanggan lebih luas dan banyak.

Baca Juga: 5 Ketakutan Penulis Pemula dan Cara Mengatasinya, Mulai Saja

2. Medsos sangat membantu untuk mengenalkan merek produk yang kamu tawarkan

5 Alasan Media Sosial Jadi Tempat Promosi BisnisIlustrasi mengenalkan produk (Unsplash.com/Wildlittlethingsphoto)

Penggunaan merek sangat penting di medsos. Sebab dapat memperlihatkan bahwa produk yang kamu buat berbeda dari produk lainnya. Jadi produk yang kamu tawarkan nanti diharapkan punya keunikan, yang bisa menjadi ciri khas.

Dengan media sosial, kamu memiliki kesempatan untuk mengenalkan merek tersebut kepada orang-orang. Berikan informasi juga tentang manfaat dari produkmu. Pelanggan akan mengukur kelebihan produk kamu dengan produk-produk lain yang juga promosi di media sosial.

3. Dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan

5 Alasan Media Sosial Jadi Tempat Promosi BisnisIlustrasi membuat produk (Unsplash.com/Jonathanborba)

Ketika produkmu dirasa memiliki kualitas yang bagus, secara otomatis kepercayaan pelanggan juga akan terbentuk. Mereka yang mendapatkan manfaatnya secara langsung dan puas, biasanya tidak akan ragu untuk mereferensikan produkmu ke pengguna medsos lainnya.

Tidak menutup kemungkinan dengan rekomendasi tersebut, semakin banyak pengguna lain yang penasaran dan berkunjung ke akun bisnis kamu. Pada akhirnya kamu akan memiliki pelanggan baru.

4. Komunikasi dengan pelanggan lebih mudah

5 Alasan Media Sosial Jadi Tempat Promosi BisnisIlustrasi interaksi dengan pelanggan (Unsplash.com/Austindistel)

Medsos memudahkan kamu untuk berinteraksi dengan pelanggan. Tidak hanya mengetahui reaksi pelanggan terhadap produk, komunikasi kamu dengan pelanggan juga menjadi lebih mudah dan cepat.

Bisa saja mereka juga akan mengeluhkan produkmu. Pada saat itu terjadi, sebaiknya kamu bisa cepat menanggapi keluhan atau masukan dari pelanggan tersebut.

5. Medsos dapat meningkatkan penjualan

5 Alasan Media Sosial Jadi Tempat Promosi BisnisIlustrasi berbelanja online (Unsplash.com/Brookelark)

Tujuan promosi tentu saja untuk meningkatkan penjualan. Ketika kepercayaan pelanggan mulai terbentuk, penjualanmu juga akan ikut meningkat seiring berjalannya waktu.

Apalagi pengguna medsos sekarang semakin banyak, jadi potensi orang untuk melihat produk kamu ikut meningkat. Promosi yang rutin akan membantu meningkatkan produk. 

Media sosial memang memiliki keuntungan jika dimanfaatkan dengan baik, satu di antaranya untuk memaksimalkan bisnis. Jadi buat kamu yang belum promosi di medsos, buruan. Tidak perlu ragu dan takut untuk memulainya. Kamu bisa melihat postingan bisnia orang lain sebagai bahan referensi.

Suandewi Oka Photo Community Writer Suandewi Oka

Stay happy!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya