Comscore Tracker

Bangun Kepercayaan Diri Yuk! 5 Solusi Bagi Kamu yang Malu Berekspresi

Setiap orang pasti punya caranya masing-masing

Berekspresi termasuk bentuk pencerminan diri. Karakter tercermin dari ekspresi yang kamu tunjukkan. Oleh karena itu, jangan ragu dan malu untuk menunjukkan dirimu apa adanya kepada orang di sekitarmu. Mereka yang tahu bagaimana cara untuk berekspresi, biasanya juga paham apa yang dia inginkan dalam hidup ini.

Dia pun tahu hal-hal apa saja yang sudah sepantasnya dia dapatkan dari lingkungan sekitarnya. Namun sayangnya masih banyak orang yang malu untuk berekspresi. Bagi kamu yang juga mengalami kesulitan mengekspresikan diri, bisa coba beberapa solusi di bawah ini ya:

Baca Juga: Mengapa Penting Melatih Diri Berpikir Positif? Ini 5 Alasannya 

1. Cari tahu apa sesungguhnya yang membuat kamu merasa malu

Bangun Kepercayaan Diri Yuk! 5 Solusi Bagi Kamu yang Malu Berekspresiilustrasi perempuan sedang berpikir (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Rasa malu adalah hal yang wajar dialami oleh setiap orang. Rasa malu yang ada dalam diri orang berbeda-beda satu sama lainnya. Faktor penyebab seseorang merasa malu pun berbeda. Nah, dalam mengatasinya, pertama-tama, cobalah cari tahu hal-hal apa saja yang biasanya membuatmu merasa malu.

Apakah rasa malumu karena faktor kekurangan dalam diri? Apakah disebabkan oleh lingkungan sekitar atau karena trauma di masa lalu? Jangan pesimistis dan khawatir dulu ya. Setiap permasalahan pasti selalu ada solusinya, termasuk penyebab rasa malumu dalam berekspresi.

2. Tulislah hal-hal yang menyebabkan kamu sering merasa malu

Bangun Kepercayaan Diri Yuk! 5 Solusi Bagi Kamu yang Malu Berekspresiilustrasi sedang menulis (pexels.com/George Milton)

Solusi berikutnya yang perlu kamu lakukan agar lebih berani dalam berekspresi yaitu dengan membuat catatan atau tulisan mengenai hal-hal yang menjadi penyebab kamu sering merasa malu. Tulislah satu per satu dan carilah solusi untuk mengatasinya dengan cara-cara yang membuatmu nyaman. 

Setelah kamu menuliskannya, lalu bacalah hal tersebut beberapa kali. Jadikan kegiatan membaca tulisan tersebut sebagai rutinitas harianmu. Kegiatan ini sangat ampuh untuk mengatasi rasa malumu. Harapannya, dengan begitu kamu akan lebih berani untuk berekspresi. 

3. Ubahlah pola pikirmu yang kurang tepat

Bangun Kepercayaan Diri Yuk! 5 Solusi Bagi Kamu yang Malu Berekspresiilustrasi orang yang memiliki pola pikir terbuka (pexels.com/Leohoho)

Rasa malu untuk berekspresi sering muncul hingga menjadi hal-hal yang membebani pikiranmu karena biasanya kamu terlalu memikirkan tentang pendapat orang lain. Percayalah, bahwa orang-orang di sekitarmu sebenarnya gak terlalu memikirkan dan memperhatikan secara detail dan mendalam.

Belajarlah untuk mengubah pola pikirmu yang kurang tepat itu. Sadarilah bahwa sebenarnya orang lain gak akan terlalu mencampuri urusan pribadimu. Dengan menanamkan pola pikir seperti itu, maka kamu akan terbebas dari belenggu rasa malu yang selama ini kerap membuatmu menjadi takut untuk berekspresi.

4. Belajarlah untuk berinteraksi dan membangun hubungan sosial dengan orang lain

Bangun Kepercayaan Diri Yuk! 5 Solusi Bagi Kamu yang Malu Berekspresiilustrasi berkegiatan positif bersama teman (pexels.com/cottonbro)

Solusi jitu untuk mengatasi perasaan malu yang membuatmu ragu untuk berekspresi yaitu dengan cara memberanikan diri berinteraksi dengan orang-orang di sekitarmu. Beranikan dirimu untuk keluar dari zona nyaman. Kemudian mulailah untuk berkenalan dan melakukan interaksi dengan sosial.

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan, di antaranya mengikuti kegiatan bersama teman-teman, bergabung dalam komunitas yang memiliki hobi serupa denganmu, mengikuti kegiatan seminar yang sesuai minatmu, dan kegiatan lainnya. Nah, dari kegiatan tersebut nantinya kamu akan bertemu dan berkenalan dengan orang-orang baru. Yakinlah, hal tersebut efektif untuk membantumu dalam meningkatkan kemampuan bersosialisasi.

5. Ulangi dan teruslah latih diri untuk bersosialisasi

Bangun Kepercayaan Diri Yuk! 5 Solusi Bagi Kamu yang Malu Berekspresiilustrasi percaya diri saat bersosialisasi (pexels.com/cottonbro)

Temukanlah berbagai jenis kegiatan bersama orang yang kamu sukai. Melakukan hal yang disukai dapat membuatmu merasa nyaman ketika menjalaninya. Saat kamu nyaman dan senang, maka untuk berekspresi pun akan lebih mudah. Bagi kamu yang masih merasa malu dan ragu, gak perlu memaksakan diri. Tetaplah coba memberanikan diri untuk bersosialisasi secara perlahan.

Kuncinya adalah terus melatih diri untuk bersosialisasi dengan orang-orang baru. Cara ini akan sangat membantumu agar lebih berani dan percaya diri untuk mengekspresikan diri. Berlatihlah dulu dari hal-hal yang sederhana, seperti belajar membuka obrolan dengan orang baru. Seiring berjalannya waktu, kamu yang dulunya malu, bakal gak takut lagi untuk berekspresi. Selamat mencoba beberapa solusi di atas ya!

Adelbertha Eva Y Photo Community Writer Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya