Comscore Tracker

4 Doa Hindu Memohon Kesembuhan, Menjenguk Orang Sakit Hingga Melayat

Berdoanya harus tulus ya. Pikirannya tidak ke mana-mana

Setiap orang pasti pernah mengalami sakit sebagai siklus kehidupan yang harus dijalaninya. Selain mengobati secara fisik, berdoa juga termasuk jalan spiritual untuk memohon kesembuhan. Sebagai sesama, ada kalanya mendoakan kesembuhan orang lain adalah tabungan karma yang baik. Termasuk mendoakan kepergian seseorang yang telah meninggal dunia agar mendapat terbaik di sisi Tuhan Yang Maha Esa.

Setiap agama tentu memiliki doa-doa tertentu yang dirapal untuk memohon kesembuhan dan ketenangan atas kepergian seseorang. Meski menggunakan bahasa yang berbeda, namun setiap doa memiliki esensi dan tujuan yang sama. Yaitu memohon perlindungan Tuhan Yang Maha Esa secara tulus.

Berikut ini empat doa Hindu untuk memohon kesembuhan, menjenguk orang sakit, hingga mendoakan orang yang sudah meninggal:

Baca Juga: 7 Doa Agama Hindu Supaya Mendapatkan Kedamaian Hidup

1. Doa Hindu memohon kesembuhan

4 Doa Hindu Memohon Kesembuhan, Menjenguk Orang Sakit Hingga MelayatIlustrasi. ANTARA FOTO/Fauzan

Doa memohon kesembuhan yang pertama yakni menggunakan Mantra Gayatri. Ini mantra yang paling penting dan dianggap paling pokok, bahkan menjadi ibu dari segala mantra. Doa ini merupakan doa yang universal yang bertujuan memohon sinar Tuhan untuk melebur dosa, penderitaan dan kesedihan. Berikut doanya :

Om Bhur bhuvah svaha

Tat Savitur Warenyam

Bhago devasya Dhimahi

Dhiyo yo Nah Pracodayat

Artinya:

Ya Tuhan, Engkau adalah pemberi hidup. Pelebur rasa sakit, penderitaan dan kesedihan. Perwujudan dan pemberi kebahagiaan. Oh! Pencipta alam semesta, semoga kita menerima cahaya-Mu yang meleburkan dosa kita. Semoga Engkau menuntun akal budi/pikiran kita ke arah yang benar.

2. Doa Hindu memohon penderitaannya dibinasakan

4 Doa Hindu Memohon Kesembuhan, Menjenguk Orang Sakit Hingga MelayatIDN Times/Irma Yudistirani

Mantra memohon kesembuhan yang kedua dipanjatkan kepada Tuhan agar seseorang yang sedang sakit bisa terlepas dari penyakit dan segala penderitaan yang membelenggunya. Berikut isi doanya:

Om Sarva Vighna, Sarva Klesa, Sarva Lara Roga Vinasa Ya Namah Svaha.

Artinya:

Om Sang Hyang Widhi Wasa, semoga segala halangan, segala penyakit, segala penderitaan dan gangguan binasa oleh-Mu.

Baca Juga: 6 Doa Hindu Tuntunan Berumah Tangga, Biar Semakin Harmonis

3. Doa memohon agar rasa takutnya teratasi

4 Doa Hindu Memohon Kesembuhan, Menjenguk Orang Sakit Hingga MelayatIDN Times/Rehuel ​Willy Aditama

Tanpa disadari orang yang sedang sakit atau terbaring lemah memiliki perasaan yang tidak stabil. Rasa takut seperti akan terjadi sesuatu pada dirinya memerlukan pengendalian pikiran dan perasaan bagi pasien yang sedang sakit. Berikut doa Hindu untuk mengatasi rasa takut:

Om tryambhakam yajamahe

Sugandhim pusti vardhanam

Unvarukam iva bhandanat

Mrtyor muksiya mamtart

Artinya:

Ya Tuhan, hamba memuja Hyang Tryambakam/Rudra yang menyebarkan keharuman dan memperbanyak makanan. Engkau yang Bermata Tiga, hamba bermeditasi kepada-Mu. Yang menembus dan memelihara semua seperti wewangian. Semoga kita dibebaskan dari kekuatan penyakit, perbudakan dan kematian demi keabadian.

4. Doa ketika mendengar seseorang telah meninggal dunia

4 Doa Hindu Memohon Kesembuhan, Menjenguk Orang Sakit Hingga MelayatIlustrasi ngaben. (IDN Times/Imam Rosidin)

Kematian adalah rahasia Tuhan. Kematian pasti akan datang, hanya waktu kedatangannya yang masih menjadi misteri. Meski seseorang telah pergi meninggalkan dunia fana ini, namun kita juga patut mengirimkan doa untuk mengantar kepergiannya menuju tempat yang lebih baik. Begini doa Hindu melayat atau ketika mendengar seseorang yang baru meninggal:

Om atma tattwatma naryatma swadah, Ang Ah.

Om swargantu, moksantu, sunyantu murcantu.

Om ksama sampurna ya namah swaha

Artinya:

Oh Hyang Widhi Wasa, semoga atma (yang meninggal) mendapat alam surga, alam moksa, mencapai keheningan, tanpa derita. Ampunilah segala dosanya, semoga ia mencapai kesempurnaan, demikian puja hamba.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya