Comscore Tracker

5 Ide Bisnis Jajanan yang Simpel, Ada Sempol Hingga Oreo Goreng

Kamu bisa jualan online atau lewat teman ke teman dulu

Masyarakat dunia, termasuk Indonesia tentunya, sampai sekarang masih tetap bertahan untuk bangkit di tengah pandemik COVID-19. Ada yang harus pulang kampung karena menjadi korban Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), bisnisnya mati, hingga sejumlah properti dijual.

Masyarakat kecil juga paling terdampak terkena pandemik. Karena sebelum pandemik saja, mereka kesulitan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Apalagi sekarang. Buat kamu yang mencoba bangkit dari keterpurukan ini, mending bisnis kecil-kecilan saja. Yaitu bisnis kuliner. Meskipun kegiatan masyarakat masih dibatasi, tetapi setidaknya kamu dapat memanfaatkan gadget. Kamu bisa jualan secara online, atau menawarkan bisnis kuliner dari teman ke teman.

Berikut ini kumpulan resep untuk ide bisnis jajanan yang simpel. Semangat mencoba ya:

1. Sempol ayam pedas

Sempol sampai sekarang masih ngetren kok. Banyak pedagang kecil yang menjualnya. Sebelum kamu beli gerobak dan lainnya, disarankan untuk menawarkan bisnismu ke teman-teman atau kolega dulu. Bahan-bahan dasarnya juga terjangkau.

Kamu hanya menyiapkan potongan daging ayam, cabai rawit, bawang putih, bawang merah, bawang bombai, dan telur. Semua bahan tersebut dihaluskan.

Setelah itu pindahkan ke dalam sebuah wadah dan tambahkan tepung terigu, tepung beras, tepung tapioka, garam, gula, serta penyedap rasa. Aduk-aduk sampai merata.

Lalu bentuk-bentuk adonan di tusukan satai. Lakukan berulang kali sampai adonannya habis. Rebuslah sampai matang dan tiriskan.

Celupkan adonan itu ke dalam telur yang sudah dikocok dan goreng sampai matang. Kamu bisa menggunakan saus sambal atau tomat sebagai sausnya. Terus berapa jumlah takarannya ya? Kamu bisa mengunduh aplikasi Yummy App di PlayStore atau AppStore. Karena di sana banyak banget kumpulan resep yang simpel. Gratis kok aplikasinya.

2. Cilung atau aci digulung

Campurkan sampai merata tepung tapioka, garam, penyedap rasa, dan air. Panaskan telfon dan tuangkan adonan tersebut sedikit demi sedikit. Tuangkan telur kocok, taburkan abon, dan tambahkan saus sambal. Lalu gulung-gulung adonan tersebut emnggunakan tusuk satai. Kamu bisa melihat videonya di atas.

3. Es pisang susu cokelat

Kalau ini bahan dasarnya adalah pisang. Haluskan beberapa buah pisang menggunakan garpu. Lalu campurkan susu cair, kental manis, dan aduk-aduk sampai merata. Tuangkan adonan pisang tersebut ke dalam cetakan es krim dan masukkan stick es. Dinginkan ke dalam freezer.

Rebus whipped cream bersama cokelat batang. Aduk-aduklah sampai mencair. Masukkan ke dalam gelas yang tinggi sebagai bahan celup pisang. Celupkan pisang ke dalamnya dan taburkan sprinkle sebagai pemanis. Jajanan siap dijual.

4. Kue lumpur ubi

Potong kecil-kecil tiga buah ubi dan rebus sampai matang. Hancurkan ubi tersebut, masukkan kuning telur, tepung terigu, tepung beras, susu cair, dan gula. Aduk-aduk sampai merata.

Panaskan cetakan kue cubit dan oleskan mentega. Masukkan adonan ubi ke dalamnya, lalu taburkan keju parut dan kenari. Angkat apabila sudah matang.

5. Nugget KitKat

Larutkan tepung terigu menggunakan air sampai mengental. Siapkan tepung tanpa larutan, tepung panko, dan KitKat yang sudah dipotong-potong. Celupkan KitKat ke dalam tepung kering, adonan tepung terigu, dan tepung panko. Ulangi lagi dengan mencelupkan ke dalam larutan tepung dan panko. Diamkan minimal 15 menit di lemari es. Lalu goreng sampai matang dan sajikan.

6. Nugget tahu

Haluskan tahu, lalu masukkan daging cincang (Jika terlalu mahal, kamu bisa mengkreasikan dengan mengganti bahan tersebut dengan sosis), wortel yang sudah dipotong-potong seperti batang korek, tepung terigu, telur, bawang prei, bawang putih dan merah yang sudah dihaluskan, garam, lada hitam, serta penyedap rasa. Aduk-aduk sampai semuanya tercampur merata.

Masukkan ke dalam loyang kue dan kukus selama 15 menit. Setelah matang, keluarkan adonannya dan potong-potong dadu atau sesuai selera. Celupkan ke dalam larutan tepung terigu, dan tepung panir. Goreng sampai matang dan tiriskan. Sajikan bersama saus sambal atau tomat.

7. Oreo goreng

Larutkan jadi satu tepung terigu, baking powder, gula, garam, susu cair, mentega cair, telur, dan vanilla extract. Lalu celupkan satu buah Oreo ke dalamnya dan goreng sampai matang. Angkat dan sajikan. Mudah, kan?

Semoga kumpulan resep di atas bisa jadi ide bisnis jajanan yang simpel buat kamu. Cobalah dan semoga berhasil!

Baca Juga: Dagingnya Empuk Banget, Begini Resep Membuat Bebek Betutu Khas Bali

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya