Comscore Tracker

Kuncinya Kasih Sayang! 5 Cara Mempererat Hubungan Orangtua dan Anak 

Semuanya bisa diawali dari hal-hal yang sederhana

Hubungan orangtua dan anak kerap kali menjadi renggang karena hal yang tidak seharusnya terjadi. Orangtua tidak mengerti dan tidak tahu caranya agar bisa lebih dekat dengan anaknya, sehingga terjadi ketidakharmonisan hubungan orangtua dan anak yang menyebabkan anak menjadi tidak dekat dan tidak terlalu peduli dengan kehadiran orangtuanya.

Mempererat hubungan orangtua dan anak dapat dilakukan dengan berbagai cara, termasuk dengan saling berkomunikasi secara intens dan tidak melewatkan beberapa momen yang penting dalam kehidupannya. Nah berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan untuk membantu orangtua dalam mempererat hubungannya dengan sang anak:

Baca Juga: 5 Alasan Cowok Mau Menyayangi Orangtua Pacar Layaknya Orangtua Sendiri

1. Bermain bersama 

Kuncinya Kasih Sayang! 5 Cara Mempererat Hubungan Orangtua dan Anak ilustrasi orangtua dan anak

Bermain bersama sang anak adalah momen yang paling berkesan untuk perjalanan kehidupannya nanti. Banyak orangtua yang tidak memerhatikan masa perkembangan dan pertumbuhan sang buah hati karena terlalu sibuk dengan urusan dan pekerjaannya masing-masing.

Padahal dengan bermain bersama, anak akan memiliki satu memori penting dalam hidupnya. Bagaimana dia berinteraksi bersama-sama dengan orangtuanya dalam kegiatan yang seru.

Bermain bersama juga mampu meningkatkan hubungan antara orangtua dan anak dan bisa membangun satu kekuatan batin yang lebih kuat dan kehangatan yang mungkin belum pernah sang anak rasakan selama ini.

2. Mengerjakan tugas sekolah anak bersama

Kuncinya Kasih Sayang! 5 Cara Mempererat Hubungan Orangtua dan Anak ilustrasi orangtua dan anak(pexels.com/rodnaeproductions)

Anak biasanya mengalami beberapa kesulitan dalam mengerjakan tugas sekolahnya. Banyak dari mereka yang tidak mampu untuk mendapatkan pertolongan, baik itu dari temannya maupun dari orangtuanya di rumah.

Membantu anak dalam mengerjakan pekerjaan rumahnya dapat membantu mereka lebih percaya diri dan bisa mengerjakan semua tugas sekolahnya dengan baik dan benar. Dengan membantu dan menemani mereka dalam mengerjakan tugas hariannya, anak akan merasa terbantu dan mungkin saja itu akan meningkatkan hubungan yang selama ini kurang terjalin sempurna antara orangtua dan anak.

3. Membuat video lucu bersama

Kuncinya Kasih Sayang! 5 Cara Mempererat Hubungan Orangtua dan Anak ilustrasi orangtua dan anak(pexels.com/askarabayev)

Banyak orangtua yang merasa tidak perlu mengabadikan dirinya bersama sang anak karena selalu bersama dan tidak merasa bahwa itu adalah hal yang penting. Padahal dengan melakukan hal yang lucu dan menyenangkan bersama akan memberikan pemahaman akan pentingnya kehadiran orangtua mereka dalam kehidupannya nanti di masa depan.

Salah satu cara agar mereka mempunyai sebuah kenangan yang bisa mereka simpan seumur hidup adalah dengan melakukan beberapa kegiatan yang dapat diabadikan dalam satu rekaman, baik itu video maupun foto.

4. Makan bersama

Kuncinya Kasih Sayang! 5 Cara Mempererat Hubungan Orangtua dan Anak ilustrasi orangtua dan anak(pexels.com/askarabayev)

Makan bersama dengan anak akan memberikan kejutan yang luar biasa bagi hidupnya. Kesibukan orangtua dalam mencari nafkah, mungkin membuat mereka selalu kesepian.

Dalam momen makan bersama, komunikasi akan terjalin dan sang anak biasanya akan lebih senang dalam bertanya banyak hal. Jangan rusak momen itu dengan mengabaikan sang anak dan lebih peduli akan hal lain yang sebenarnya bisa ditunda untuk mengerjakannya di lain kesempatan.

5. Liburan bersama 

Kuncinya Kasih Sayang! 5 Cara Mempererat Hubungan Orangtua dan Anak ilustrasi orangtua dan anak(pexels.com/shotpot)

Jalan bersama sang anak akan memberikan mereka pengalaman hidup yang menyenangkan. Aturlah jadwal yang dapat memberikan mereka sebuah kegiatan seru bersama, misalnya kemah bersama atau memancing dan hal menyenangkan lainnya.

Hari libur seharusnya dimanfaatkan dengan baik dan benar dan tidak larut dalam pekerjaan yang membosankan dan tiada habisnya. Memerhatikan kegemaran dan kesukaannya dapat meningkatan hubungan yang selama ini kurang hangat karena kurangnya komunikasi yang terjadi antara orangtua dan anak.

Liburan bersama dapat mencairkan kebekuan tersebut dan berangsur menjadi sebuah kegiatan yang akan mempererat hubungan antara orangtua dan anak untuk ke depannya nanti.

Jangan habiskan waktumu hanya untuk bekerja dan bekerja saja. Namun mengabaikan perkembangan sang anak. Masa-masa kecil sang anak adalah momen yang tepat untuk melukis kenangan indah dalam memori mereka.

febi wahyudi Photo Community Writer febi wahyudi

Seorang pecinta alam dan menyukai dunia menulis serta membaca

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya