Comscore Tracker

Tren Pariwisata Berubah, Cok Ace Minta BPPD Gianyar Lakukan Riset

Benar gak kalau trennya berubah?

Gianyar, IDN Times - Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati alias Cok Ace, menekankan agar Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Kabupaten Gianyar yang baru saja dikukuhkan Rabu (15/1) lalu, melakukan riset pariwisata. Sehingga potensi pariwisata di Gianyar tergali dengan baik dan dapat dimanfaatkan secara optimal. Berikut penjelasannya:

1. BPPD Gianyar wajib melakukan riset potensi dan pengembangan pariwisata. Sebab tren pariwisata sekarang berubah

Tren Pariwisata Berubah, Cok Ace Minta BPPD Gianyar Lakukan Risetinstagram.com/nikita_fromufa

Cok Ace mengingatkan agar pengurus BPPD Gianyar yang baru tidak hanya fokus pada kegiatan promosi. Tetapi juga melakukan riset terkait potensi dan pengembangan wisata. Mengapa ini penting dilakukan? Agar potensi pariwisata dapat digali serta dimanfaatkan secara optimal.

Ia menyenut ada perubahan tren pariwisata. Dulu, wisatawan sudah merasa puas dengan layanan hotel. Tetapi sekarang ini gairahnya berubah. Wisatawan ingin mendapatkam pengalaman dan pengetahuan baru atau experience.

2. Hunian hotel di wilayah Ubud justru mengalami peningkatan

Tren Pariwisata Berubah, Cok Ace Minta BPPD Gianyar Lakukan RisetPixabay/davidlee770924

Dari data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2019, menunjukkan tingkat hunian hotel di kawasan Nusa Dua, Kabupaten Badung, mengalami penurunan. Peningkatan hunian hotel justru terjadi di wilayah Ubud, Kabupaten Gianyar.

Jika dicermati, kondisi ini mengindikasikan bahwa Gianyar memiliki potensi pariwisata yang memberikan pengalaman baru bagi wisatawan. Apabila potensi ini digarap secara maksimal, maka sektor pariwisata akan mampu menyumbang PAD (Pendapatan Asli Daerah) lebih besar lagi.

“Bukan hanya tanggung jawab Dinas Pariwisata. Organisasi Perangkat Daerah lain juga harus bergerak. Suka tidak suka kita harus cinta pariwisata karena kita hidup dari sektor ini,” tandasnya.

3. Bupati Gianyar tegaskan pelayanan terhadap wisatawan adalah hal yang paling utama

Tren Pariwisata Berubah, Cok Ace Minta BPPD Gianyar Lakukan RisetInstagram.com/chanchancunningham

Bupati Gianyar, I Made Agus Mahayastra, dalam sambutannya juga menyebutkan agar BPPD tidak hanya fokus pada promosi normatif melalui brosur atau pola konvensional lainnya. Tetapi juga upaya pembinaan terhadap pelaku bidang pariwisata. Karena pelayanan layanan yang baik untuk para wisatawan juga sangat penting.

"Citra pariwisata akan terangkat kalau tamu yang datang dilayani dengan baik, tidak dibodoh-bodohi, tidak ada kehilangan barang sehingga mereka merasa nyaman selama berlibur di Bali," ujarnya.

Jika pelayanannya baik, maka secara otomatis mereka juga akan mempromosikan lewat mulut ke mulut. Promosi semacam inilah yang lebih efektif, katanya.

Topic:

  • Ayu Afria Ulita Ermalia
  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya