Comscore Tracker

Kamu Boleh Makan Malam Sebelum Tidur, Asalkan Perhatikan Ini

Gak ada larangan kok, guys

Kebanyakan orang menghindari makan malam sebelum tidur karena khawatir berat badannya naik. Ada juga orang yang makan malam tetapi berat badannya tidak berubah. Lantas apakah makan malam bisa bikin berat badan naik? Berikut ulasannya. 

1. Belum tentu makan sebelum tidur menyebabkan berat badan naik

Kamu Boleh Makan Malam Sebelum Tidur, Asalkan Perhatikan IniMenimbang berat badan (IDN Times/Nurulia R. Fitri)

Makan malam sebelum tidur tidak menjamin berat badannya akan naik. Hal ini disebutkan oleh penulis buku 30-Minute Weight Loss Cookbook sekaligus seorang ahli gizi, Mandy Enright MS RDN RYT. Menurutnya, kondisi itu tergantung dari jenis dan jumlah yang kita makan daripada kapan waktu makannya, dilansir The Healthy.

Akan tetapi, konsep tersebut sudah telanjur beredar luas. Seorang ahli gizi di Texas, Amerika Serikat (AS), Jennifer Fiske, juga menyebutkan makan sebelum tidur sering dikaitkan oleh kurangnya pengendalian diri dan kebiasaan makan junk food.

2. Berat badan juga dipengaruhi oleh tingkat stres dan lainnya

Kamu Boleh Makan Malam Sebelum Tidur, Asalkan Perhatikan Inifreepik.com/master1305

Pemilik Sound Bites Nutrition sekaligus Ahli Diet, Lisa Andrews MEd RD LD, mengatakan ada sebuah penelitian baru (Dikenal sebagai chrono-nutrition) yang menggeser anggapan tentang kalori masuk vs kalori keluar. Penelitian baru tersebut justru menemukan bukti ilmiah lain, bahwa berat badan juga dipengaruhi oleh tingkat stres, hormon, faktor genetik, dan lainnya. Selain itu, mengubah waktu makan dapat mengontrol kadar gula dan berat badan.

3. Tidak ada larangan kamu makan sebelum tidur

Kamu Boleh Makan Malam Sebelum Tidur, Asalkan Perhatikan Inisleepbubble.com

Itu semua tergantung dari kebiasaan makan sehari-hari, jenis makan yang kamu konsumsi, dan kebutuhan kalorinya. Karena kebutuhan setiap orang berbeda-beda.

Contohnya begini: kamu mengonsumsi 200 kalori sebelum tidur untuk mengisi kalori yang keluar hari ini. Itu jauh lebih tepat ketimbang mengonsumsi 200 kalori pada malam hari tetapi kamu tidak melakukan apa-apa seharian. Ini menyebabkan berat badan kamu naik.

Kalau mengonsumsi kalori dari pagi sampai sore hari, kamu tidak perlu lagi makan malam. Begitu pula sebaliknya. Seharian dari pagi sampai sore tidak mengonsumsi kalori lalu kamu menggantinya di malam hari, itu tidak masalah.

Pastikan juga kalau lapar pada malam hari dan pengin ngemil, kamu mengonsumsi makanan yang berkalori ringan. Hal ini diungkapkan oleh Ahli Gizi asal Ohio, Amanda Liptak RD. Umumnya seseorang tidak fokus terhadap isyarat lapar. Mereka sulit membedakan apakah rasa lapar sebelum tidur itu benar-benar lapar atau hanya 'bisikan' untuk ngemil saja.

“Hasilnya, mereka jadi mengonsumsi keripik kentang dan soda meskipun tubuh dia sebenarnya berteriak, 'Cukup'."

Terus siapa saja dong yang boleh makan malam sebelum tidur? Untuk penjelasan detailnya, kamu bisa baca di sini ya.

Baca Juga: Tanda-tanda Anak yang Cenderung Jadi Psikopat, Orangtua Wajib Tahu!

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya