Comscore Tracker

Anti Stres dan Lelah Mental, 5 Tips Bermain Media Sosial 

Coba mulai berhenti oversharing ya!

Hidup di era digital membuat kebanyakan orang tidak bisa lagi dipisahkan dari media sosial. Memang media sosial dinilai memberikan berbagai keuntungan. Termasuk kamu dapat berkomunikasi dengan siapapun tanpa terhalang jarak.

Tapi, penggunaan media sosial yang tidak bijak justru bisa memicu lelah mental. Nah, agar terhindar dari stres hingga depresi, kamu bisa mengikuti beberapa tips di bawah ini saat menggunakan media sosial ya:

Baca Juga: 5 Tips Berhenti 'Ketagihan' Stalking Media Sosial Mantan, Stop Kepo!

1. Tidak menghakimi orang lain di media sosial

Anti Stres dan Lelah Mental, 5 Tips Bermain Media Sosial ilustrasi pria yang sedang bermain media sosial (pexels.com/EKATERINA BOLOVTSOVA)

Media sosial memang sering dijadikan tempat untuk beropini dan berkomentar. Saat ada seseorang yang terlihat melakukan kesalahan, maka akan dengan mudah dihakimi lewat media sosial.

Namun, menghakimi orang lain di medsos ternyata berdampak negatif untuk diri sendiri. Jika kamu melakukannya, kamu hanya akan menumpuk racun dalam diri, sehingga perlahan-lahan memunculkan stres dalam kehidupan sehari-hari.

2. Berhenti oversharing

Anti Stres dan Lelah Mental, 5 Tips Bermain Media Sosial ilustrasi orang yang memegang smartphone (pexels.com/Lisa Fotios)

Ketika kamu mengunggah sesuatu di media sosial, kamu mungkin secara tidak sadar sudah mengumbar kehidupan pribadi secara berlebihan. Ternyata hal itu mampu memengaruhi tingkat stres.

Kamu tentu mengharapkan respons yang positif saat mengunggah apapun di media sosial. Tapi, jika yang kamu dapatkan tidak sesuai ekpektasimu, kamu pun akhirnya menjadi overthinking. Komentar negatif dari orang lain, justru akan membuatmu galau.

3. Tidak perlu membandingkan diri sendiri

Anti Stres dan Lelah Mental, 5 Tips Bermain Media Sosial ilustrasi perempuan yang sedang menggunakan smartphone (pexels.com/mikoto.raw photographer)

Segala sesuatu yang tampak di media sosial, bisa saja palsu atau pencitraan semata. Untuk itu, kamu tidak perlu menjadikan takaran kesuksesan lewat postingan orang lain.

Membandingkan diri sendiri dengan orang lain di media sosial hanya akan menimbulkan cemas, sebab kamu akan merasa terbelakang. Jika kamu merasa terganggu dengan orang yang oversharing, kamu bisa senyapkan akun tersebut.

4. Hindari berdebat dengan orang lain

Anti Stres dan Lelah Mental, 5 Tips Bermain Media Sosial ilustrasi orang yang mengetik di laptop (pexels.com/cottonbro studio)

Adanya kolom komentar di media sosial, menjadikan setiap orang bebas untuk berdiskusi. Namun, menciptakan diskusi yang sehat secara online, cukup sulit untuk dilakukan.

Terkadang, berbeda pendapat di medsos justru berakhir saling menghakimi. Kamu tidak perlu membuang waktu untuk berdebat di kolom komentar, sehingga kamu bisa terhindar dari stres.

5. Kurangi mengakses berita negatif dari media sosial

Anti Stres dan Lelah Mental, 5 Tips Bermain Media Sosial ilustrasi pria yang mengakses internet di smartphone (pexels.com/Matheus Bertelli)

Terlalu sering mengakses berita-berita buruk di media sosial, ternyata dapat menyebabkan stres hingga depresi, lho. Dengan menyerap berita buruk, mampu menimbulkan berbagai emosi negatif dalam diri.

Salah satu cara untuk menghentikan kebiasaan buruk tersebut yaitu dengan membatasi waktu dalam bermain media sosial. Sebagai gantinya, kamu bisa lebih fokus pada diri sendiri seperti melakukan aktivitas atau hobi produktif yang kamu sukai.

Dengan menerapkan lima tips di atas, dapat membantumu mengontrol berbagai emosi negatif yang berlebihan saat bermain media sosial. Yuk, lebih bijak dalam menggunakan media sosial!

Resti Salsabila Photo Community Writer Resti Salsabila

To love oneself is the beginning of a lifelong romance

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya