Comscore Tracker

Trik Nih, 10 Rahasia Biar Terbebas dari Bagasi Maskapai yang Berbayar

Liburan tiga pekan cuma bawa satu backpack. Simpel kan?

Kebanyakan orang memilih melancong ke suatu daerah menggunakan pesawat terbang karena bisa terhindar dari kemacetan, waktu tempuh yang relatif singkat, dan pilihan destinasinya juga beragam.

Tapi kini tidak semua orang bisa menikmatinya. Sebab jika yang dulunya penumpang bisa membawa free bagasi untuk barang bawaan dari 15 kg hingga 20 kg, kini beberapa maskapai telah memberlakukan tarif untuk bagasi.

Meski tidak semua maskapai memberlakukan kebijakan ini, tapi kabar tersebut cukup membuat kita berpikir dua kali ya jika ingin naik pesawat terbang. Ini ada beberapa tips supaya kamu terhindar dari penambahan biaya bagasi. Simak ulasannya berikut ini:

1. Kebijakan baru dunia penerbangan Indonesia

Trik Nih, 10 Rahasia Biar Terbebas dari Bagasi Maskapai yang Berbayarlionair.co.id

Sebenarnya penghapusan bagasi gratis bukan hal baru di dunia penerbangan. Di Indonesia, kebijakan tersebut diawali maskapai Lion Air dan Wings Air yang diikuti Citilink. Kira-kira penerbangan tarif rendah lainnya bakal ikutan juga gak, ya?

Sebelum ada kebijakan itu, kita tidak dikenakan biaya tambahan selama berat barang dalam bagasi kurang dari 20 kilogram. Sekarang harga bagasi dipatok mulai Rp80 ribu untuk tambahan bagasi lima kilogram. Harga tersebut bisa kamu lihat di laman resmi Lion Air (Sesuai gambar di atas).

Sedangkan untuk Citilink, belum ada kepastian karena kebijakan itu baru berlaku pada akhir Januari mendatang. Saat ini, Citilink sedang melakukan sosialisasi kepada para penumpang. Di samping itu, Direktur Utama Citilink Juliandra Nurtjahjo mengatakan pihaknya sedang meminta izin kepada kementerian perhubungan (Kemenhub).

Sesuai anjuran Kemenhub, maskapai yang menghapuskan bagasi gratis harus melakukan pelayanan yang lebih baik. Terlebih lagi kesiapan di loket tidak boleh ada antrean.

2. Yuk, mulai mengemas barang secara minimalis!

Trik Nih, 10 Rahasia Biar Terbebas dari Bagasi Maskapai yang Berbayarblog.tortugabackpacks.com

Tanpa adanya bagasi gratis, kamu hanya bisa membawa tas berukuran maksimal 40 cm x 30 cm x 20 cm dan tidak lebih dari tujuh kilogram. Cara paling mudahnya, mungkin kamu bisa memilih maskapai lain yang masih memberikan bagasi gratis 20 kilogram.

Harganya mungkin sedikit lebih mahal, bahkan relatif murah karena layanan yang diberikan. Pasalnya, di Lion Air saja, untuk bagasi 20 kilogram dipatok harga Rp320 ribu.

Kalau tetap tidak mau mengubah maskapai, mungkin ini saatnya kamu belajar untuk bepergian dengan barang bawaan lebih sedikit. 

https://www.youtube.com/embed/X-h7wl7TXQ8

Melihat video di atas pastinya kamu sudah memiliki gambaran, kan? Awalnya memang menyulitkan, tapi di saat kamu sudah terbiasa barang bawaanmu, pasti akan muat semua dalam koper atau tas.

3. Berikut tips membawa barang bawaan supaya bebas bagasi berbayar

Trik Nih, 10 Rahasia Biar Terbebas dari Bagasi Maskapai yang BerbayarIDN TImes/Sukma Shakti

Semoga tips di atas bisa membantu kamu ya. Jadi pilih-pilih dulu barang yang ingin kamu bawa. Selamat berlibur.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Just For You