Comscore Tracker

Penting Dikuasai! 5 Skill dalam Hidup yang Paling Bermanfaat

Kamu bisa menggunakannya kapan saja dan di mana saja

Memiliki skill, tentu tidak hanya diperlukan untuk menghadapi dunia kerja saja. Sebenarnya dalam kehidupan sehari-hari maupun pergaulan sosial, kamu juga perlu memiliki skill. Nantinya skill tersebut akan semakin mempermudahmu dalam melakukan sesuatu, terutama saat memasuki dunia kerja. 

Skill dapat membantu kamu untuk bisa menghadapi suatu masalah, baik yang sederhana maupun yang sedang genting sekalipun. Lalu skill apa saja yang perlu dikuasai? Nah berikut beberapa skill dalam hidup yang paling bermanfaat dan penting untuk dikuasai:

Baca Juga: 6 Akibat bila Suka Menjegal Karier Teman, Karier Sendiri Sulit Maju!

1. Skill dalam berkomunikasi secara efektif

Penting Dikuasai! 5 Skill dalam Hidup yang Paling Bermanfaatilustrasi bicara (pexels.com/Henri Mathieu-Saint-Laurent)

Sebagai makhluk sosial, tentunya skill komunikasi sangat diperlukan saat kamu berbicara dengan orang lain. Karenanya, skill dalam menciptakan komunikasi yang efektif bisa bermanfaat untukmu di mana saja dan kapanpun. Dengan bisa menciptakan komunikasi yang efisien, maka kamu dapat menyampaikan pesan dan informasi dengan baik pada lawan bicaramu. 

Dengan begitu, lawan bicaramu juga akan memahami apa sesungguhnya yang ingin kamu sampaikan. Kamu pun dapat meminimalisir terjadinya miskomunikasi atau salah paham menerima pernyataan lawan bicara. Memiliki skill komunikasi secara efektif juga akan membantumu ketika bersosialisasi dalam kehidupanmu sehari-hari. 

2. Skill mengelola waktu dengan efisien

Penting Dikuasai! 5 Skill dalam Hidup yang Paling Bermanfaatilustrasi mengelola waktu (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Mengapa skill mengelola waktu perlu kamu miliki? Karena skill tersebut dapat membantumu untuk memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya dan semaksimal mungkin. Kamu dapat melakukan hal-hal yang lebih bermanfaat dan memberikan pengaruh yang positif untuk hidupmu. Dampak positifnya, kamu pun jadi lebih produktif. 

Dengan skill mengelola waktu secara efektif dan efisien, akan membantumu untuk tidak melewatkan kesempatan yang datang padamu secara tiba-tiba. Kamu akan menyambut kesempatan tersebut dengan baik dan tidak akan menyia-nyiakannya.

Kamu menjadi pintar dalam memilah-milah, mana hal yang sebaiknya kamu lakukan dan mana yang seharusnya kamu tinggalkan karena memberikan dampak yang buruk bagi hidupmu. Oleh karena itu, kamu perlu menguasai skill ini agar menjadi lebih bijak dalam mengelola setiap kegiatan.

3. Skill membangun networking dengan orang lain

Penting Dikuasai! 5 Skill dalam Hidup yang Paling Bermanfaatilustrasi bangun networking (pexels.com/Maksim Goncharenok)

Skill dalam membangun networking tentunya kamu perlukan dalam kehidupan sehari-hari dan bermasyarakat. Apabila kamu menguasainya, maka akan menjadi mudah saat membangun kerja sama dengan orang lain. Kamu juga bisa saling bahu-membahu saat saling membutuhkan pertolongan satu sama lain. 

Skill membangun networking ini perlu kamu terapkan bukan hanya dengan orang-orang baru yang berada di sekitarmu. Namun juga teman-teman lama yang belakangan ini jarang kamu ajak komunikasi. Menjaga hubungan dengan teman lama juga perlu kamu lakukan ya. Membangun hubungan dengan orang lain juga akan membuatmu tidak merasa sendirian dan kesepian.  

4. Skill dalam memimpin

Penting Dikuasai! 5 Skill dalam Hidup yang Paling Bermanfaatilustrasi memimpin (pexels.com/Antony Trivet)

Skill dalam memimpin tidak hanya dalam dunia kerja saja. Namun juga dalam kehidupan sosial sehari-hari. Misalnya saat kamu melakukan diskusi terbuka atau terlibat kegiatan sosial bersama orang-orang di sekitarmu. Nah, di sini kamu bisa memimpin tim yang terbentuk di dalam kelompok tersebut.

Menjadi pemimpin dalam sebuah tim tentu tidaklah mudah. Apalagi jika kamu berhadapan dengan orang-orang yang pautan usianya terbilang cukup jauh. Begitu pula dengan latar belakang pendidikan dan tipe kepribadian yang beraneka ragam.

Oleh karena itu, diperlukan skill memimpin agar kamu bisa menciptakan tim yang memiliki visi dan misi yang sama. Dengan begitu kamu dapat mendelegasikan tugas dengan baik, membangun kerja sama yang solid, menjadi penengah saat terjadi perselisihan, dan mengambil solusi dengan bijak saat terjadi masalah. 

5. Skill public speaking

Penting Dikuasai! 5 Skill dalam Hidup yang Paling Bermanfaatilustrasi public speaking (pexels.com/fauxels)

Public speaking, kemampuan berbicara di depan umum atau dalam suatu kelompok. Skill ini penting untuk dikuasai agar kamu bisa memikat orang lain yang datang dan mereka tertarik untuk mendengar pembicaraanmu. 

Skill ini bisa membantu urusanmu berjalan lancar saat berhubungan dengan banyak orang. Kamu juga dapat mengajak orang lain untuk mengikuti atau melakukan suatu hal demi mencapai tujuan bersama. 

Bagaimana menurut kamu ulasan di atas? Jadi mulai kuasai ya lima skill yang nantinya akan paling bermanfaat dalam hidupmu.

Shella Rafika Sari Photo Community Writer Shella Rafika Sari

.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya