Comscore Tracker

8 Persiapan Hari Pertama Kerja, Wajib Dibaca Fresh Graduate

Wajar sih kalau canggung

Hari pertama kerja menjadi waktu yang paling ditunggu-tunggu para pekerja yang berhasil melewati proses interview. Jika kamu sudah berada di fase ini, selamat ya! Tapi di balik itu, banyak orang yang merasa gugup dan canggung di hari pertama kerja. Bahkan gak sedikit yang lupa mempersiapkan diri sebelum hari pertama kerja dimulai.

Apalagi kamu yang fresh graduate pasti bertanya-tanya, apa saja sih persiapan untuk hari pertama kerja? Biar gak makin bingung, yuk simak delapan persiapan hari pertama kerja berikut ini.

Baca Juga: 6 Tips Menikmati Pekerjaan Agar Gak Jadi Beban

Baca Juga: Perlu Plan B! 6 Langkah Antisipatif Jika Kena PHK

1. Persiapkan alat yang diperlukan minimal satu hari sebelum mulai bekerja

8 Persiapan Hari Pertama Kerja, Wajib Dibaca Fresh Graduateilustrasi perempuan menulis (pexels.com/Vlada Karpovich)

Mempersiapkan alat-alat kerja seperti buku, alat tulis, laptop, dan lainnya sebelum berangkat kerja memang gak salah sih. Tapi alangkah baiknya jika kamu mempersiapkan  peralatan tersebut minimal satu hari sebelumnya. Hal ini untuk mengurangi risiko lupa membawa alat kerja yang dibutuhkan.

2. Datang lebih awal atau tepat waktu

8 Persiapan Hari Pertama Kerja, Wajib Dibaca Fresh Graduateilustrasi pria di kantor (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Persiapan yang satu ini sebenarnya wajib dilakukan bagi setiap karyawan yang bekerja, entah itu baru maupun lama. Tapi khusus buat kamu yang baru kerja di hari pertama sangat wajib datang lebih awal 30 menit atau tepat waktu.

Hal ini untuk menggambarkan bahwa kamu orang yang disiplin. Kamu gak mau kan, menerima kesan tidak profesional dari atasan dan rekan kerjamu di hari pertama kerja? Selain itu, jika datang lebih awal, kamu punya waktu lebih untuk mengenal lingkungan tempat kerja sebelum pekerjaan dimulai.

3. Catatlah hal-hal penting

8 Persiapan Hari Pertama Kerja, Wajib Dibaca Fresh Graduateilustrasi dua perempuan duduk (pexels.com/Christina Morillo)

Membawa buku dan alat tulis di hari pertama kerja fungsinya untuk mencatat hal-hal penting yang berkaitan dengan tugas serta tanggung jawab pekerjaanmu. Hal ini akan memudahkanmu untuk mengingat hal penting yang disampaikan oleh atasan.

Jangan sampai kamu lupa poin penting yang disampaikan agar tidak terkesan cuek atas pekerjaanmu.

4. Inisiatif bertanya jika kamu belum paham

8 Persiapan Hari Pertama Kerja, Wajib Dibaca Fresh Graduateilustrasi bertanya (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Satu hal yang menjadi nilai lebih di hari pertama kerja adalah kamu memiliki inisiatif bertanya. Terutama kalau kamu benar-benar belum paham tentang sesuatu terkait pekerjaanmu. Jangan berpura-pura paham hanya agar terlihat pintar di depan atasan atau rekan kerja. Ini malah jadi bumerang di kemudian hari.

Seperti peribahasa mengatakan, "Malu bertanya, sesat di jalan". Kamu akan rugi sendiri jika tidak bertanya setelah menghadapi persoalan.

5. Memakai pakaian yang rapi, bersih, dan sopan sesuai aturan kantor

8 Persiapan Hari Pertama Kerja, Wajib Dibaca Fresh Graduateilustrasi perempuan tersenyum (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Penampilan juga menjadi hal penting pada saat hari pertama kerja. Gunakan pakaian yang rapi, bersih, dan sopan sesuai aturan kantor. Hindari memakai pakaian mencolok atau gak sesuai dengan budaya di kantormu.

6. Menjaga sikap dan perilaku

8 Persiapan Hari Pertama Kerja, Wajib Dibaca Fresh Graduateilustrasi bekerja (pexels.com/Jopwell)

Gak hanya soal penampilan, menjaga sikap dan perilaku juga gak kalah penting. Karena attitude juga termasuk bagian dari penilaian kamu di hari pertama kerja. Jadi, bersikaplah sopan dan ramah pada setiap atasan dan rekan kerja. Jangan pernah memandang jabatan, kamu wajib untuk menghargai semua orang.

7. Berbaur dengan teman kerja dan perkenalkan diri

8 Persiapan Hari Pertama Kerja, Wajib Dibaca Fresh Graduateilustrasi sedang berkumpul (pexels.com/fauxels)

Wajar sih kalau kamu merasa canggung di hari pertama kerja, karena belum mengenal dekat orang-orang di kantor. Hal ini memang gak instan, butuh waktu untuk beradaptasi dengan teman kerja.

Jadi mulailah berbaur dengan cara ikut makan siang bersama di jam istirahat, memperkenalkan diri atau mengobrol sederhana tentang topik seputar pekerjaan atau hobi.

8. Jangan mengerjakan urusan pribadi di jam kerja

8 Persiapan Hari Pertama Kerja, Wajib Dibaca Fresh Graduateilustrasi media sosial instagram (pexels.com/cottonbro)

Bukan hanya persiapan diri, tapi kamu juga harus bisa membedakan kapan waktunya melakukan urusan pribadi dan kapan harus profesional di jam kerja. Intinya jangan mengerjakan urusan pribadi di jam kerja, karena ini akan membuat konsentrasimu terpecah dan terlihat tidak profesional.

Hindari bermain media media jika tidak diperlukan. Misalnya kamu memiliki bisnis sampingan, kerjakan setelah pulang kerja.

Itulah tadi beberapa persiapan hari pertama kerja yang wajib kamu siapkan secara matang. Bagi kamu yang fresh graduate, jangan buru-buru overthinking, ya. Yakin deh, kerjamu akan berjalan lancar jika sudah menyiapkan semua hal di atas. Good luck!

Vera Yunii Photo Community Writer Vera Yunii

Senang menulis untuk berbagi informasi :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya