Comscore Tracker

5 Cara Menyeberang ke Nusa Penida dan Lembongan

Jangan sampai ketinggalan fast boat ya

Satu destinasi wisata yang sedang hits di Bali di kalangan wisatawan domestik (wisdom) maupun mancanegara (wisman) adalah Pulau Nusa Penida dan Nusa Lembongan. Kedua pulau ini terletak di Kabupaten Klungkung.

Keduanya sama-sama memiliki destinasi wisata yang sangat unik, alami, dan indah. Sebagian besar objek wisata di kedua pulau ini berupa pantai atau laut seperti Kelingking Beach, Angle Billabong, Devil Tears, dan lainnya.

Untuk menuju pulau ini, tentunya kamu harus menggunakan transportasi laut seperti fast boat atau Kapal Roro (untuk Nusa Penida). Berikut ini cara menyeberang ke Nusa Penida dan Lembongan.

Baca Juga: 6 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan saat Liburan di Bali

1. Berangkat dari Pantai Sanur

5 Cara Menyeberang ke Nusa Penida dan LembonganWisatawan yang hendak ke Nusa Penida dan Nusa Lembongan di Pantai Sanur. (dok. pribadi/Ari Budiadnyana)

Kamu bisa memilih naik fast boat di Pantai Sanur, tepatnya Pantai Bangsal dan Pantai Matahari Terbit. Kedua lokasi ini paling sering digunakan wisatawan untuk menuju Nusa Penida maupun Nusa Lembongan.

Karena pelabuhan Sanur sedang dalam tahap pembangunan, maka untuk naik di kedua tempat ini, kamu harus siap berbasah ria saat naik ke atas boat, apalagi ketika airnya pasang.

Terdapat berbagai macam jasa transportasi laut di pantai ini, dengan harga bervariasi mulai Rp90 ribu per orang. Lama perjalanan menuju Nusa Penida atau Nusa Lembongan adalah sekitar 45 menit.

Baca Juga: 5 Beach Club di Bali dan Harga Tiket Masuknya

2. Melalui jalur Pantai Mertasari

5 Cara Menyeberang ke Nusa Penida dan LembonganDeramaga Mertasari, Sanur. (YouTube.com/Life In Bali)

Masih di daerah Kelurahan Sanur, kamu bisa menuju ke Nusa Penida maupun Nusa Lembongan melalui Pantai Mertasari. Lokasi ini memiliki dermaga yang berfungsi untuk menaikkan dan menurunkan penumpangnya saat fast boat bersandar.

Lokasi ini memiliki tempat parkir yang luas dan tidak terlalu ramai seperti di Pantai Bangsal maupun Matahari terbit. Harga tiket mulai Rp100 ribu per orang dengan lama perjalanan sekitar 50 hingga 60 menit.

3. Berangkat melalui jalur Pulau Serangan

5 Cara Menyeberang ke Nusa Penida dan LembonganDermaga Serangan. (YouTube.com/Na-sam Channel)

Dermaga Pulau Serangan berlokasi di Jalan Tukad Punggawa, Kelurahan Serangan, Kota Denpasar. Dermaga ini menyewakan fast boat menuju Pulau Nusa Penida maupun Nusa Lembongan.

Selain fast boat, juga terdapat jenis kapan lain yang bisa disewa seperti pinisi maupun katamaran. Biaya tiket fast boat mulai Rp100 ribu per orang dengan lama perjalanan sekitar 50 hingga 60 menit.

4. Berangkat dari Pelabuhan Padang Bai

5 Cara Menyeberang ke Nusa Penida dan LembonganDermaga di Pelabuhan Padangbai. (YouTube.com/INFOKEBALI)

Jika membawa kendaraan sendiri ke Nusa Penida, kamu bisa melalui Pelabuhan Padang Bai di Kabupaten Karangasem, dengan menumpang Kapal Roro. Namun jumlah trip Kapal Roro ini sangat terbatas.

Jika tidak membawa kendaraan sendiri, kamu bisa menyewa fast boat yang banyak tersedia di lokasi ini. Untuk menuju ke Nusa Penida atau Nusa Lembongan memerlukan perjalanan selama 20 hingga 30 menit. Harga tiket mulai Rp70 ribu per orangnya.

5. Berangkat melalui akses Kusamba

5 Cara Menyeberang ke Nusa Penida dan LembonganPelabuhan Tribuana, Kusamba, Klungkung. (YouTube.com/Protokol dan Komunikasi Pimpinan Klungkung)

Pantai Kusamba terletak di Kabupaten Klungkung. Pantainya memiliki pelabuhan tradisional dengan nama Tribuana Kusamba. Jarak dari pelabuhan ini ke Nusa Penida maupun Lembongan sangat dekat, dengan jarak tempuh sekitar 15 hingga 25 menit.

Tempat ini tidak ada dermaga permanen, melainkan menggunakan dermaga terapung saat penumpang naik atau turun dari fast boat. Harga tiket pun lebih murah mulai Rp65 ribu.

Tempat ini juga menyediakan tempat penitipan motor maupun mobil. Selain wisatawan, masyarakat lokal dan penduduk Nusa Penida maupun Nusa Lembongan sering menggunakan akses Pelabuhan Tribuana Kusamba untuk menuju ke Nusa Penida maupun Nusa Lembongan dari Pulau Bali.

Jika kamu memiliki rencana untuk berwisata ke Nusa Penida maupun Nusa Lembongan menggunakan fast boat, kamu perlu memerhatikan jam keberangkatan dan nama fast boat yang akan digunakan. Begitu tiba di lokasi keberangkatan, kamu harus segera menuju konter resmi fast boat. Hal ini agar kamu mendapatkan informasi yang pasti tentang fast boat yang akan kamu gunakan.

ari budiadnyana Photo Community Writer ari budiadnyana

Menulis dengan senang hati

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya