Comscore Tracker

Belajar Mandiri! 5 Cara Biar Gak Bergantung dengan Orang Lain

Pada akhirnya kamu harus berusaha menuntaskan sendiri

Mandiri sangatlah penting untuk diri sendiri. Kemandirian akan membuatmu menjadi lebih dewasa, baik dalam hal berpikir maupun bertindak. Kamu juga menjadi pribadi yang bertanggung jawab dan bisa diandalkan. Dengan begitu, kamu gak akan mengandalkan orang lain dalam hidupmu, termasuk pasanganmu sendiri. 

Kamu tak akan terbiasa membebani orang lain, termasuk pasangan sekalipun. Tidak mau merepotkan orang lain, itulah prinsip yang selalu kamu pegang. Bahkan jika bisa, jadilah orang yang membantu, menolong, dan memberikan manfaat pada orang lain di sekitar. Agar kamu bisa mandiri, gak selalu bergantung kepada orang lain, cobalah untuk melakukan lima cara di bawah ini ya:

Baca Juga: 5 Tips Menghilangkan Prasangka Buruk Terhadap Pasangan

1. Tanamkan semangat untuk menyelesaikan tugas sendiri

Belajar Mandiri! 5 Cara Biar Gak Bergantung dengan Orang LainIlustrasi serius bekerja. (Pexels.com/Tirachard Kumtanom)

Memiliki keinginan untuk menyelesaikan semua hal sendiri akan membuatmu berusaha untuk bisa melakukannya. Karena tanpa adanya keinginan dari dalam diri sendiri, maka kamu akan menjadi kurang termotivasi untuk menyelesaikannya. Oleh karena itu, kamu harus memiliki keinginan dan niat dari dirimu sendiri terlebih dahulu agar tidak bergantung dan menyandarkan hidupmu pada orang lain. 

Dengan begitu, kamu gak akan membiasakan dirimu meminta tolong sebelum berusaha sendiri terlebih dahulu. Kamu justru akan berusaha mencari cara agar bisa menyelesaikan segala hal yang telah kamu mulai. Termasuk saat ada masalah yang datang, kamu mencoba untuk memecahkan permasalahan tersebut dengan usahamu sendiri. 

2. Bertanggung jawab terhadap semua hal yang telah kamu lakukan

Belajar Mandiri! 5 Cara Biar Gak Bergantung dengan Orang Lainfreepik.com/teksomolika

Biasakan dirimu untuk berpikir terlebih dahulu sebelum melakukan sesuatu. Pikirkan segala dampak dan konsekuensi yang akan kamu dapatkan jika kamu melakukannya. Dengan begitu kamu juga akan meminimalisir kesalahan yang akan terjadi. Namun jika memang nyatanya ada masalah yang datang dan tak bisa dihindari, maka bertanggung jawablah.

Jangan pernah menghindari masalah. Apalagi sampai berdalih dengan berbagai macam alasan. Jadilah pribadi yang dewasa dan mandiri dengan bertanggung jawab terhadap semua hal yang telah kamu lakukan sendiri. Dengan begitu kamu akan terbiasa menyelesaikan apa yang kamu mulai dan gak selalu minta bantuan pada orang lain, termasuk pasanganmu. 

3. Percaya pada kemampuan diri sendiri

Belajar Mandiri! 5 Cara Biar Gak Bergantung dengan Orang Lainilustrasi bekerja (pexels.com/ThisIsEngineering)

Mereka yang suka mengandalkan orang lain biasanya karena gak percaya bahwa mereka bisa melakukannya sendiri. Oleh karena itu, kamu perlu memiliki kepercayaan diri bahwa kamu bisa melakukannya sendiri tanpa perlu meminta bantuan orang lain, sekalipun itu pasanganmu sendiri. 

Jika kamu saja gak percaya pada kemampuanmu sendiri, lalu bagaimana orang lain akan percaya padamu? Oleh karena itu, yakinlah bahwa kamu bisa. Ingatkan selalu dirimu bahwa kamu memiliki kemampuan untuk bisa mengatasi dan menyelesaikan semua urusan pribadimu. Apalagi jika kamu selalu berusaha dengan maksimal dan bersungguh-sungguh. Pasti akan ada solusinya. 

4. Berusaha mandiri secara finansial

Belajar Mandiri! 5 Cara Biar Gak Bergantung dengan Orang Lainilustrasi kemandirian finansial (pexels.com/Yan Krukov)

Semakin kamu dewasa, maka akan semakin banyak kebutuhan yang harus dipenuhi. Oleh karena itu, berusahalah untuk mencarinya sendiri. Jika kamu mampu melakukannya, maka jangan mengandalkan orang lain. Berusahalah untuk meringankan beban orang di sekitarmu, termasuk orangtua dan pasanganmu.

Apalagi jika kamu memiliki kemampuan untuk bisa mandiri secara finansial. Maka jauh lebih baik dengan tidak menjadi beban dari orang terdekatmu, tapi justru memberikan manfaat dengan membantu mereka.

5. Mulai mengatur kondisi mental dengan baik

Belajar Mandiri! 5 Cara Biar Gak Bergantung dengan Orang Lainilustrasi pikiran tenang (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Jadilah pribadi yang bisa mengelola kondisi mental dengan baik. Jangan mudah terpengaruh oleh omongan negatif orang lain. Apalagi sampai memikirkannya terlalu dalam. Misalnya kamu mudah terpengaruh saat orang lain mengatakan bahwa apa yang kamu lakukan tidak lebih baik dari hasil orang lain. Maka hal tersebut akan membuatmu down dan akhirnya kehilangan kepercayaan diri bahwa kamu bisa melakukannya sendiri. 

Ujung-ujungnya kamu malah meminta bantuan orang lain karena kamu tidak yakin dengan kemampuan diri sendiri. Jika seperti itu, maka akan semakin sulit untukmu bisa berdiri sendiri. Jadi, kamu harus bisa mengelola kondisi mentalmu dengan baik agar bisa membentengi diri dari distraksi orang-orang yang toksik. 

Sekarang sudah tahu kan bagaimana caranya agar gak bergantung pada orang lain? Selamat mencoba ya!

Shella Rafika Sari Photo Community Writer Shella Rafika Sari

.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya