Comscore Tracker

5 Aktor Tiongkok yang Kariernya Hancur Akibat Skandal, Terbaru Kris Wu

Ada kasus dugaan pemerkosaan hingga penggelapan pajak

Dunia jagat hiburan Tiongkok sangat menjanjikan jika sukses. Namun para pemeran di dalamnya harus menjaga image untuk tetap bersih. Kesalahan fatal yang melanggar norma maupun hukum tidak ditoleransi di negara tersebut. Sekali terlibat skandal, kariernya hancur. Seperti lima aktor Tiongkok yang kariernya hancur karena skandal, berikut ini.

1. Kris Wu, ditangkap kepolisian Tiongkok karena dugaan pemerkosaan gadis di bawah umur

5 Aktor Tiongkok yang Kariernya Hancur Akibat Skandal, Terbaru Kris Wuasiancrush.com

Kasus yang paling hangat adalah aktor Tiongkok berkebangsaan Kanada, Kris Wu. Aktor Journey to the West: The Demons Strike Back ini, pada Sabtu (31/7/2021) lalu diberitakan resmi ditangkap oleh kepolisian Tiongkok atas dugaan pemerkosaan gadis di bawah umur.

Sampai sekarang sudah ada 31 perempuan yang mengaku secara online telah dilecehkan oleh aktor kelahiran 1990 ini. Akibat skandal tersebut, Kris Wu diputuskan kontraknya oleh brand-brand ternama mulai dari Bvlgari, Louis Vuitton, hingga Porsche. Ia juga didesak mundur dari dunia hiburan.

2. Jacqueline Wong tertangkap basah berselingkuh dengan Andy Hui

5 Aktor Tiongkok yang Kariernya Hancur Akibat Skandal, Terbaru Kris Wuinstagram.com/jacquelinebwong

Selain Kris Wu, pada tahun 2019, aktris Jacqueline Wong tertangkap basah melakukan hubungan intim dengan Andy Hui. Kasus ini menjadi besar dan mendapat cemoohan karena keduanya sudah memiliki pasangan. Jacqueline Wong berkencan dengan Kenneth Ma, sementara Andy Hui sudah memiliki istri, Sammy Cheng.

Meski sempat menghilang dan pindah ke Amerika, namun ketika hendak kembali ke jagat hiburan pada tahun 2020, Jacqueline Wong mendapatkan banyak hujatan dari warganet Tiongkok.

3. Gavin Gao terlibat skandal pelecehan seksual

5 Aktor Tiongkok yang Kariernya Hancur Akibat Skandal, Terbaru Kris Wumydramalist.com

Skandal pelecehan seksual juga menimpa Gavin Gao. Ia dituduh melecehkan dua orang perempuan ketika berada di Sidney, Australia pada tahun 2019 dan langsung ditangkap kepolisian setempat. Gavin Gao kemudian dibebaskan dari tuduhan penyerangan seksual pada Maret 2020. Setelah dia meninggalkan ruang sidang Sydney sebagai orang bebas, Gavin langsung kembali ke Tiongkok dan menghilang dari jagat hiburan.

Karena skandal ini, ia dituntut ganti rugi atas dramanya Win The World dan pembatalan beberapa acara yang dibintangi oleh Gavin. Istri Gavin juga menceraikannya setelah menikah delapan tahun. Kini ayah satu anak ini dikabarkan akan kembali ke dunia hiburan Tiongkok lewat drama Son of Hero.

4. Hugo Wong dituduh melakukan hubungan intim dengan penggemar kemudian meninggalkannya

5 Aktor Tiongkok yang Kariernya Hancur Akibat Skandal, Terbaru Kris Wumydramalist.com

Hugo Wong terlibat skandal pada tahun 2018. Ia dituduh berhubungan intim dengan penggemar lalu meninggalkannya. Hal itu terjadi ketika karier Hugo sedang naik daun. Aktor Flying Tiger ini langsung jarang terlihat di industri hiburan dan mengalami trauma untuk berdekatan dengan lawan jenis. Tetapi pada 2019, ia kembali ke dunia hiburan dengan drama Justice Bao: The First Year.

5. Fan Bingbing dituduh melakukan penggelapan pajak

5 Aktor Tiongkok yang Kariernya Hancur Akibat Skandal, Terbaru Kris Wuinstagram.com/bingbing_fan

Fan Bingbing merupakan aktris Tiongkok yang  mencuri perhatian hingga internasional. Pada tahun 2003, Cell Phone menjadi film dengan pendapatan terbesar di Tiongkok. Ia kemudian menempati peringkat teratas daftar Forbes China Celebrity 100 pada tahun 2013, 2014, dan 2015, setelah menempati urutan sepuluh besar setiap tahun sejak 2006.

Karier Fan Bing Bing mulai hancur ketika ia dituduh melakukan penggelapan pajak penghasilan pada tahun 2018. Bingbing sempat menghilang selama tiga bulan dan kembali serta meminta maaf atas kesalahannya tersebut. Meski kariernya sempat hancur, aktris Iron Man 3 ini masih terus berusaha.

Namun sayang, Fan Bingbing sering dikomentari soal penampilannya yang tidak diinginkan di berbagai acara dan dipandang sebelah mata.

Itulah lima aktor Tiongkok yang kariernya hancur karena skandal. Semoga tidak ada lagi skandal-skandal yang seperti ini ya.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya