Comscore Tracker

5 Manfaat Serbuk Arang untuk Tubuh, Bisa Dikonsumsi dan Dioleskan

Wah, baru tahu nih mimin

Arang umumnya mudah dijumpai di pedagang satai, ikan bakar, hingga nasi goreng. Ya, pedagang nasi goreng ada juga yang memakai arang untuk menggoreng. Angkringan Jogja saja bahkan mencelupkan arang ke dalam kopi. Namun topik di sini bukan tentang makanannya. Melainkan arang.

Ada yang tahu gak sih kalau arang ternyata baik untuk kesehatan tubuh? Mungkin emang gak banyak yang tahu. Tetapi orang zaman dulu memakai arang untuk memutihkan gigi lho.

Faktanya, sejumlah penelitian mengungkapkan arang baik untuk kesehatan. Bukan sembarang arang sih yang dipakai. Tetapi arang aktif (Activated charcoal). Arang aktif berupa serbuk halus yang terbuat dari arang tempurung kelapa, gambut, kokas minyak bumi, batu bara, dan lainnya.

Proses pemanasannya menggunakan suhu yang tinggi untuk mengubah struktur internal arang dan mengurangi ukuran pori-pori arang. Inilah yang membedakan dengan arang pada umumnya. Arang aktif punya manfaat yang bagus untuk tubuh. Berikut ini di antaranya:

Baca Juga: Manfaat Minum Air Putih di Pagi Hari, Kulit Jadi Halus dan Bercahaya

1. Sebagai obat diare

5 Manfaat Serbuk Arang untuk Tubuh, Bisa Dikonsumsi dan Dioleskanilustrasi diare (premierhealth.com)

Arang aktif mampu menyerap racun. Dari hasil penelitian yang diterbitkan oleh jurnal Current Medical Research and Opinion tahun 2017, menyimpulkan bahwa arang aktif dapat mencegah penyerapan bakteri dan elemen lain ke dalam tubuh, sebagai pemicu diare.

Jadi bakterinya terperangkap di permukaan arang aktif yang berpori dan bertekstur. Meskipun begitu, bukan berarti arang aktif ini dipakai secara berlebihan ya. Nanti ada efek sampingnya.

2. Orang zaman dulu ternyata benar. Arang aktif dapat memutihkan gigi!

5 Manfaat Serbuk Arang untuk Tubuh, Bisa Dikonsumsi dan Dioleskanilustrasi pengguna kawat gigi menyikat gigi (freepik.com/diana.grytsku)

Partikel-partikel kecil pemicu noda di gigi dapat menempel ke arang aktif. Tetapi dilansir dari Prevention, arang aktif tidak dapat dijadikan sebagai pasta gigi yang bisa digunakan setiap hari. Hanya boleh dipakai beberapa kali saja dalam seminggu, dan juga tidak dapat diaplikasikan ke gigi yang berlapis veneer.

3. Arang aktif dapat mengencangkan kulit

5 Manfaat Serbuk Arang untuk Tubuh, Bisa Dikonsumsi dan DioleskanIDN Times/Bayu D. Wicaksono

Arang aktif sudah lama diandalkan untuk berbagai perawatan kecantikan. Alasannya, arang aktif memiliki kemampuan yang kuat untuk menghilangkan racun.

Dilansir dari Best Health, arang aktif bermanfaat untuk mengatasi jerawat, mengencangkan pori-pori kulit, mengurangi minyak pada kulit, dan menyembuhkan gigitan serangga maupun luka. Arang aktif biasanya diaplikasikan secara topikal (Dioles) pada kulit.

4. Arang aktif dapat mengikat kolesterol dan asam empedu yang mengandung kolesterol di usus

5 Manfaat Serbuk Arang untuk Tubuh, Bisa Dikonsumsi dan DioleskanPixabay.com/TheDigitalWay

Pernyataan ini berdasarkan hasil penelitian yang terbit dalam jurnal Lancet tahun 1986. Para peneliti memberikan suplemen arang aktif sebanyak 24 gram per hari kepada peserta selama empat minggu.

Hasilnya mengejutkan! Kolesterol para pesertanya turun 25 persen, dan kolesterol jahat sebesar 25 persen. Selain itu, kadar kolesterol baik juga meningkat 8 persen.

5. Dapat mengatasi masalah ginjal

5 Manfaat Serbuk Arang untuk Tubuh, Bisa Dikonsumsi dan Dioleskanunsplash.com/Robina Weermeijer

Ginjal yang sehat biasanya dapat menyaring darah tanpa bantuan tambahan. Namun beberapa orang yang punya penyakit ginjal kronis akan kesulitan untuk kencing (Urea).

Makanya arang aktif cocok banget untuk penderita ginjal kronis. Karena dapat mengikat urea supaya keluar dari tubuh.

Selain itu, dari hasil laporan Saudi Journal of Kidney Disease and Transplantation tahun 2010, menyatakan arang aktif dapat mengikat limbah lainnya, lalu diekskresikan dalam bentuk tinja.

Wah, banyak banget ya manfaat serbuk arang untuk tubuh. Masih ada lagi sih manfaat lainnya. Baca saja selengkapnya di sini.

Topic:

  • Irma Yudistirani
  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya