Comscore Tracker

Jangan Sampai Terpuruk, 5 Tips Bodo Amat dengan Komentar Orang Lain

Hempaskan semua omongan yang membuat diri down ya

Apakah kamu tipe orang yang selalu memikirkan komentar orang lain? Apabila komentar tersebut bersifat membangun, tentu bagus untuk kamu dengarkan. Tapi bagaimana kalau ternyata isinya hanya hal-hal yang negatif? Tentu tidak akan efektif dan membangun. Namun malah membuat kamu menjadi down. 

Yuk, jangan biarkan komentar mereka menurunkan kepercayaan dirimu. Lalu bagaimana caranya agar tidak terpengaruh dengan omongan mereka? Nah berikut tips bodo amat dengan komentar orang lain:

Baca Juga: 5 Cara Menemukan Pasangan yang Pas, Dia Selalu Ada saat Suka dan Duka 

1. Ubah dulu mindset kamu tentang pikiran orang lain

Jangan Sampai Terpuruk, 5 Tips Bodo Amat dengan Komentar Orang Lainilustrasi bertemu dengan orang lain (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Biasanya saat bertemu dengan orang lain, kamu terlalu fokus untuk memikirkan apakah mereka akan menyukaimu atau tidak. Pikiran seperti itu akan membuatmu melakukan sesuatu dengan segala cara yang membuat mereka nyaman. Walaupun sebenarnya kamu merasa gak nyaman.

Hal ini jika dibiarkan akan berdampak buruk ke kamu lho. Kamu bisa menjadi labil dan kehilangan rasa percaya diri. Jangan cemas ya. Bisa jadi saat kamu memikirkan hal itu, orang lain pun memikirkan hal yang sama. 

2. Sadarilah bahwa orang lain gak benar-benar peduli dengan kamu

Jangan Sampai Terpuruk, 5 Tips Bodo Amat dengan Komentar Orang Lainilustrasi berpikir positif membuat bahagia (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Pikiran manusia tentu selalu berubah-ubah. Mungkin saat ini mereka berpikir bahwa kamu buruk. Tapi, di masa depan, pikiran mereka bisa berbeda seketika.

Jadi, tetap berpikir positif saja dan lakukan hal yang baik. Seiring berjalannya waktu dan mereka sudah mengetahui hal sesungguhnya tentang dirimu, akan sangat besar kemungkinan pandangannya tentang kamu akan berubah. 

3. Kenali dan pahamilah dirimu secara lebih dalam

Jangan Sampai Terpuruk, 5 Tips Bodo Amat dengan Komentar Orang Lainilustrasi melayani (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Apa saja yang kamu suka dan membuatmu bahagia serta nyaman? Lakukan saja hal itu tanpa harus mendengarkan komentar atau pendapat orang lain yang gak bersifat membangun. Apalagi sampai membuatmu batal menjalankan hobi yang kamu senangi. 

Apabila saat ini usaha dan kerja kerasmu dipandang sebelah mata, biarkan saja. Apalagi jika kamu melakukan hal yang wajar dan gak merugikan orang lain. Anggap saja komentar negatif orang lain hanya angin lalu saja.

4. Latih dan jadilah pribadi yang mandiri

Jangan Sampai Terpuruk, 5 Tips Bodo Amat dengan Komentar Orang Lainilustrasi perempuan mandiri (pexels.com/fauxels)

Sadarilah bahwa gak ada satu orang pun di dunia ini yang bisa disukai oleh semua orang. Gak ada satu orang pun juga yang gak disukai oleh semua orang. Sebaik apapun kamu, pasti ada saja orang yang memandangnya sinis. Ingatlah bahwa setiap orang punya cara pandangnya masing-masing. 

Menjadi pribadi yang mandiri akan membuatmu gak berpengaruh pada komentar orang lain. Asalkan kamu sudah melakukan yang terbaik dan kamu merasa bahagia, teruslah jalani. Kamu berhak menjalani hidupmu dengan damai tanpa menghiraukan komentar negatif dari orang lain.

5. Jadilah versi terbaik dari diri kamu sendiri

Jangan Sampai Terpuruk, 5 Tips Bodo Amat dengan Komentar Orang Lainilustrasi berbahagia (pexels.com/Jonathan Borba)

Tetap menjadi diri sendiri dan lakukan yang membuatmu bahagia. Ikuti kata hatimu. Tapi gak boleh egois juga ya. Tanamkan toleransi dalam dirimu. Sebagai makhluk sosial, kamu juga membutuhkan orang lain untuk menjadi lebih baik lagi. Dengarkan nasihat dan komentar yang membuatmu maju dan berkembang. 

Semangat untuk menjadi yang terbaik dari dirimu sendiri ya, bukan atas dasar komentar orang lain. Yakinlah bahwa usahamu akan membuahkan hasil yang baik. Buktikan bahwa selama ini mereka telah salah menilaimu.

Hidupmu adalah milikmu. Bukan hidup mereka. Manfaatkan waktu yang ada untuk melakukan hal yang positif. Tetaplah menjadi keren sesuai versi kamu sendiri dengan melakukan lima tips bodo amat atas komentar orang lain. 

Adelbertha Eva Y Photo Community Writer Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya