Comscore Tracker

Resep Kentang Goreng Saus Keju, Enaknya Bikin Nagih

Dijamin kamu gak bisa berhenti ngunyah

Kentang goreng merupakan camilan favorit semua orang. Camilan yang satu ini biasa kita temui sebagai menu di restoran cepat saji. Biasanya kentang goreng disajikan bersama tambahan saus, satu di antaranya saus keju.

Untuk kamu yang lagi mager keluar rumah untuk membeli camilan, kenapa gak bikin sendiri kentang goreng saus keju di rumah? Cocok banget untuk camilan nonton TV bareng keluarga.

Cara membuatnya juga mudah banget, kok. Karena gak membutuhkan banyak bahan. Dijamin rasanya yang lezat membuat kamu jadi gak berhenti ngunyah. Daripada penasaran cara membuatnya, langsung simak resep kentang goreng saus keju di bawah ini.

Baca Juga: 5 Resep Camilan Berkalori Tinggi untuk Menaikkan Berat Badan

1. Bahan-bahan membuat kentang goreng saus keju

Resep Kentang Goreng Saus Keju, Enaknya Bikin Nagihilustrasi kentang (pexels.com/Pixabay)

Bahan kentang goreng:

  • 720 gram kentang (2 kentang ukuran besar)
  • ½ sendok teh garam
  • 2 sendok makan tepung maizena

Bahan saus keju:

  • 20 gram mentega tawar
  • ½ sendok makan tepung maizena
  • 1 sendok teh saus sambal
  • 120 ml susu
  • 108 gram keju cheddar

Bahan hiasan (opsional):

  • Bubuk peterseli
  • Bubuk cabai.

Baca Juga: Resep Tahu dalam Sarang, Kreasi Baru di Dunia Pergorengan

2. Potong-potong kentang

Resep Kentang Goreng Saus Keju, Enaknya Bikin Nagihilustrasi memotong kentang (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Siapkan kentang yang sudah dikupas, potong secara memanjang. Jika ingin kentang gorengnya garing, maka potonglah secara tipis. Namun jika kamu menginginkan kentang goreng dengan tekstur lembut, maka potonglah secara tebal.

Kemudian, pisahkan potongan kentang ke dalam mangkuk, lalu rendam dengan air dingin selama 30 menit. Setelah itu buang air dan tiriskan kentang. Cuci kembali kentang dengan air dingin.

3. Merebus kentang

Resep Kentang Goreng Saus Keju, Enaknya Bikin Nagihilustrasi merebus kentang (pexels.com/Teona Swift)

Panaskan air di dalam panci, tunggu hingga mendidih. Rebus kentang dalam air mendidih selama lima menit. Tambahkan garam ke dalam rebusan kentang, kemudian aduk hingga garam larut.

Jika kamu memotong kentang secara tipis, cukup merebusnya selama tiga menit. Setelah itu angkat kentang dan tiriskan. Bilas kembali dengan air dingin supaya kentang cepat dingin. Lalu sisihkan kentang ke dalam wadah yang sudah diberi tisu untuk menghilangkan air dalam kentang.

4. Menggoreng kentang

Resep Kentang Goreng Saus Keju, Enaknya Bikin Nagihilustrasi menggoreng kentang (unsplash.com/Wine Dharma)

Masukkan kentang ke dalam kantung plastik, dan tambahkan tepung maizena. Lalu goyang-goyangkan plastik hingga kentang tercampur merata dengan tepung maizena. Siapkan wajan dan panaskan minyak goreng.

Setelah minyak panas, masukkan kentang dan goreng dengan api kecil selama tiga sampai empat menit. Setelah kentang matang, angkat dan sisihkan. Goreng sisa kentang yang masih ada, lakukan hingga kentang habis. Kemudian, sajikan kentang goreng dalam piring.

5. Membuat saus keju

Resep Kentang Goreng Saus Keju, Enaknya Bikin Nagihilustrasi saus keju (pixabay.com/Ildar Imashev)

Panaskan wajan, kemudian cairkan mentega tawar. Setelah cair, masukkan tepung maizena, dan aduk hingga tercampur rata. Tambahkan saus sambal, aduk kembali hingga tercampur rata. Tambahkan susu, dan diaduk kembali.

Setelah susu mendidih, masukkan keju cheddar sedikit demi sedikit. Aduk hingga kejunya mencair. Setelah saus mengental, matikan kompor. Tunggu sampai sausnya dingin. Sajikan ke dalam mangkuk kecil, taburi dengan peterseli, dan bubuk cabai di atasnya. Kentang goreng saus keju siap untuk dinikmati.

Itulah resep kentang goreng saus keju yang lezatnya bikin nagih. Mulai sekarang kamu gak perlu repot beli lagi, karena bisa bikin sendiri di rumah. Selamat mencoba!

Selvi Hidayah Photo Community Writer Selvi Hidayah

One Step Closer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya