Comscore Tracker

6 Tips Mendapatkan Harga Rumah Murah di Karangasem Bali

Rumah etnik dekat Blue Lagoon Beach dijual Rp750 juta

Setiap orang punya impian untuk membangun rumah. Rumah ini nantinya untuk menghabiskan masa tua yang nyaman, jauh dari kebisingan, dan hiruk pikuk kota besar. Sekarang mulai banyak orang yang melirik untuk membeli rumah di Bali. Umumnya sih pengin di tempat yang dekat dengan destinasi wisata.

Jika kamu tertarik membeli rumah di Kabupaten Karangasem, berikut tips mendapatkan rumah dengan harga murah.

1. Lakukan survei kecil-kecilan

6 Tips Mendapatkan Harga Rumah Murah di Karangasem Baliinstagram.com/yleniaginevra

Sebaiknya kamu mengunjungi lokasi rumah atau tanah yang hendak dibeli, untuk memastikan kondisi lingkungan dan lainnya. Tetapi kalau belum bisa langsung datang ke lokasi, maka bisa melakukan survei kecil-kecilan melalui internet.

Kamu bisa melakukan survei dengan mengunjungi situs-situs perumahan seperti Rumah.com, Rumah123.com, misalnya. Kamu bisa melakukan panggilan video untuk melihat langsung melalui agen, bagaimana penampakan rumah yang ingin dibeli.

2. Pastikan lokasinya sesuai dengan minat dan tujuan kamu

6 Tips Mendapatkan Harga Rumah Murah di Karangasem BaliANTARA FOTO/Fikri Yusuf

Pada dasarnya harga dipengaruhi oleh lokasi. Kalau lokasinya strategis dan dekat dengan berbagai sarana publik, umumnya memiliki harga yang jauh lebih mahal. Jadi kembali lagi kepada kebutuhan kamu. Apakah menginginkan rumah yang dekat dengan sarana publik sehingga dapat mengurangi biaya transportasi, atau justru lokasi rumahnya jauh tidak masalah selagi harganya murah.

3. Gerakan kekuatan orang dalam

6 Tips Mendapatkan Harga Rumah Murah di Karangasem BaliIlustrasi. (IDN Times/Arief Rahmat)

Orang dalam di sini maksudnya bukan pejabat atau semacamnya, tetapi kenalan. Kalau ingin membeli rumah lewat orang-orang yang sudah kamu kenal baik, biasanya akan dipermudah dalam segala urusan, dan bisa negosiasi harga.

Maka sebelum membeli rumah, ada baiknya kamu mencari tahu lewat kenalan, kerabat atau teman-teman, siapa sih yang sedang menjual rumah. Apakah mungkin mendapatkan harga yang lebih realistis.

4. Pilih tanah utuh, bukan kavling

6 Tips Mendapatkan Harga Rumah Murah di Karangasem BaliPexels.com/Pixabay

Tanah kavling yang sudah diatur sedemikian rupa ukurannya, biasanya lebih mahal dibandingkan tanah biasa. Karena sudah dipatok lebih dulu. Tidak masalah sih sebenarnya, jika memang kamu memerlukan tanah kavling. Siapa tahu membayarnya bisa patungan bersama keluarga lain untuk sekalian membeli tempat yang berdekatan.

Baca Juga: Daftar Harga Rumah di Badung Bali, Mulai Rp375 Jutaan

5. Survei langsung

6 Tips Mendapatkan Harga Rumah Murah di Karangasem Baliilustrasi kunci rumah (pexels.com/Kindel Media)

Setelah melakukan survei melalui internet, usahakan kamu bisa melakukan survei secara langsung ke lokasi. Memang butuh biaya yang lumayan sih, tetapi manfaatnya banyak. Kamu bisa benar-benar mengetahui kondisi rumah yang akan dibeli, suasana di lokasi, hingga bisa bernegosiasi secara langsung dengan pemilik rumah.

6. Manfaatkan sistem cicilan

6 Tips Mendapatkan Harga Rumah Murah di Karangasem BaliIlustrasi Cicilan (IDN Times/Arief Rahmat)

Kini sudah banyak perumahan yang dijual dengan cara mencicil atau KPR. Tetapi kalau pengin menghindari cicilan, maka menabunglah mulai dari sekarang. Agar bisa mendapatkan rumah idaman setelah tabunganmu sudah terkumpul semuanya.

7. Rumah etnik dekat Blue Lagoon Beach dijual Rp750 juta

6 Tips Mendapatkan Harga Rumah Murah di Karangasem BaliRumah123.com

Jika ingin mencari rumah etnik di kawasan Pelabuhan Padangbai, ini ada yang sedang dijual. Harganya Rp750 juta. Rumahnya memiliki luas bangunan 150 meter persegi di atas tanah 300 meter persegi. Terdapat 3 kamar tidur, 2 kamar mandi dalam dan luar, serta halaman yang luas.

Rumah ini jaraknya dekat dengan destinasi wisata di Karangasem. Contohnya satu menit ke Pantai Mimba, tiga  menit ke Pelabuhan Padangbai, hingga lima menit ke Blue Lagoon Beach.

Itulah tadi beberapa tips membeli rumah dengan harga murah di Karangasem Bali. Semoga bermanfaat ya.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya