Comscore Tracker

5 Cara Menghilangkan Noda Krayon di Pakaian, Ikuti Step-nya

Biarkan si kecil bebas berkreasi tanpa takut kotor

Noda krayon adalah hal yang tidak terhindarkan jika memiliki anak-anak di rummah. Mereka asyik mengekspresikan imajinasi sehingga lupa menjaga pakaiannya agar tetap bersih. Namun, jangan khawatir. Kamu bisa menghilangkan noda krayon tersebut dengan cara mudah, sehingga tidak perlu membatasi kreasi anak.

Sebelum mulai membersihkannya, kamu juga harus memerhatikan label pada pakaian. Jika labelnya bertuliskan ‘dry clean only’, maka segera bawa ke jasa laundry profesional untuk menghindari kerusakan. Namun, jika pakaian berbahan kain yang tidak mudah rusak, beberapa langkah berikut bisa membantu.

Nah, dilansir dari Thespruce.com, berikut lima cara membersihkan noda krayon di pakaian.

Baca Juga: 6 Kesalahan Mencuci yang Bikin Pakaian Rusak, Risiko Bakteri

1. Melarutkan krayon dengan minyak

5 Cara Menghilangkan Noda Krayon di Pakaian, Ikuti Step-nyaIlustrasi krayon (pexels.com/Ida Rizkha)

Minyak berfungsi untuk melonggarkan krayon di pakaian. Kamu bisa menggunakan minyak apa pun, baik itu minyak goreng, mentega, ataupun mayones. Atau, bisa juga memanfaatkan pelumas semprot serbaguna WD-40 untuk proses yang lebih mudah.

Jika menggunakan pelumas, semprotkan ke titik pakaian yang bernoda krayon. Jangan lupa semprotkan juga bagian kain di baliknya ya. Jika kamu menggunakan jenis minyak yang berbeda, oleskan minyak pada kedua sisi noda menggunakan kain putih bersih.

Biarkan minyak bekerja selama 15 menit agar krayon larut sehingga lebih mudah untuk dibersihkan.

Baca Juga: 5 Cara Bersihkan Noda Air Warna Putih di Mebel Kayu

2. Mengikis noda krayon

5 Cara Menghilangkan Noda Krayon di Pakaian, Ikuti Step-nyaIlustrasi krayon (pixabay.com/Mari Kanezaki)

Setelah dilonggarkan dengan minyak, kamu bisa mengerik sisa-sisa krayon di pakaian menggunakan pisau tumpul atau ujung kartu kredit. Lakukan langkah ini secara perlahan ya agar material padat krayon terkikis habis.

3. Lanjutkan dengan deterjen

5 Cara Menghilangkan Noda Krayon di Pakaian, Ikuti Step-nyaIlustrasi deterjen (pixabay.com/Ken Boyd)

Setelah material krayon dikerik, gosokkan sedikit deterjen pencuci piring cair ke bagian noda yang diminyaki. Cairan pencuci piring sangat efektif untuk mengangkat noda minyak pada kain. Bisa juga menggunakan deterjen cucian dengan kualitas bagus.

Gosok deterjen pada noda menggunakan jari atau sikat berbulu lembut dan biarkan selama 15 menit.

4. Cuci dan keringkan

5 Cara Menghilangkan Noda Krayon di Pakaian, Ikuti Step-nyaIlustrasi mencuci (pexels.com/RODNAE Productions)

Cuci pakaian seperti biasa atau sesuai dengan label di pakaian. Boleh juga menggunakan mesin cuci dan air hangat. Periksa pakaiannya untuk memastikan semua bekas noda hilang sebelum dikeringkan. Jika noda tetap ada, jangan keringkan pakaian dan lanjutkan ke langkah berikutnya.

5. Rendam dengan campuran air hangat dan pemutih

5 Cara Menghilangkan Noda Krayon di Pakaian, Ikuti Step-nyaIlustrasi merendam cucian (pexels.com/Antony Trivet)

Jika noda benar-benar membandel, kamu bisa menggunakan alternatif lain saat melakukan perendaman. Rendam pakaian pada campuran larutan air hangat dan pemutih berbasis oksigen. Untuk pakaian berwarna, gunakan pemutih beroksigen atau soda kue yang aman untuk warna. Rendam pakaian selama empat jam atau semalaman. Setelahnya, cuci kembali seperti biasa.

Nah, itulah beberapa langkah menghilangkan noda krayon di pakaian. Selamat mencoba dan semoga berhasil ya.

Suarcani Photo Community Writer Suarcani

Penulis yang seringkali baper dengan kisah karangannya sendiri.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya