Comscore Tracker

Selalu Boros Gunakan Uang, Ini 5 Solusi untuk Mengatasinya

Jangan sampai kamu terus meminjam dan merugikan teman 

Apabila selama ini menjelang akhir bulan kamu selalu kehabisan uang, sepertinya ada kebiasaan yang salah dalam penggunaan uang yang membuatmu selalu kebingungan terkait finansial. Apakah kamu memang tergolong orang yang tidak bisa berhemat? Selalu belanja, membeli makanan dan minuman secara berlebihan.

Lalu bagaimana cara mengatasi kebiasaan boros tersebut? Berikut beberapa solusi yang bisa kamu coba agar kebiasaan kurang hemat dalam penggunaan uang bisa segera teratasi. Dengan begitu, kamu gak akan boros lagi dan bisa menyisihkan pendapatan untuk kebutuhan di masa depan.

Baca Juga: Tak Ada Modal dan Pengalaman? Ini 5 Tips Biar Berani Mulai Berbisnis

1. Tegaskan diri untuk mulai menabung 

Selalu Boros Gunakan Uang, Ini 5 Solusi untuk Mengatasinyailustrasi menyisihkan pendapatan untuk menabung (pexels.com/Karolina Grabowska)

Menabung menjadi solusi jitu agar kamu gak berlebihan dalam menggunakan uang. Apalagi hanya untuk membeli sesuatu yang sebenarnya kurang dibutuhkan. Belajarlah membiasakan diri untuk mulai menabung. Tegaskan dirimu dalam membangun kebiasaan ini.

Mengapa kamu harus mulai menabung? Sebab ini merupakan bagian dari dana darurat. Jika suatu saat terjadi hal-hal yang gak diinginkan, kamu sudah memiliki cadangan dana. Utamakan kebutuhan pokok terlebih dulu. Pastikan juga, setelah kamu menerima pendapatan, langsung sisihkan sebagian penghasilan untuk dimasukkan ke tabungan.

2. Hindari menambah jumlah utang 

Selalu Boros Gunakan Uang, Ini 5 Solusi untuk Mengatasinyailustrasi seseorang sedang meminjam uang (pexels.com/Karolina Grabowska)

Hal berikutnya yang bisa menjadi solusi bagi kamu yang kurang hemat dalam menggunakan uang yaitu berusahalah untuk menghindari utang. Ketika saat ini kamu sudah memiliki utang, entah kepada teman atau siapa saja, maka janganlah menambah utang yang lainnya.

Kendalikan dirimu, berupayalah untuk melunasi utang yang belum terbayarkan terlebih dulu. Setelah semuanya lunas, tahan diri untuk jangan berutang kembali. Apalagi dengan yang berbunga tinggi. Kebiasaan berutang dapat menjadi sesuatu yang malah memicu keborosan.

3. Buatlah anggaran keuangan secara rutin 

Selalu Boros Gunakan Uang, Ini 5 Solusi untuk Mengatasinyailustrasi membuat anggaran keuangan (pexels.com/Karolina Grabowska)

Dengan membuat anggaran keuangan secara rutin, kamu dapat melihat dan mengevaluasi diri apabila ada sesuatu yang sebenarnya kurang perlu. Coba kamu cek lagi bagian pendapatan dan pengeluarannya, apakah seimbang atau malah berlebihan dalam melakukan pengeluaran.

Apabila bagian pengeluaran terlalu membengkak, evaluasi lagi pengeluaran apa saja yang masih bisa ditunda, dikurangi, atau bahkan gak perlu dilakukan. Hal itu agar kamu bisa berhemat. Maka bijaksanalah dalam mengeluarkan uang untuk membeli sesuatu. Selama kebutuhan pokok sudah terpenuhi untuk pemenuhan kebutuhan yang sifatnya keinginan, sebaiknya bisa kamu kurangi lagi.

4. Hindari segala bentuk godaan yang membuatmu menghabiskan uang

Selalu Boros Gunakan Uang, Ini 5 Solusi untuk Mengatasinyailustrasi berbelanja online (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Dalam mengendalikan diri agar bisa lebih berhemat, kamu perlu menghindari segala bentuk godaan yang biasanya selalu membuatmu menghabiskan uang. Misalnya, ketika, kamu mengetahui ada promo-promo yang besar dan kerap membuatmu menjadi lupa diri saat berbelanja. Begitu juga ketika melihat barang yang disukai, tanpa berpikir panjang kamu langsung membeli, dan godaan-godaan mengeluarkan uang secara berlebihan lainnya.

Sebisa mungkin hindarilah jika kamu sudah tahu itu adalah pemicunya. Maka, menjauhlah dari hal-hal tersebut. Kamu memang harus melawan keinginan diri yang mengarah ke hal negatif ini. Mungkin terasa sulit, tapi percaya dan yakinlah kamu bisa melakukannya. Jangan terlalu sering datang ke pusat perbelanjaan jika itu memang selalu membuatmu jadi sulit untuk berhemat.

5. Jadikan pola hidup hemat dan sederhana sebagai kebiasaan 

Selalu Boros Gunakan Uang, Ini 5 Solusi untuk Mengatasinyailustrasi orang menjalani pola hidup sederhana (pexels.com/SHVETS production)

Kebiasaan adalah sesuatu yang memengaruhi masa depan, termasuk kebiasaan hidup hemat dan sederhana. Bagi kamu yang selama ini kurang hemat dan bijaksana dalam menggunakan uang, mulai sekarang, jadikan pola hidup sederhana sebagai sebuah kebiasaan baru.

Teruslah belajar dan mencobanya. Jika masih gagal, itu bukan masalah karena membangun kebiasaan memang membutuhkan proses dan waktu. Gak perlu terlalu keras kepada diri sendiri saat gagal menjalani pola hidup hemat dan sederhana ini. Sebab yang terpenting adalah niat, tekad, usaha, dan fokus untuk melakukan penghematan dalam keuangan, seperti anggaran yang sudah kamu buat sebelumnya.

Mengapa kamu perlu berhemat mulai dari sekarang? Sebab kamu harus bisa menjamin kebutuhan di masa depan tercukupi. Bagi kamu yang masih kurang hemat dalam penggunaan uang, lima solusi di atas bisa membantumu dalam mengatasi kebiasaan boros selama ini.

Ingatlah bahwa kamu gak bisa selamanya bekerja lho. Usia produktif seseorang dalam bekerja itu ada batasnya. Maka, alokasikanlah dana yang kamu hasilkan dari bekerja untuk masa depan. Janganlah kamu habiskan semuanya di masa sekarang sebab kamu gak pernah tahu, apa yang terjadi di masa yang akan datang.

Adelbertha Eva Y Photo Community Writer Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya