Comscore Tracker

Sederhana Lho! 5 Bentuk Kasih Sayang kepada Hewan

Tidak menyakiti mereka saja sudah cukup lho

Manusia dan hewan kerap hidup berdampingan. Hewan juga perlu tempat dan kehidupan yang aman kan? Dalam hal ini, manusia juga memiliki peran penting dalam menjaga keseimbangan alam, khususnya menjaga keberlangsungan hidup hewan.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan sebagai bentuk rasa kasih sayang kepada hewan. Termasuk dengan tidak menyiksa atau menyakiti mereka. Sederhana lho, nah berikut ini beberapa bentuk kasih sayang kepada hewan:

Baca Juga: 5 Tips Menghilangkan Prasangka Buruk Terhadap Pasangan

1. Memberi makan dan minum

Sederhana Lho! 5 Bentuk Kasih Sayang kepada Hewanilustrasi kucing sedang makan (pexels.com/Magda Ehlers)

Hewan juga bagian dari makhluk hidup. Mereka juga membutuhkan makan dan minum untuk mendapatkan energi. Tanpa makan dan minum, mereka akan mengalami kelaparan. Jika hal ini dibiarkan, mereka bisa mati.

Apabila kamu menemukan hewan yang sedang kelaparan di lingkunganmu, ada baiknya memberinya makan. Jangan biarkan mereka mati karena tidak mendapatkan makanan. Mengasihi hewan yang sedang kelaparan adalah bentuk kasih sayang kepada mereka.

2. Merawat dan menjaganya dengan sepenuh hati

Sederhana Lho! 5 Bentuk Kasih Sayang kepada Hewanilustrasi menyayangi hewan (unsplash.com/Velizar Ivanov)

Apabila kamu memiliki hewan peliharaan, seperti kucing, anjing, atau hewan lainnya, merawat mereka dengan baik adalah suatu keharusan. Jangan hanya dijadikan sebagai peliharaan saja. Melainkan juga beri kasih sayang dan perhatian.

Selain itu, jika kamu memiliki waktu dan dana yang cukup, tidak ada salahnya kamu memelihara hewan yang telantar. Kamu bisa membuat keputusan untuk mengadopsi mereka. Memelihara hewan dengan baik dan penuh kasih sayang merupakan sikap yang mulia lho. 

3. Jangan menyakiti dan menyiksa hewan-hewan

Sederhana Lho! 5 Bentuk Kasih Sayang kepada Hewanilustrasi menyayangi hewan (unsplash.com/Paul Hanaoka)

Seandainya kamu belum mampu memelihara hewan di rumah, setidaknya jangan pernah berperilaku buruk terhadap mereka. Hewan juga membutuhkan tempat tinggal dan perlindungan. Sebagai manusia, menjadi bagian dari kewajiban untuk melestarikan dan menjaganya.

Penyiksaan terhadap hewan merupakan tindakan yang buruk. Seseorang bisa dikenakan hukuman apabila ketahuan menyakiti dan menyiksa hewan. Oleh karena itu, janganlah sesekali memperlakukan hewan dengan kejam.

4. Menolong hewan saat dalam kesulitan

Sederhana Lho! 5 Bentuk Kasih Sayang kepada Hewanilustrasi menolong hewan (pixabay.com/Roshan Bhatia)

Sikap tolong menolong tidak hanya kepada manusia saja, melainkan juga kepada hewan. Jika suatu ketika kamu menemukan hewan yang terjebak, sebisa mungkin tolong mereka. Jangan dibiarkan begitu saja.

Sikap saling tolong menolong harus kita tanamkan sejak dini. Sikap tolong menolong tidak akan membuat kita rugi. 

5. Menjaga habitat satwa liar dari kerusakan

Sederhana Lho! 5 Bentuk Kasih Sayang kepada Hewanilustrasi satwa liar (pixabay.com/Hashan)

Terakhir, bentuk kasih sayang kita kepada hewan bisa kita tunjukkan dengan cara menjaga habitat mereka. Saat ini, keberlangsungan hidup hewan liar sudah sangat memprihatikan. 

Agar tidak terjadi kepunahan, kita tidak hanya menjaga kelestarian habitatnya saja. Kita juga tidak diperkenankan memburu satwa liar. Memburu hewan yang dilindungi termasuk tindakan kriminal. Jadi, sebagai bentuk kasih sayang kepada hewan, sebaiknya jangan memburu dan merusak habitat mereka, ya!

Ada banyak cara yang bisa kita lakukan sebagai bentuk rasa kasih sayang kepada hewan, termasuk lima hal di atas. Apakah kamu punya cara yang lain?

Fauzan Fadhilah Photo Community Writer Fauzan Fadhilah

"Tak harus menjadi seperti orang lain, karena kita memiliki ranahnya masing-masing."

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya