Rutan Klungkung Kelebihan Kapasitas, 14 Kamar Dihuni 121 Warga Binaan

Rutan Klungkung juga pindahkan 11 tahanan ke Lapas lain

Klungkung, IDNTimes - Beberapa Rutan (Rumah Tahanan) di Provinsi Bali, saat ini kondisinya sudah melebihi daya tampung, demikian halnya yang terjadi pada Rutan Kelas II B Klungkung.

Bahkan jumlah warga binaan di Rutan Kelas II B, jumlahnya lebih dari dua kali lipat kapasitas ruangan.

Berbagai upaya sudah dilakukan petugas Rutan Kelas II B Klungkung, untuk mengontrol kapasitas di ruang tahanan. Yakni dengan memindahkan 11 orang tahanan ke Rutan atau Lapas (Lembaga Permasyarakatan) lain di wilayah Bali.

1. Rutan Klungkung berkapasitas 14 kamar, tapi diisi oleh 121 warga binaan

Rutan Klungkung Kelebihan Kapasitas, 14 Kamar Dihuni 121 Warga BinaanPemeriksaan warga binaan di Rutan Klungkung. (Dok.IDNTimes/istimewa)

Plt Kepala Rutan Kelas II B Klungkung I Putu Suwarsa tidak menampik, jika saat ini kondisi Rutan yang ia pimpin sudah dalam keadaan over kapasitas. Ia mengatakan, Rutan Klungkung memiliki kapasitas 14 kamar, namun justru saat ini dihuni oleh 121 warga binaan.

"Dengan kondisi itu, rata-rata setiap kamar di Rutan Klungkung dihuni oleh 8 orang sampai 10 orang. Padahal idealnya setiap kamar dihuni 2 sampai 3 orang," ungkap Putu Suwarsa, Selasa (21/11/2023).

Kapasitas dari Rutan Klungkung, sebenarnya idealnya dihuni oleh 49 orang warga binaan. Dengan dihuni 121 warga binaan, secara persentase tingkat hunian di Rutan Klungkung sudah over kapasitas sekitar 246 persen.

"Kalai dipersentase, tingkat hunian di Rutan Klungkung mencapai 246 persen. Sudah over kapasitas," jelas Suwarsa.

2. Sebanyak 11 tahanan dipindah ke Lapas lainnya di wilayah Bali

Rutan Klungkung Kelebihan Kapasitas, 14 Kamar Dihuni 121 Warga BinaanPemeriksaan warga binaan di Rutan Klungkung. (Dok.IDNTimes/istimewa)

Demi mengontrol over kapasitas dalam rutan, pihak rutan bahkan pada September 2023 lalu telah memindahkan 11 orang warga binaan ke Lapas lainnya di wilayah Bali.

Sebanyak 5 orang ke Lapas Kelas IIB karangasem, 5 orang ke Lapas Narkotika Kelas IIA Bangli, serta satu orang ke Lapas Perempuan Kelas IIA Kerobokan. 

"Sebelas warga binaan ini dapat memperoleh pembinaan sesuai dengan hasil assasmen resiko mereka. Pelaksanaan pemindahan telah dilaksanakan pada bulan September 2023 lalu," ungkap I Putu Suwarsa. 

Pemindahan 11 warga binaan itu, juga didasarkan dari hasil penelitian kemasyarakatan awal oleh Balai Pemasyarakatan. Dari hasil penelitian, warga binaan yang dipindah tersebut menunjukkan nilai hasil assessment berisiko sedang sampai dengan berisiko tinggi. 

"Sehingga rekomendasi dari Bapas, dapat memindahkan warga binaan tersebut ke lapas yang memiliki keamanan dan pembinaan lebih tinggi dibandingkan dengan Rutan Kelas IIB Klungkung," jelas dia.

Selain itu, Rutan Kelas II B Klungkung juga mengoptimalkan program reintegrasi bagi warga binaan.  

 Bagi warga binaan yang telah memenuhi persyaratan substantif dan administratif seperti berkelakuan baik, menjalani program pembinaan dengan baik, dan telah mengikuti 2/3 masa tahanan, maka akan ditawarkan pembebasan bersyarat, cuti bersyarat dan cuti menjelang bebas lebih dini. 

" Sehingga warga binaan yang memenuhi syarat dapat segera kembali kepada keluarganya lebih cepat," jelas Suwarsa.

3. Pastikan warga binaan tetap mendapatkan pelayanan baik dari Rutan

Rutan Klungkung Kelebihan Kapasitas, 14 Kamar Dihuni 121 Warga BinaanRutan Kelas II B Klungkung. (Dok.IDNTimes/istimewa)

Meskipun dalam kondisi over kapasitas, pihak Rutan Klungkung tetap memastikan jika warga binaan tetap mendapatkan pelayanan yang baik. 

Seluruh hak-hak dasar warga binaan tetap dapat dilayani dengan baik. Misalnya pemberian jatah makan, pelayanan kesehatan selama setahun sekali, pelayanan kunjungan keluarga dan titipan dari keluarga tetap dapat dilaksanakan sesuai standar pelayanan yang telah ditentukan

"Kami bahkan menambah sarana prasana komunikasi berupa layanan Wartel khusus pemasyarakatan, yang bekerja sama dengan pihak ketiga. Sehingga komunikasi antara warga binaan dan keluarganya tetap terjalin dengan baik," ungkap Putu Suwarsa.

Topik:

  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya