Comscore Tracker

5 Sepeda Motor Tua dengan Harga Jual Tinggi, Diburu Kolektor

Makin tua, makin jadi!

Sepeda motor termasuk moda transportasi yang paling banyak digunakan saat ini. Masyarakat seakan-akan berlomba-lomba untuk memiliki motor keluaran terbaru. Setiap ada motor keluaran terbaru, pasti langsung terlihat mengaspal di jalanan.

Selain motor keluaran baru, ternyata masih banyak juga masyarakat yang gemar mengendarai sepeda motor keluaran tahun lawas alias motor tua. Selain terlihat unik, ternyata motor tua ini memiliki harga jual yang tinggi, bahkan melebihi harga jual saat pertama kali diluncurkan.

Apa saja motor-motor tua tersebut? Berikut 5 motor tua yang memiliki harga jual tinggi dan layak untuk digunakan saat ini.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Sepeda Motor 250cc, Cocok Untuk Sunmori Nih!

1. Yamaha RX King

5 Sepeda Motor Tua dengan Harga Jual Tinggi, Diburu KolektorMotor Yamaha RX King yang sudah dimodifikasi. (instagram.com/rxkingjogja)

Motor laki produksi Yamaha ini adalah jawara jalanan di zaman kemunculannya. Motor 2 tak ini juga sering dijuluki sebagai motor copet, karena kerap digunakan oleh pelaku kejahatan jalanan.

Tarikan gas motor satu ini terkenal enteng, sehingga performanya sulit ditandingi oleh motor sejenis. Motor dengan mesin sebesar 132cc ini memiliki desain yang seolah-olah tak lekang oleh waktu.

Satu tipe RX King yang menjadi incaran saat ini adalah RX King Cobra. Harga RX King Corba minimal Rp30 juta. Semakin orisinil dan kondisinya bagus, harganya juga akan semakin mahal.

Baca Juga: 5 Mobil Tua yang Masih Layak Digunakan, Peminatnya Banyak

2. Vespa PX 150

5 Sepeda Motor Tua dengan Harga Jual Tinggi, Diburu KolektorMotor Vespa PX 150. (instagram.com/vespapx_indonesia)

Seperti diketahui, Vespa PX Series adalah legenda di dunia. Piaggio sebagai produsen Vespa, pertama kali meluncurkan Vespa PX 150 pada tahun 1978.

Vespa PX ini memiliki mesin 2 tak dengan kapasitas 150cc, dan menggunakan transmisi manual. Saat diluncurkan, Vespa PX 150 langsung menjadi incaran kaum muda. Harga jual Vespa PX 150 tahun 1978-1980 mulai dari Rp10 juta.

Saat ini, Piaggio kembali memproduksi Vespa PX dengan embel-embel "New". Vespa ini menggunakan transmisi matik, dan harga bekasnya saja mulai dari Rp50 jutaan.

3. Honda C70

5 Sepeda Motor Tua dengan Harga Jual Tinggi, Diburu KolektorMotor Honda C70. (instagram.com/c70_indonesia)

Honda C70 diproduksi pada tahun 1971 di Indonesia. Honda ini memiliki beberapa julukan seperti "Si Pitung" yang dalam Bahasa Jawa disebut pitung puluh atau tujuh puluh, dan untuk di Bali disebut seven ceblok yang diambil dari serapan Bahasa Inggris seven yaitu tujuh, dan ceblok artinya nol atau kosong.

Dari namanya bisa diketahui kapasitas mesinnya yaitu 71,8cc. Motor ini pada awal kemunculannya memiliki warna khas, yaitu merah. Warna merah jadi paling populer dari Honda C70.

Karena memiliki desain klasik yang unik, motor ini banyak diburu khususnya oleh para gen Z. Harga jualnya mulai dari Rp3 juta. Jika memiliki bentuk dan cat yang masih orisinal, tentu saja harganya bisa jauh lebih tinggi lagi.

4. Honda Astrea Grand

5 Sepeda Motor Tua dengan Harga Jual Tinggi, Diburu KolektorMotor Honda Grand bulus. (instagram.com/hondagrandklasik)

Motor bebek produksi Honda ini memiliki dua tipe, yaitu tipe bulus atau lampu belakang bulat yang diproduksi dari tahun 1991 hingga 1993, dan tipe sabit atau lampu belakang seperti ada topinya yang diproduksi tahun 1994 ke atas.

Tipe yang banyak dicari adalah tipe bulus. Harganya lebih mahal mulai dari Rp4 juta. Honda Grand banyak dicari karena memiliki mesin yang bandel, irit, dan mudah perawatannya. Mesin motor Astrea Grand ini memiliki kapasitas 100cc.

5. Honda S90 Si Batu Nangka

5 Sepeda Motor Tua dengan Harga Jual Tinggi, Diburu KolektorMotor Honda S90. (instagram.com/hondas90zindonesia)

Selain RX King, motor laki yang menjadi buruan adalah Honda S90. Honda ini sering mendapatkan julukan "Honda Batu Nangka" karena tangkinya yang memiliki bentuk menyerupai batu nangka.

Motor Honda S90 menjadi incaran kolektor karena bentuknya klasik dan menawan. Motor yang diproduksi pada tahun 1964 ini memiliki kapasitas mesin 90cc dengan transmisi manual empat kecepatan.

Harga jual motor S90 saat ini mulai Rp6 jutaan. Harganya bisa lebih tinggi, bahkan di atas Rp10 juta jika kondisi tangki yang dilapisi krom masih mulus dan mesinnya layak pakai.

Jika kamu memiliki motor-motor tua ini hasil warisan dari orangtua atau keluarga, sebaiknya dirawat dan direstorasi kembali ya. Jika kamu berminat untuk membelinya, pastikan kondisi fisik dan mesin motor yang akan dibeli masih layak pakai. Selain itu, membeli motor tua harus memerhatikan surat-surat kendaraan bermotor resmi.

ari budiadnyana Photo Community Writer ari budiadnyana

Menulis dengan senang hati

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya