Comscore Tracker

5 Alasan Penting Kamu Harus Memaafkan Diri Sendiri

Jangan menyimpan dendam pada diri sendiri

Setiap orang pernah melakukan kesalahan, entah itu disadarinya atau tidak. Jadi wajar saja ketika muncul emosional karena penyesalan.

Ketika rasa itu muncul, cobalah untuk introspeksi diri, memperbaiki diri, dan bertanggung jawab atas apa yang kamu lakukan. Setelah itu ingatlah untuk berdamai dengan diri sendiri. Sebab inilah cara untuk memaafkan diri sendiri.

Meski terkadang gak mudah, bagaimanapun kamu harus belajar untuk melakukannya. Berikut ini ada lima alasan penting mengapa kamu harus memaafkan diri sendiri. Apa saja? Yuk simak penjelasannya berikut ini.

Baca Juga: 5 Alasan Hidup Kamu Harus Gelisah, Gak Melulu Buruk

1. Untuk menjaga kesehatan mental

5 Alasan Penting Kamu Harus Memaafkan Diri Sendiriilustrasi perempuan menoleh (pexels.com/Los Muertos Crew)

Selain belajar memaafkan kesalahan orang lain, kamu juga harus belajar cara untuk memaafkan diri sendiri. Itu alasan penting demi menjaga kesehatan mental. Nyatanya, membenci diri sendiri akan berdampak buruk dalam jangka panjang.

Alhasil, kamu pun merasa gak berharga hingga cenderung mengalami depresi. Jangan sampai hal ini terjadi, ya! Belajarlah untuk berdamai dengan diri sendiri, maka kamu akan lebih tenang menjalani hari-harimu.

2. Kamu gak bisa mengubah masa lalu

5 Alasan Penting Kamu Harus Memaafkan Diri Sendiriilustrasi perempuan melamun (pexels.com/Anastasia Shuraeva)

Terus menerus marah hingga membenci diri sendiri nyatanya hanya akan  memperkeruh kehidupanmu. Ingat, bahkan setelah kamu melakukan hal itu tetap saja masa lalumu gak akan berubah.

Jadi, cobalah untuk berdamai dengan diri sendiri dan ubahlah masa lalumu sebagai pelajaran untuk melangkah ke depan.

3. Mengerti makna memaafkan yang sesungguhnya sehingga lebih mudah memaafkan orang lain

5 Alasan Penting Kamu Harus Memaafkan Diri Sendiriilustrasi perempuan tersenyum (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Alasan penting selanjutnya adalah kamu jadi mengerti makna dari memaafkan itu sendiri, jika berhasil memaafkan diri sendiri. Tentu kamu pun jadi lebih mudah untuk memaafkan orang lain.

Ini karena kamu gak pernah menyimpan dendam pada siapa pun, apalagi diri sendiri.

Baca Juga: 6 Quotes Populer yang Maknanya Sering Disalahartikan

4. Setiap orang pernah berbuat salah dan berhak berdamai dengan masa lalu

5 Alasan Penting Kamu Harus Memaafkan Diri Sendiriilustrasi pria merenung (pexels.com/mentatdgt)

Seperti penjelasan sebelumnya, setiap orang pernah berbuat salah. Jadi, setiap orang berhak untuk berdamai dengan masa lalu. Kamu juga harus belajar untuk berlapang dada.

Jika bisa mengontrol diri dan berdamai dengan masa lalu, maka kamu bisa lebih fokus untuk merencanakan masa depan yang lebih baik.

5. Memberikan kesempatan diri untuk jadi pribadi yang lebih baik

5 Alasan Penting Kamu Harus Memaafkan Diri Sendiriilustrasi pria duduk (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Alasan yang gak kalah penting lainnya adalah karena untuk memberikan diri kesempatan menjadi lebih baik. Jangan sampai kamu hanya mengedepankan ego saja hingga menyimpan amarah pada diri sendiri. Apa pun yang dilakukan pada saat marah, biasanya akan menghasilkan sesuatu yang kurang baik dan gegabah.

Bayangkan, bagaimana hidupmu berjalan jika menghabiskan waktu hanya untuk menyimpan dendam? Tentu saja hidupmu selalu merasa gak tenang dan terus-menerus akan dihantui rasa bersalah.

Jadi cobalah untuk berdamai dengan masa lalu. Setiap orang memiliki kesempatan untuk berubah jadi lebih baik. Namun ingat, jangan pernah sia-siakan kesempatan yang kamu miliki saat ini, karena biasanya kesempatan tidak datang dua kali.

Vera Yunii Photo Community Writer Vera Yunii

Senang menulis untuk berbagi informasi :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya